Selasa, 16 Juli 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
MENIKMATI KOTA NAIK BUS SEKALIGUS BERSEPEDA
 
11 Mei 2015


(Jakarta – haltebus.com) Banyak cara ditempuh pemerintah kota untuk menarik minat warganya agar naik angkutan massal. Di kota Stuttgart, Jerman, naik bus kini makin menyenangkan. Operator bus Stuttgarter Straßenbahnen AG (SSB) milik pemerintah kota setempat mulai mengoperasikan bus yang dilengkapi bagasi khusus yang bisa menampung sepeda. “Mulai 16 Mei sampai 1 November 2015 Bus rute 92 setiap akhir pekan menghubungkan pusat kota dan Forsthaus II dilengkapi trailer untuk mengangkut sepeda,” demikian rilis yan ditulis dalam laman ssb-ag.de, Senin (11/5/15).

Layanan angkutan sepeda ini disebut Rad-Tourer oleh SSB. Saat peresmiannya di hari naik sepeda 16 Mei mendatang, bus tunggal yang dilengkapi trailer ini akan dipamerkan di Square Palace.

Bagasi berjalan yang menempel pada bus bisa memuat 15 unit sepeda. Dengan pintu rendah, setiap penumpang bisa mengunci sepeda-sepeda mereka pada pegangan yang di bawahnya disediakan jalur roda. Setiap penumpang yang membawa sepeda bisa dengan mudah menempatkan sepeda kesayangannya.

Untuk penumpang yang bersepeda, hanya dilayani di titik keberangkatan dan tujuan akhir. Semua jenis sepeda bisa masuk ke dalam trailer tanpa ada biaya tambahan. SSB menyarankan agar perlengkapan tambahan tidak dimuat di dalam trailer. Sepeda harus memenuhi Ketentuan Umum Pengangkutan Transportasi dan Tarif Dasar Stuttgart (VVS).

Pengangkutan sepeda di trailer tidak ada biaya apapun. Bongkat-muat sepeda berlangsung hanya pada dua awal atau akhir. ”Perjalanan Rad-Tourer setiap jam 10.00 -17.00 dari Rotebuhlplatz pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur,” tulis SSB dalam rilisnya.

Rute yang dilayani SSB adalah rute wisata. Bus akan melintas di rute ini setiap jam. Perjalanan singkat antara Rotebuhlplatz dan Forsthaus II dan jam keberangkatan yang relatif panjang memudahkan pemilik sepeda memuat sepedanya ke dalam bus. Forsthaus II yang berada di ketinggian 470 meter di atas permukaan laut adalah tempat tertinggi di Stuttgart.

Sebenarnya layanan semacam ini pernah diperkenalkan untuk rute hingga ke Solitude. Hanya karena alasan jembatan yang tak bisa dilalui bus, akhirnya dihentikan. Kini bus itu beroperasi kembali dengan mengambil rute hingga Forsthaus II. Penumpang yang ingin berwisata bisa menjangkau daerah di sekitar tujuan akhir dengan sepeda.

Ada beberapa lokasi yang bisa menjadi tujuan wisata. Ada taman hutan Wildparkstraße di Bärensträßle. Di Solitude sendiri suasana untuk bersantai cukup nyaman dinikmati setiap orang. SSB menyiapkan dua unit trailer untuk mengangkut sepeda, satu untuk penggunaan reguler dan satu unit lainnya untuk cadangan. Trailer dibuat khusus oleh Harbeck Franz Bauer.

Demi lancarnya pengoperasian layanan ini, SBB melatih pengemudi dan 24 pengendara sepeda di depot Gaisburg untuk memudahkan bongkar-muat. Layanan baru khusus pengendara sepeda yang ingin menikmati suasana kota Stuttgart menambah atraksi baru. Rekreasi dengan sepeda sambil naik bus bisa menjadi tren di Jerman. Mungkin juga bisa diikuti oleh PT. Transjakarta agar masyarakat Jakarta tertarik dengan bus-bus Transjakarta. (naskah : mai/foto ssb-ag.de)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013