Selasa, 16 Juli 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
GOTHENBURG PUNYA BUS LISTRIK
 
17 Juni 2015

(Jakarta – haltebus.com) Bus listrik untuk Gothenburg, Swedia, akhirnya diluncurkan, Senin (15/6/15). Tiga unit bus listrik yang diluncurkan melayani rute 55 menghubungkan Chalmers Johanneberg ke Chalmers Lindholmen. “Pada rute 55, selain tiga bus listrik ada tujuh bus hibrida-elektrik yang beroperasi, semuanya dari Volvo,” demikian rilis Volvo Bus yang diterima haltebus.com, Selasa (16/6/15).

Bus unik ini beroperasi di tengah kota Gonthenburg. Tak seperti umumnya bus, posisi pengemudi pada bus listrik yang dibuat Volvo berada di tengah-tengah, bukan di sisi kiri atau sisi kanan. Panjangnya yang 10,7 meter dan desain eksetrior yang apik, membuat tampilan bus semakin menarik. Panel listrik yang disimpan di atap terbungkus rapi dibalik penutup dengan balutan warna hitam yang serasi dalam garis warna bodi bus.

Setiap bus dilengkapi dengan fasilitas yang memanjakan penumpang. Ada power outlet untuk telepon seluler. Meski hanya dilengkapi satu pintu untuk keluar masuk, namun Volvo menjamin pintu yang lebar itu nyaman untuk keluar masuk penumpang. Ada pula fasilitas internet nirkabel yang terpasang pada bus ini.

Halte di Chalmers Lindholmen cukup unik juga. Halte menyerupai garasi yang sekelilingnya dibatasi dinding kaca. Pada langit-langit halte ada lengan pengisi batere yang siap mengisi batere bus saat berhenti. Waktu pengisian pun tak lebih dari 10 menit.

Bus tanpa suara itu memberikan pengalaman baru bagi pengemudi maupun penumpangnya. salah seorang pengemudi bus listrik, Fariba Babazadeh, mengaku merasakan pengalaman yang berbeda. “Cukup senyap, sangat bagus dan tanpa emisi apapun,” katanya.

Sementara Johanna Hansson mengaku senang dengan suasana bus. Menurut dia, selain tidak bising, bus yang dilengkapi dengan fasilitas internet dan power outlet cukup membuat perjalanan semakin nyaman.

Rute dengan bus rute 55 adalah bagian dari proyek ElectriCity, sebuah kolaborasi untuk mengembangkan, menguji dan mendemonstrasikan transportasi masa depan. Program bersama ini menguji bus listrik pada kondisi aktual sehari-hari dengan konsep baru pemberhentian bus. Pengelolaan sistem transportasi, keamanan dan ketersediaan energi juga diperhatikan dalam ujicoba ini. Konsep bus listrik yang dikembangkan itu tidak hanya dikhususkan untuk Gothenburg, tetapi terbuka kemungkinan diterapkan pada sistem transportasi publik di kota lain.

Sejauh ini, Volvo Group telah menyatakan memfokuskan diri pada transportasi masa depan berbasis listrik. Proyek bersama transportasi kota Gothenburg menjadi titik awal cita-cita mereka untuk menjadi yang di depan dalam solusi transportasi berkelanjutan. “Kolaborasi yang unik di Gothenburg memungkinkan kami meluncurkan bus listrik dalam rute reguler di sini dan tentunya selalu mengingatkan kami sebagai pemimpin dalam pengembangan transportasi masa depan,” kata Chief Sustainability Officer, Volvo Group, Niklas Gustafsson.

Proyek ElectriCity yang dioperasikan pada rute 55 menunjukkan keseriusan Gothenburg dalam mengembangkan transportasi yang berkelanjutan. Apa yang dikembangkan juga menarik minat warga kota dalam menggunakan transportasi publik. “Proyek ini mendemonstrasikan ambisi dan strategi kami menarik para ahli dan investor untuk membantu mengurangi dampak pencemaran lingkungan. Program ini hasil kerja bersama antara pemerintah, industri dan akademisi,” ujar Chair of the City Executive Gothenburg, Anneli Hulthén.

Banyak pihak yang terlibat dalam Proyek Electricity. Ada Volvo Group, Region Västra Götaland, Västtrafik, Pemerintah Kota Gothenburg, Chalmers University of Technology, the Swedish Energy Agency, Johanneberg Science Park, Lindholmen Science Park, Business Region Göteborg, Göteborg Energi, Älvstranden Utveckling, Keolis, Akademiska Hus and Chalmersfastigheter.

Jika proyek ini berhasil, maka ElectriCity menjadi pendorong paradigma baru transportasi publik yang menarik bagi semua kalangan. Yang terpenting adalah memberikan solusi baru bagi pengembangan transportasi kota-kota lain di Wilayah Västra Götaland. (naskah : mai/foto : volvouses.com)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013