Selasa, 16 Juli 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
REKOR BARU BUS BERMESIN GAS EURO 6
 
21 Juni 2015


(Jakarta – haltebus.com) Scania akhirnya memecahkan rekor perdana penjualan bus bermesin gas dengan standar emisi Euro 6 di Amerika Selatan. Kolombia menjadi negara pertama yang memesan lebih dari 100 unit bus bermesin gas beragam tipe. Pemesanan ini diaplikasikan ada sistem Bus Rapid Transit (BRT) untuk kebutuhan transportasi publik di Cartagena. “Scania tandatangani pemesanan untuk memecah rekor untuk bus berbahan bakar gas. Cartagena, kota di Kolombia, akan segera mengoperasikan 147 bus berbahan bakar gas dalam sistem transportasi kota itu,” demikian rilis yang diterima haltebus.com, Minggu (21/6/15).

Tidak disebutkan kapan persisnya kontrak pemesanan ditandatangani, Scania hanya menyebut transaksi itu menjadi transaksi terbesar untuk bus berbahan bakar gas Euro 6 sejak diluncurkan pertama kali. Bus Scania berbahan bakar gas berstandar emisi Euro 6 diperkenalkan perdana di Jakarta. Unit pertama yang dibeli oleh sejumlah perusahaan swasta dan dihibahkan pada PT. Transjakarta, November lalu ini masih diujicobakan untuk rute Monas-Kemayoran selama Pekan Raya Kemayoran.

Otoritas kota Cartagena memilih Scania sebagai penyedia bus secara ekslusif untuk dua koridor BRT yang baru, Transcribe. Ada 58 bus gandeng yang akan diterima Sotromac, salah satu operator di Transcribe. Bus gandeng yang dipesan mirip dengan 51 unit yang dipesan Transjakarta, yakni dilengkapi mesin bertenaga 320HP dan berkapasitas 160 penumpang. Sedangkan operator lain, Transambiental akan menerima 89 unit bus 12 meter, dengan mesin yang juga berbahan bakar gas, bertenaga 280HP.

Semua bus yang dipesan Cartagena dilengkapi dengan kontrak servis yang melekat pada busnya. Operator tak perlu lagi memikirkan perawatan armada. Maklumlah, teknologi bus bermesin gas Euro 6 tergolong baru di Kolombia. Scania menyebut, Cartagena menjadi kota pertama di dunia yang menggunakan bus bermesin gas berstandar Euro 6 dalam sistem transportasi kotanya.

“Sekarang saatnya Kolombia merasakan keuntungan dari bus bermesin gas Euro 6 Scania. Kami memberikan standar baru transportasi berkelanjutan di negara ini. Teknologi yang ideal transportasi di pusat kota yang padat karena rendahnya emisi gas buang dan suara yang ditimbulkan,” kata Managing Director Scania Kolombia, Benoit Tanguy.

Menurut Tanguy, Scania Fleet Management System akan mereka terapkan pada BRT Cartagena. Sistem ini akan menyediakan data real time dari setiap bus, seperti konsumsi bahan bakar, rute, kebutuhan servis dan data kebiasaan pengemudi. Untuk item yang terakhir, Scania memiliki rekam jejak bus sejak pertama beroperasi hingga terakhir digunakan pada semua bus model terbarunya. Kebiasaan pengemudi yang dimaksud, seperti yang pernah diamati haltebus.com, di antaranya perilaku pengemudi saat menginjak pedal gas, pedal rem dan akselerasi pada perpindahan transmisi yang mengacu pada putaran mesin.

Tanguy menjelaskan, Scania akan bertanggungjawab pada perawatan bus di kedua operator itu. “Scania akan menyiapkan workshop pada fasilitas milik pelanggan. Kebutuhan suku cadang juga akan dipastikan ada untuk mendukung kebutuhan yang tinggi atas ketersediaan bus yang beroperasi,” kata Tanguy.

Sotromac telah menandatangani kontrak servis selama 10 tahun dan Transambiental menyepakati Scania Fleet Management System untuk lima tahun. Bus bermesin gas ini akan siap dioperasikan pada semester kedua 2015. Tanguy menyebut, “Teknisi akan menyediakan perawatan dengan standar yang tinggi dari Scania.”

Sementara itu, di Jakarta, bertepatan dengan Ulang Tahun Jakarta ke-488, Senin (22/6/15), Pemprov DKI Jakarta dan PT. Transjakarta memperkenalkan 20 unit bus gandeng Scania Euro 6 serta satu unit bus tingkat MAN R37 sumbangan pihak swasta. Meski diperkenalkan pertama kali di Jakarta, baru 20 unit bus gandeng bermesin gas Euro 6 yang siap dioperasikan, 31 unit lainnya baru bisa dioperasikan akhir tahun ini. Informasi yang diperoleh haltebus.com, akhir bulan ini 31 chassis Scania tiba di Jakarta. (naskah : mai/foto : mai/dok. scania.com/united tractor)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013