Selasa, 25 Juli 2017 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
BUS LISTRIK REGULER PERTAMA ASAL SWEDIA
 
08 Mei 2015


(Jakarta – haltebus.com)
Volvo mengumumkan tes bus listrik pertama yang mereka buat untuk Gothenburg, Swedia. Bus yang masih terbilang prototipe itu mulai beroperasi di jalur reguler untuk bus kota bulan Juni mendatang. “Pertengahan Juni kami kita bisa menyaksikan dimulainya operasional bus listrik pada rute 55 antara Lindholmen dan Chalmers/Johanneberg, Gothenburg,” demikian rilis yang diterima haltebus.com, Kamis (8/5/15).

Rencananya, ada tiga bus listrik dan tujuh bus hibrida-elektrik yang akan dioperasikan pada 15 Juni mendatang. Bus-bus pada rute baru itu semuanya dipasok Volvo. Ini adalah proyek pertama Volvo dalam pengembangan bus listrik. Sebelumnya pabrikan Swedia ini mengembangkan bus hibrida-elektrik yang telah terjual lebih dari 2 ribu unit di berbagai kota dunia.

Sebelum resmi dioperasikan bus-bus listrik itu juga dipamerkan. Volvo membawa salah satu contoh untuk pameran transportasi dunia Union Internationale de Tramways/Internationaler Permanenter Strassenbahn-Verein (UITP) di Milan 8-10 Juni. “Saat ini kami tengah melakukan tes akhir untuk memastikan semuanya bekerja dengan baik saat dioperasikan pada kondisi lalu-lintas sebenarnya ,” kata President Volvo Buses, Håkan Agnevall.

Bus listrik ini dilengkapi perangkat batere yang bisa diisi dengan cepat di ujung terminal pemberhentian. Volvo mengklaim penggunaan energi bus listrik 80 persen lebih rendah dari bus bermesin diesel. Rute baru yang akan dilalui adalah bagian dari program kerja sama yang diberi nama ElectriCity. Program ElectriCity, dibangun dalam rangka mengembangkan dan mencari solusi masa depan terutama untuk transportasi publik berbasis energi terbarukan.

“Ini menandai pencapaian pengembangan sulusi terbaru untuk bus bertenaga listrik. Senyap dan bebas gas buang selama pengoperasiannya, sehingga menghasilkan lingkungan kota yang bersih dalam rangka menekan perubahan iklim. Di sisi lain penumpang juga bisa menikmati perjalanan yang menyenangkan,” kata Agnevall.

Rancangan bus listrik disesuaikan dengan kebutuhan transportasi kota. Meski panjangnya 10,7 meter, bus bisa mengangkut 86 penumpang. Tampilannya cukup unik, desainer Volvo merancang bus listrik yang atapnya lebih tebal dari bus konvensional menjadi tak terlihat. Penempatan kursi pengemudi di tengah bus, menurut Volvo, ditujukan untuk memperluas ruang penumpang. “Semua proses keluar masuk bus dibuat senyaman mungkin untuk penumpang melalui pintu yang lebar dan lantai yang rendah ditengah bus. Ada area yang luas di dalam kabin penumpang dengan lantai rendah dan rata yang memudahkan penumpang yang membawa anak dalam kereta atau penumpang berkursi roda,” ujar Agnevall.

Keistimewaan lain jug
a ditambahkan tim desainer Volvo. Tak hanya desain kabin yang lebih modern, ada socket listrik untuk penumpang yang ingin mengisi batere telepon selulernya. Ada pula koneksi internet nirkabel atau Wi-Fi.

Meski diluncurkan untuk Gothenburg pada 15 Juni mendatang, produksi massal untuk pasar komersial baru dilakukan pada 2017. Proyek transportasi publik ElectriCity melibatkan Volvo Group, Chalmers, The Swedish Energy Agency, Region Västra Götaland, Västtrafik, Keolis, The Municipality of Gothenburg, Göteborg Energi, Lindholmen Science Park dan Johanneberg Science Park.(naskah : mai/foto : Volvo Buses)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013