Sabtu, 19 Oktober 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
MERCEDES-BENZ BANGUN FASILITAS UJI KESELAMATAN BARU
 
18 Mei 2015


(Jakarta – haltebus.com) Inovasi teknologi keselamatan bus yang berkembang akhir-akhir ini tak lengkap tanpa uji kondisi riil saat kecelakaan terjadi. Mercedes-Benz yang bernaung dibawah bendera Daimler, mulai tahap akhir pembangunan konstruksi Pusat Uji Keselamatan Kendaraan terbesar. Fasilitas uji kecelakaan itu tak hanya diperuntukkan pada pengetesan kendaraan penumpang, tetapi juga kendaraan niaga seperti truk dan bus.

“Sebagai pelopor keselamatan, Mercedes-Benz telah memainkan peran kunci, memastikan bahwa tes kecelakaan telah menjadi bagian dari industri otomotif global hari ini. Tak hanya simulasi komputer, tes kecelakaan tetap diperlukan, menjamin standar tinggi pasif keamanan dalam kendaraan kami,” kata Thomas Merker, Director for Body and Safety Mercedes-Benz Cars Development, dalam rilis yang diterima haltebus.com, Rabu (13/5/15).

Pembangunan konstruksi dimulai pada Juli 2013. Sekitar 350 tamu hadir pada upacara topping-out untuk Pusat Uji Keselamatan Kendaraan yang diklaim Mercedes-Benz paling mutakhir di dunia. Pusat pengujian baru ini berada di areal seluas 55 ribu meter persegi. Desain bangunan memungkinkan simulasi tabrakan dengan berbagai sudut, sehingga dapat menunjukkan dampak yang signifikan untuk keselamatan. Salah satu rancangan fasilitasnya adalah simulasi tabrakan di persimpangan.

Mercedes-Benz belum merinci keseluruhan biaya pembangunan fasilitas ini, namun diperkirakan pembangunan menelan biaya hingga ratusan juta Euro. Fasilitas Uji Keselamatan Kendaraan yang dipersiapkan juga untuk kondisi pra-kecelakaan, bahkan untuk simulasi kompleks yang bisa bermanfaat di masa depan. Arena uji yang dibangun lebih besar dari lapangan sepak bola itu diperkirakan selesai musim gugur 2016.

“Teknologi baru di Pusat Uji Keselamatan Kendaraan kami adalah kelanjutan peran sebagai perintis fasilitas uji keselamatan yang paling maju di dunia. Fasilitas ini akan memungkinkan kami melaksanakan semua tes kecelakaan di tempat kami sendiri di masa depan,” ujar Merker.

 

Mercedes-Benz ingin mengembangkan lebih lanjut potensi PRE-SAFE® dan sistem bantuan pengemudi dalam tabrakan pada produk mereka. Dalam fasilitas ini, detil fase pra-kecelakaan sangat diperhatikan. Fasilitas uji keselamatan akan menguji sistem mengemudi otomatis untuk semua kendaraan. Karena itu desain arena pengujian dirancang untuk tes kendaraan penumpang hingga kendaraan komersial besar seperti bus dan truk. Satu unit pengujian luncur juga disiapkan untuk pengujian komponen individu, misalnya sistem penahan tabrakan pada konstruksi kendaraan.

Ada pula fasilitas pengujian dengan pengontrol suhu. Untuk suhu panas yang digunakan ruang pengontrol suhu memanfaatkan, udara panas dari terowongan angin pada fasilitas pengujian iklim. Rancangan konfigurasi uji kecelakaan tertentu juga mempersingkat waktu set-up dan membuat pengujian kecelakaan lebih efisien.

Dalam fasilitas ini Mercedes-Benz juga mengandalkan teknologi otomatisasi untuk efesiensi di masa depan. Kendaraan yang bergerak di depan kamera yang dilengkapi teknologi pengukuran digital baru untuk dummies yang mengambil alih teknologi analog yang sebelumnya digunakan. Pembangunan Pusat Uji Keselamatan Kendaraan terintegrasi dengan fasilitas-fasilitas lain. Sinergi dalam satu lokasi meliputi pusat penelitian, pengembangan, perencanaan dan produksi di Sindelfingen. Integrasi telah dimulai sejak 2010, 2011 dan pada 2013 mulai dibangun fasilitas uji keselamatan terbaru.

Mercedes-Benz telah mulai pengujian kendaraan pada 10 September 1959. Pada tahun 1973 fasilitas kecelakaan dalam ruangan pertama dioperasikan. Saat ini Pusat Uji Keseamatan Kendaraan Mercedes-Benz melakukan 15 ribu simulasi tabrakan yang realistis dan lebih dari 150 tes kecelakaan. Ada 40 konfigurasi dampak kecelakaan yang diujikan termasuk tes jatuhan-atap pada kendaraan. (naskah : mai/ foto : daimler.com)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013