Kamis, 14 November 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
MERAMBAH DI AMERIKA LATIN LEWAT FUNZA
 
07 Juli 2015


(Jakarta – haltebus.com) Perebutan pasar bus di Amerika Selatan semakin seru. Setelah Scania mendapat 147 pesanan untuk Cartagena, pemilik merek Mercedes-Benz, Daimler mengumumkan beroperasinya fasilitas produksi di Funza, Bogota, Kolombia. “Di pasar bus yang benar-benar menantang di Amerika Latin saat ini, kami menginvestasikan lokasi baru untuk mengembangkan teknologi modern kendaraan,” ujar Head of Daimler Buses, Hartmut Schick seperti rilis yang diterima haltebus.com, Kamis (18/6/15).


Kebutuhan perluasan pasar Daimler di Amerika Selatan sepertinya tak cukup hanya mengandalkan Mercedes-Benz do Brasil, Brasil. Kini, dengan strategi baru, Daimler mengembangkan Daimler Colombia S.A. dengan pembukaan fasilitas produksi baru untuk memproduksi 4 ribu unit/tahun. Berada di areal seluas 11 ribu meter persegi, fasilitas produksi baru itu dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan pertumbuhan bus reguler diantaranya bus-bus untuk kebutuhan sistem Bus Rapid Transit (BRT).


Kebutuhan bus untuk wilayah Amerika Latin mencapai 40 ribu lebih per tahunnya. Daimler pertama kali membuka pusat perakitan bus di Bogota pada tahun 2012. Perakitan di Bogota ini untuk mendukung pemasaran produk-produk yang dihasilkan Mercedes-Benz do Brasil. Funza menjadi pusat perakitan chassis yang dikirim dari Brasil dalam bentuk completely knocked down (CKD). “Dengan perakitan baru ini kami ingin mencapai pasar potensial bisnis kendaraan jenis bus di Amerika Latin,” kata Schick lagi.


Daimler Kolombia akan menawarkan enam tipe chassis yang berbeda dengan teknologi BlueTec 5 untuk pasar negeri itu. Pengembangan perakitan ini juga diharapkan bisa memenuhi kebutuhan pasar bus di Venezuela, Peru, Ekuador dan Amerika Tengah. Perakitan di Funza juga memperluas jangkauan jaringan Mercedes-Benz do Brasil yang sudah memproduksi chassis di São Bernardo do Campo, Campinas dan Juiz de Fora. Total pusat perakitan yang ada di Amerika Latin sejauh ini dengan adanya fasilitas produksi di Funza dan satu lagi di Buenos Aires di Argentina menjadi lima unit fasilitas produksi.

Meski tahun 2014 divisi bus Daimler menghadapi pasar yang sulit, Mercedes-Benz masih memimpin di Amerika Latin dengan penjualan 17.600 unit atau 48,6 persen. “Dengan portofolio modern pada bus kami, teknologi BlueTec 5, kami memadukan pertumbuhan permintaan di pasar Kolombia dan negara tetangga untuk bus yang rendah emisi dan efesien,” ujar President of Daimler Colombia S.A., Mathias Held.

Sebagai gambaran, lanjut Held, market share Mercedes-Benz yang mencapai 30 persen, sangat terlihat di Bogotá saat ini. Teknologi yang modern dari bus-bus Mercedes-Benz memenuhi standar lingkungan Sistema Integrado de Transporte Público (SITP) dan standar Bus Rapid Transit (BRT) TransMilenio. Lebih dari 2.300 unit bus dari Daimler dioperasikan baik di SITP maupun TransMilenio di Bogota.

Sistem BRT TransMilenio di Bogotá kini menjadi acuan sistem transportasi kota yang sangat sukses untuk sebuah kota yang dihuni jutaan penduduk itu. TrsnMilenio yang mengangkut jutaan penumpang setiap hari menjadi salah satu operator bus kota yang terdepan di dunia. (naskah : mai/foto : daimler.com/ publicamion.com.co)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013