Kamis, 24 Oktober 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
TRANSJAKARTA CITYLINE 2 DILUNCURKAN
 
28 Juni 2015


(Jakarta – haltebus.com) Pemprov DKI Jakarta dan PT. Transjakarta memajang 20 unit bus gandeng Scania K320IA/6x2-2 Euro 6 di hari Ulang Tahun DKI Jakarta ke-488. Bus-bus itu diharapkan bisa menjadi harapan baru warga Jakarta untuk angkutan kota yang nyaman. “Saya sengaja pilih bus-bus kelas dunia, bus yang bagus, yang nyaman supaya apa? Supaya orang mau pindah naik bus,” kata Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama saat memperkenalkan 20 unit Transjakarta di Silang Monas, Jakarta (22/6/15).

Bus-bus yang diperkenalkan Gubernur ini adalah gelombang pertama dari dua gelombang pertama yang direncanakan PT. Transjakarta. Menurut Antonius N.S. Kosasih, pihaknya memesan 51 unit bus gandeng Scania untuk pembelian perdana itu. Gelombang kedua, kata dia, diperkirakan bisa dioperasikan pada Desember 2015. Berikutnya, ada juga 51 unit lainnya yang sudah dipesan PT. Mayasari Bhakti yang telah memenangkan lelang investor-operator yang dilaksanakan pada April lalu.

Menurut Basuki, pihaknya ingin membeli bus-bus yang sudah teruji kekuatan dan kenyamanannya. Dia menilai, pembelian bus-bus Transjakarta belum memenuhi harapannya. “Saya mau bus-bus kita bisa dipakai tidak hanya 10 tahun kalo perlu 50 tahun. Gak apa-apa beli lebih mahal sedikit tetapi busnya awet,” ujarnya.



Basuki mengaku senang dengan bus yang dibuat pabrikan Swedia, tetapi dibuat di Indonesia itu. Adalah Karoseri Laksana, Semarang, yang membuat 20 unit selama tiga bulan terakhir. Bekerja sama dengan United Tractor, mereka membuat bus yang dikhususkan untuk bus kota. Sekilas tampilannya mirip dengan Aerobus yang diluncurkan pada September lalu, tepatnya di ajang Indonesia International Motor Show 2014. “Memang kami memperkenalkan saat itu namanya Aerobus, untuk bus kota atau bus bandara dengan lantai rendah. Nah untuk Transjakarta ini namanya kami sebut Cityline-2 supaya lebih mendekat dengan bus kota,” begitu penjelasan penanggungjawab Produksi Karoseri Laksana, Stevan Arman kepada haltebus.com.

Karoseri Laksana banyak mendapat pesanan untuk bus-bus kota. Karoseri ini juga telah berpengalaman memasok bus-bus Transjakarta sejak koridor-koridor beroperasi. Terakhir model bus kota mereka Citiline dibuat di atas chassis bus gandeng Inobus dan Yutong . Scania K320IA/6x2-2 Euro 6 menjadi bus kota pertama yang mnggunakan model Citiline-2. “Kami juga banyak pesanan untuk bus-bus BRT yang single, tetapi model yang dipilih model Discovery,” ujar Stevan.



Model Citiline 2 tak kalah menariknya jika dibandingkan bus gandeng pertama Scania yang kala itu dibangun di atas chassis K340IA/6x2-2 Euro 6. Jika pada bus pertama mesin OC09 102 menghasilkan 340HP, pada versi yang diperkenalkan ini diubah menjadi 320HP. Transmisi ZF Ecolife 6AP1400B ikut melengapi kinerja mesin yang halus dan hemat bahan bakar. Dari sisi Kabin, Kursi yang ada di kabin penumpang ada dua warna. Merah untuk penumpang prioritas dan disabilitas, sementara warna biru untuk penumpang lain. Bus bisa mengangkut 140 penumpang. Ada juga nomor pengaduan 1500-102 untuk keluhan penumpang.

Dirut PT. Transjakarta Antoinus N.S. Kosasih menyebut, beberapa keunggulan bus berkelir putih biru ini. Selain nyaman, bus baru yang akan dioperasikan di beberapa koridor itu memiliki daya tahan dan standar keamanan yang tinggi serta hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. “Aspek keaaman meliputi materi bahan dasar bus hingga sistem yang dirancang untuk keamanan para pengguna Transjakarta. Pelapis lantai, karpet dan bahan interior SCANIA dibuat dari bahan tahan api bersertifikat BASF,” ujarnya.

 

Direktur Marketing United Tractors, Loudy Irwanto Ellias menambahkan, Pintu penumpang memiliki tiga fitur keamanan. Pertama, pintu tidak akan terbuka waktu bus berjalan. Kedua, bus tidak bisa berjalan jika pintu terbuka, dan ketiga pintu akan kembali terbuka otomatis jika ada benda yang mengganjal. “Semuanya kami persiapkan yang terbaik untuk penumpang,” kata dia.

Bus gandeng ini memiliki sensor pada suspensi udara secara sehingga ketinggiannya bisa diatur berdasarkan beban dan kondisi jalan. Mesin Scania, menurut Kosasih, hemat BBG. “Bisa mencapai hingga 1,5 km untuk setiap 1 lsp (liter setara premium) karena itu diharapkan bus-bus baru ini cukup mengisi BBG satu kali setiap harinya sehingga mampu lebih lama beroperasi setiap harinya,” katanya lagi.

Bus yang diidam-idamkan warga Jakarta itu kini telah tiba. Pekerjaan rumah terbesar PT. Transjakarta adalah merawatnya saat bus telah beroperasi. Menurut Loudy, pihaknya mengikat kontrak perawatan setahun dan dukungan penuh teknisi yang siap 24 jam. Selamat bertugas Citiline 2. (naskah : mai/foto : mai)
 
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013