Selasa, 23 Juli 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
SCANIA UJICOBA BUS BERMESIN GAS EURO 6 PERTAMA DI PERANCIS
 
19 Mei 2015


(Jakarta – haltebus.com)
Tren bus berbahan bakar gas asih berlanjut di Eropa, di tengah-tengah berkembangnya bus-bus hibrida dan listrik di benua itu. Setelah memperkenalkan bus berbahan bakar gas di Jakarta, Amerika Latin dan India, Scania menguji bus yang menyandang mesin berbahan bakar gas Euro 6 di Perancis. “Bus coach berbahan bakar gas Euro 6, Scania OmniExpress 320, sedang dalam pengujian di wilayah Vendée, Perancis, sepanjang pesisir Atlantic,” demikian rilis Scania yang diterima haltebus.com, Jumat (15/5/15).


Uji coba itu adalah bagian dari kampanye Scania untuk memperkenalkan teknologi berbasis energi terbarukan. Masih dalam kerangka konsep transportasi massal berkelanjutan yang mereka usung sejak beberapa tahun terakhir.


Sama halnya dengan yang ditawarkan di Amerika Latin dan India, pada uji coba di Perancis, Scania memperkenalkan bus bermesin gas yang mengandalkan biogas. Bahan bakar biogas ini dihasilkan oleh petani setempat. Ada empat lokasi pertanian yang dikelola sepuluh petani yang telah memproduksi biogas sejak April 2014 yang terlibat. Produksi gas yang mereka hasilkan telah masuk dalam sistem jaringan gas yang menyuplai kebutuhan kota Mortagne-sur-Sevre.


“Dengan populasi penduduk dan pertumbuhan ekonominya, Vendée menghabiskan banyak dan banyak energy,” kata President of the Vendée County Council, Yves Auvinet saat memperkenalkan proyek ujicoba bus ini.

Sejauh ini operasional bus masih terbatas pada rute bus sekolah, sepanjang 30 Km. Rencana berikutnya, bus akan diujicobakan dalam rute reguler sejauh 200 Km. Bus Scania OmniExpress 320
yang dioperasikan Sovetours bisa mengangkut 55 penumpang dengan satu ruang untuk kursi roda.

Kapasitas tangki bahan bakarnya mencapai 150 liter gas, yang bisa beroperasi untuk jarak tempuh 500 Km. Auvinet menyatakan, Vendée bersiap untuk kebutuhan energi terbarukan di semua kebutuhan warganya. “Uji coba ini adalah bagian dari rencana aksi kami yang secara substansial terus mengembangkan produksi energi lokal,” ujarnya.

Di India Scania juga bekerja sama dengan pemerintah setempat untuk mengembangkan transportasi publik berbasis bahan bakar gas. Di Narasapura, bersama Swedfund, Scania bekerja sama membangun fasilitas produksi biogas. Meski tak disebutkan standar emisi Euro berapa yang dioperasikan di India, langkah Scania mendukung jaringan transportasi di sana cukup serius. Di saat yang bersamaan pabrikan Swedia ini juga menambah jalur produksi untuk bus kota di fasilitas produksi mereka di kota yang sama.

Sementara itu, di Jakarta, Scania bekerja sama dengan PT. United Tractor untuk pertama kalinya memperkenalkan bus berbahan gas berstandar Euro 6 untuk Transjakarta. Sayangnya hingga kini bus yang sudah dipersiapkan sejak tahun 2013 dan diluncurkan April 2014 itu belum beroperasi di Jakarta. Informasi yang diperoleh haltebus.com, bus masih dalam proses pengadaan oleh Pemprov DKI Jakarta. (naskah : mai/ foto : scania.com/mai)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013