Senin, 27 Mei 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
PERTAHANKAN PENJUALAN, HINO TARGETKAN PEMERINTAHAN
 
25 Juni 2015


(Jakarta – haltebus.com)
PT. Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) menggenjot pertumbuhan penjualan dengan melebarkan target pasar mereka. Tahun 2015 ini, seiring dengan pasar kendaraan niaga yang melambat, target penjualan produk-produk Hino Indonesia tidak hanya menyasar sektor swasta tetapi juga kebutuhan pemerintah. “Hino mendukung penuh program Lembaga Kebijakan dan Pengadaan barang Pemerintah (LKPP) dengan aktif memaksimalkan kehadiran produk-produk Hino dalam e-katalog,” kata Direktur Sales dan Promosi PT. Hino Motor Sales Indonesia, Santiko Wardoyo, di Jakarta, Rabu (24/6/15).


Menurut Santiko, saat ini kondisi pasar yang tertekan dan kredit perbankan yang melambat, masih menunggu mulainya proyek infrastruktur. Kuncinya, kata dia, pada di penyerapan anggaran dan belanja modal pemerintah. Dia mengungkapkan, dengan mempercepat belanja modal oleh pemerintah, diharapkan ekonomi bisa bergerak dan pasar otomotif bergairah.Dia mengaku tak berani mematok target yang tinggi untuk penjualan tahun ini, cukup 60 persen dari pangsa pasar lebih rendah dari tahun lalu yang mencapai 65 persen atau 9.159 unit.

Strategi ini diambil PT. HMSI untuk mempertahankan posisi penjualan mereka di tahun 2015. Untuk medium truk, Hino menguasai pasar 15 tahun berturut-turut, yang masih dipegang pada Semester I tahun 2015. Di katalog elektronik LKPP, menurut Santiko, kini tersedia 480 varian fungsi produk Hino sudah tersedia. Artinya beragam kebutuhan yang bisa dipenuhi produk Hino, seperti dump truck, cargo truck hingga bus sedang. “Jumlah pilihan produk yang tersedia ini terus meningkat sejak awal tahun 2014,” katanya.

Sejak akhir tahun 2013 lalu sejumlah proyek pengadaan di pemerintah maupun swasta mulai dirambah PT. HMSI. Di Pemprov DKI Jakarta misalnya, peremajaan 92 Truk sampah beragam model. Di tahun ini, Hino juga mendapat pesanan sedikitnya 115 unit bus untuk bus sedang dan bus besar dari Kementerian Perhubungan untuk pengadaan bus. Santiko mengaku pihaknya juga tertarik untuk ikut mendukung program pengadaan 3 ribu bus dari pemerintah. Masih dalam proses, kami siap saja, katanya.

Dalam kesempatan itu Santiko juga mengungkapkan program Total Support yang ditawarkan pada pelanggan. Ada kontrak servis, ada dukungan suku cadang, ada pendidikan perawatan kendaraan. Dukungan total ini dilaksanakan oleh dealer-dealer sebagai ujung tombak. “Kami perkenalkan pada pelanggan bagaimana merawat kendaraannya. Perawatan ringan yang penting, karena untuk overhaul butuh waktu dua minggu. Kalo dirawat lifetime kendaraan semakin panjang,” katanya.

Menurut Senior Executive Officer & Part PT. HMSI, Irwan Supriyono, sampai saat ini ada 241 outlet servis dan tahun 2015 ditargetkan menjadi 271 outlet. Sementara untuk toko suku cadang dari 2.593 yang ada saat ini, ditingkatkan menjadi 2700 toko sampai Desember nanti. Terkait kondisi perekonomian Indonesia, dia mengungkapkan, ada kecenderungan peningkatan penggunaan HMSI Original Part. Suku cadang yang dibuat oleh mitra lokal PT. HMSI menjadi pilihan kedua setelah Hino Original Part yang dibuat di Jepang. Meski tak signifikan, dia menilai, peningkatan itu terkait pilihan pelanggan untuk mengurangi pengeluaran perawatan di saat perekonomian yang melambat.

Selama musim mudik lebaran tahun ini, PT. HMSI menggelar 10 posko yang mulai digelar pada 14 Juli hingga 21 Juli mendatang. Posko di Sumatera ada di Medan, Sumatera Utara dan Kalianda, Lampung. Di Jawa Barat dan Banten digelar mulai dari Merak, Cikampek, Patrol dan Nagreg. Di Jawa Tengah ada di Pemalang, Weleri dan Kebumen. Sementara di Jawa Timur ada di Ngawi. “Tahun lalu tercatat 2 ribu unit bus mampir ke posko kami. Mereka mampir untuk mengecek kondisi bus, baik general check-up sampai kerusakan serius,” ujar Irwan.(naskah : mai/foto : mai/PT. HMSI)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013