Kamis, 24 Oktober 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
EMBRIO BUS KARNAVAL SIAP WARNAI JAKARTA
 
22 Juni 2015


(Jakarta – haltebus.com) Gubernur Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama memperkenalkan konsep baru bus tingkat yang dioperasikan PT. Transjakarta. Bus kota yang diharapkan warna-warni bisa mewarnai jalan-jalan utama ibukota. “Saya ingin ada pihak-pihak swasta seperti ini, menyumbangkan bus, nanti yang mengoperasikan PT. Transjakarta, warnanya kalo bisa setahun mereka gonta-ganti sendiri,” ujar Basuki saat upacara penyerahan bus tingkat dari PT. Coca-Cola Amatil Indonesia, di Silang Monas, Jakarta, Senin (22/6/15).

Konsep bus tingkat yang berwarna-warni ini, menurut Basuki, bisa jadi bus karnaval di Jakarta. Kerja sama dengan pihak swasta, kata dia, sangat membantu pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam menyediakan angkutan umum yang nyaman bagi warganya. Dia mengungkapkan, pihak Pemprov DKI Jakarta menyiapkan anggaran hingga Rp. 3 triliun operasional jika ada pihak-pihak swasta yang berminat untuk menyumbangkan bus.

Bus warna-warni yang digagas ini adalah kelanjutan program bus tingkat Jakarta yang sempat vakum paska polemik perijinan bus tingkat sumbangan Tahir Foundation. Kini, warga Jakarta disuguhi atraksi baru bus tingkat, selain empat bus tingkat BCI yang sudah beroperasi untuk City Tour Jakarta.

Nah apa yang menarik dari bus bersumbu tiga yang menjulang ini? Dari sisi eskterior, warna dan tampilan bodi sangat menarik perhatian orang. Warna dasar merah menyala, Maxi Miracle lansiran Nusantara Gemilang ini berbasis MAN R37 dilengkapi tenaga 460HP. Di belakang bus terpasang dua LCD monitor yang menutup bagian yang biasa ditempati kaca bus. LCD dipesan khusus untuk kendaraan itu, tidak terganggu walau berguncang, juga tahan terhadap petir selain juga anti air karena penggunaan luar ruang.

Kabin bawah bus terlihat cukup besar jika dibandingkan versi sebelumnya, terutama karena tinggi langit-langit. Di ruang ini ada 11 tempat duduk dan ruang berdiri untuk 20 orang. Seluruh dinding dan langit-langit dilapis bahan High Pressure Laminate berwarna merah senada dengan warna eksterior. Lapisan merah juga mewarnai seluruh kabin pengemudi, tak terkecuali dashboard.

Bus dilengkapi CCTV, baik di lantai satu maupun di lantai dua. Ada juga LCD di kedua lantai sebagai sarana hiburan di dalam bus. Ruang di lantai satu dilengkapi dengan kursi lipat dan dua ruang yang bisa digunakan untuk ‘parkir’ kursi roda.




Di lantai dua, deretan kursi merah juga memeriahkan interior kabin penumpang. Dari sisi bentuk dan bahan ke 60 kursi itu, serupa dengan kursi-kursi versi Maxi Miracle sebelumnya milik Tahir Foundation. Bedanya, ada di bagian punggung penumpang. Tulisan Coca-Cola samar-samar melekat.

Pelapisan bahan di sekujur dinding interior yang terlihat rapi memang menjadi satu nilai tambah, kerapihan Karoseri Nusantara Gemilang. Namun, masih satu bagian lagi yang menjadi atraksi bagi siapapun yang naik di lantai dua. Sekilas tak banyak yang mengamati kalau di atas kepala penumpang ada ribuan tutup botol yang tertata rapi di balik bahan acrylic. “Terima kasih atas kepercayaan dan kesempatan yang diberikan PT. Coca-Cola Indonesia, MAN serta PT. Duta Putera Sumatera untuk menghadirkan bus tingkat di Jakarta, guna membangkitkan semangat masarakat menciptakan Jakarta Baru,” kata Direktur Karoseri Nusantara Gemilang, Christian Nathanael Budianto.

Menurut Direktur Utama PT. Transjakarta bus ini bergabung pada layanan angkutan gratis untuk masyarakat Jakarta. “Kami mengapresiasi pihak Coca-Cola yang telah mendukung program layanan Transjakarta.”

Kosasih menyatakan, desain bis sengaja dibuat menarik dan memuat ikon-ikon kota Jakarta. Tak hanya sekedar angkutan kota, bus baru itu menjadi sarana mempromosikan kota Jakarta. Ada slogan khusus : “Buka Semangat Jakarta Baru”. Dia berharap, apa yang telah dimulai saat ini bisa dapat diikuti oleh pihak-pihak lain, agar fasilitas transportasi di Ibukota bisa terus berkembang.

Sementara itu, Direktur Utama PT. Duta Putera Sumatera, Nugroho Tjandrakusuma, menyatakan kegembiraannya. Setelah diperkenalkan pada tahun 2013, di arena IIMS Kemayoran, kini bus MAN telah mengaspal di Jakarta. “Terima kasih atas kepercayaan Coca-Cola menggunakan produk MAN,” ujarnya.



Meski hanya menyumbangkan satu unit bus, Coca-Cola tak tanggung-tanggung menyerahkan pengelolaan bus pada PT. Transajakarta. Kontrak servis lima tahun pun telah ditandatangani bersama PT. DPS. Salah satu yang ditunjukkan oleh PT. DPS adalah dengan melatih pengemudi yang akan bertugas mengoperasikannya, dan diberi sertifikat khusus. Teknologi yang diusung MAN memang tergolong maju dibandingkan dengan bus-bus yang banyak beroperasi di Indonesia.

Yang jelas, saat dipamerkan sejumlah orang sangat tertarik dengan bus ini. mereka berfoto, baik di dalam maupun di luar bus. Tidak sedikir yang berkomentar, “Bus bagus memang beda ya.” Nah kini tinggal PT. Transjakarta dan Pemprov DKI Jakarta yang bekerja keras mewujudkan harapan warga Jakarta.(naskah : mai/foto : mai)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013