Kamis, 24 Oktober 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
DISIPLIN BERAWAL DARI SAMPAH
 
14 Juli 2011


(Jakarta – haltebus.com) Sampah dimana-mana identik dengan kotor, bau, atau menjijikkan. Tetapi percayakah anda sampah bisa mendisiplinkan kita? Itulah yang terjadi di lingkungan kerja Arion Indonesia Transport, penyedia jasa transportasi. Bahkan, berkat sampah dan kotoran rasa kebersamaan diantara karyawan bisa tercipta. “Kerja bakti membersihkan garasi dan lingkungan sekitar garasi kami menjadi hal yang rutin” ujar General Manager PT. Arion Indonesia Transport.

Menurut Aldi, sebelum gerakan disiplin sampah ini dimulai di sudut-sudut garasi bus Arion kerap ditemui tumpukan sampah yang berasal dari bus. Setiap bus Arion yang masuk garasi dan dibersihkan di garasi, pasti membawa tumpukan sampah dari rombongan pelanggan mereka. Aldi mengaku, beberapa kali direksi mengingatkan tentang sampah yang berserakan, namun masih ada satu-dua pelanggar.

Akhirnya ketegasan pun dituangkan dalam tulisan. Siapapun bisa melihat aturan ini sebelum memasuki areal garasi. Di gerbang garasi tergantung sebuah papan bertulisan larangan membawa sampah ke dalam garasi. Dendanya tidak tanggung-tanggung, 250 ribu rupiah.

Denda sampah/foto-foto : mai


Setiap orang yang baru pertama kali masuk ke garasi tentu akan heran melihat pengumuman ini. Apalagi, jika diperhatikan tak mudah menemui tempat sampah di areal garasi. “Dengan aturan ini siapapun tak terkecuali saya bisa terkena denda,” kata Aldi.

Siapa sangka, adanya aturan tegas justru membuat seluruh kru yang bertugas di garasi yang terletak di Jakarta Timur bisa kompak. Semua siap membersihkan areal bekerja, ada tidak ada pengawasan dari direksi. Saling mengingatkan masalah kebersihan ini tumbuh diantara mereka.

Bagi kru bus yang bertugas, rasa memiliki pun tumbuh. Bus-bus yang menjadi tanggungjawab mereka juga selalu bersih. Bus mereka rawat layaknya bus-bus itu milik mereka. Tak jarang banyak pengemudi yang merasa betah. “Ada pengemudi kami yang sudah bekerja disini lebih dari 20 tahun,” ujar Aldi

Budaya yang unik untuk bisa mendisplinkan, menumbuhkan rasa memiliki, dan menjaga kekompakan diantara karyawan. Aldi mengatakan, tiga hal ini sangat mereka butuhkan mengingat Arion tengah bangkit untuk mengembalikan kejayaan yang pernah mereka capai di tahun 1970-an. (mai)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013