Rabu, 16 Oktober 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
INOVASI YANG TERUS BERGULIR
 
10 Juni 2011


(Jakarta/haltebus.com) Karoseri Laksana meluncurkan produk andalan teranyar untuk tahun 2011 dalam Pameran Bus dan Truk Internasional (IIBT) di Jakarta akhir Maret lalu. Produk yang berlabel Legacy SR-1 ini merupakan penyempurnaan dari produk sebelumnya, Legacy. “Legacy SR-1 hampir 80 persen berbeda, karena memang didesain lebih unggul dari Legacy,” kata tim desainer karoseri Laksana, Kus Ririn kepada haltebus.com Jumat (27/05/11) lalu.

Menurut Riri, sapaan akrab Kus Ririn, perubahan menyolok ada pada interior. Pada versi prototype yang diperkenalka, interior bus didominasi warna coklat dengan kursi berlapis kulit yang ergonomis. Untuk menambah sisi elegan interior, penataan lampu dibuat ‘homy’ agar penumpang merasa nyaman. Plafon di sisi atas kursi penumpang juga dibalut kain khusus menambah manis tampilan.

Riri menambahkan, untuk memperkuat karakter Legacy SR-1 untuk bus-bus eksekutif dan wisata, karoseri Laksana membuat versi kursi khusus pada prototype-nya. Dua set kursi yang dibuat saling berhadapan lengkap dengan mejanya, serta sofa besar ditempatkan di bagian belakang bus. “Ini untuk menunjukkan bahwa Legacy SR-1 bisa dimodifikasi untuk berbagai macam kebutuhan luxury bus. Dan kami hanya mendesainnya untuk bus-bus bermesin (di)belakang,” ujarnya

Elegan/foto-foto dok. Laksana

Dalam seri terbaru Legacy ini, karoseri Laksana memperkenalkan platform baru yakni hi-deck atau lantai tinggi untuk rangka bus. Proporsi desain eksterior dan rancang bangun yang pas membuat SR-1 sekilas tidak terlihat tinggi dari versi sebelumnya. Perbedaan hanya bisa dilihat jika dua bus Legacy dan Legacy SR-1 diparkir berdampingan. Kuncinya, proposi yang seimbang antara desain kaca samping dan lambung.

Sejak empat tahun terakhir, karoseri Laksana mengembangkan inovasi untuk produk-produk bus-bus besarnya. Dimulai dengan model Proteus, Nucleus, hingga Legacy SR-1. Riri menjelaskan, berbagai model ini sengaja diproduksi karoseri Laksana untuk memenuhi berbagai kebutuhan akan bus. Untuk model Proteus dan Nucleus, fokusnya adalah bus-bus kelas menengah dan bus-bus non AC. Sedangkan Legacy SR-1, dikhususkan menyasar pasar bus-bus eksekutif yang mengedepankan kenyamanan.

Karoseri Laksana terbilang berani karena mengeluarkan lebih dari satu jenis produk yang selalu di upgrade setiap tahunnya. “Perkembangan model sangat menentukan image di pasar. Keluarnya model-model terbaru kami sebagai awal langkah menjawab tuntutan pasar yang semakin hari semakin jeli mengikuti tren bus di Indonesia,” kata Riri optimistis. (mai)

 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013