Kamis, 24 Oktober 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
UNIKNYA BUS WISATA EROPA
 
09 Juni 2015


(Jakarta – haltebus.com) Beragam model bus bisa kita temui di daratan Eropa. Banyak pabrikan bus maupun chassis ikut meramaikan model-model bus, baik untuk kebutuhan bus kota, bus antar kota jarak dekat dan jauh atau bus wisata. Salah satunya adalah VDL Futura dari VDL Bus & Coach yang bermarkas di Belanda. Bermodalkan model yang unik, bus-bus VDL cukup diminati operator bus, seperti Contikiholland. “VDL Bus & Coach mengirimkan 15 unit VDL Futura versi deluxe untuk Contikiholland,” demikian rilis yang diterima haltebus.com, Kamis, (4/6/15).

Contikiholland mengikuti gaya kebanyakan bus di Eropa yang mengedepankan livery yang sederhana. Namun, dibalik kesederhanaan itu bisa menarik perhatian siapapun, saat bus lalu-lalang. Hanya bermodalkan dua warna, tampilan bus VDL Futura menjadi menarik. Dengan warna dasar polos, dipadu tulisan Contiki yang besar dengan warna kontras, cukup sederhana tetapi menarik ditengok.

Atlas Reizen b.v., operator yang membawahi Contikiholland, memesan bus dengan kapasitas 54 penumpang. Banyaknya penumpang yang diangkut tak mempengaruhi kenyamanan karena panjang bus mencapai 12,9 meter. Selain kursi yang nyaman dan bisa distel sandarannya, ada outlet listrik 220 volts untuk mengisi batere kamera maupun telepon seluler. Ada pula port untuk USB/HDM/AUX/VGA untuk perangkat elektronik penumpang.

Ada yang unik dari 15 unit bus ini. Atas permintaan Contikiholland, setiap bus dilengkapi oleh panel surya. Sayangnya, foto-foto panel surya itu tak disertakan dalam rilis tersebut. Kebutuhan listrik untuk bus bisa terjaga berkat panel surya yang menyimpan tenaga listrik yang dihasilkan dalam batere. Panel surya ini menjaga agar battere bus dalam kondisi penuh sepanjang perjalanan. “Cara seperti ini bisa mengirit bahan bakar dan menekan biaya perawatan,” kata juru bicara VDL Bus & Coach, Marleen van Zeeland.

Maklumlah, Futura yang dipesan Atlas Reizen dilengkapi tanki air tambahan untuk menampung air kondensasi dari AC selama perjalanan. Penampungan ini bisa menambah cadangan air untuk pembersih. Di Eropa di saat musim dingin, saat bus operasi sangat dibutuhkan pemanas untuk menjaga air tetap bisa digunakan selama perjalanan.

Dibalik kap mesin di buritan bus, tersimpan mesin DAF MX-11 271 yang menghasilkan tenaga 370 HP. Transmisi ZF AS-Tronic juga menambah kenyamanan penumpang saat bus berakselerasi. VDL Bus & Coach mengklaim transmisi ini bisa menekan konsumsi bahan bakar yang maksimal.

Contikihollad beroperasi di bawah Atlas Reizen b.v, sebuah perusahaan travel. Contikiholland menawarkan layanan yang cukup luas, mulai pengangkutan lokal, perjalanan sekolah dan kelompok turis dalam jangka panjang. Kebutuhan bus unik ini juga menopang bidang usaha Atlas yang memiliki mitra hotel hingga destinasi wisata di seluruh Eropa.(naskah : mai/foto : vdlbusandcoach)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013