Rabu, 20 November 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
EKSPANSI BUS HIJAU DI ITALIA
 
25 Juli 2015


(Jakarta – haltebus.com) Operator bus jarak jauh di Jerman, FlixBus mulai merambah Italia. Sebelumnya Flixbus mengembangkan jalur layanan antar kota di dalam negeri dan antar kota antar negara yang menghubungkan berbagai kota di Jerman dan juga Perancis. Sejak 18 Juli 2015, seperti dilansir autobusweb.com Rabu (15/7/15), mereka membuka dua jalur menuju Venesia, jalur perdana Flixbus di Italia.


Flixbus mulai meramaikan jasa transportasi bus di Jerman sejak 2011 saat perusahaan itu didirikan di Munich oleh Jochen Engert, André Schwämmlein, dan Daniel Krauss. Gabungan keahlian tiga pemuda itu akhirnya bisa menembus berbagai kota dengan tagline layanan “Modern Mobility” (mobilitas modern).

Perkembangan Flixbus tergolong cepat, khususnya saat pemerintah Jerman menerbitkan regulasi baru yang membuka ruang untuk operator bus jarak jauh pada 2013. Tiga rute pertama Flixbus dibuka di Selatan Jerman. Hanya dalam kurun waktu empat tahun mereka memiliki 650 unit bus, 300 kota tujuan di 15 negara. Penumpang yang diangkut per tahunnya cukup fantastis 20 juta orang. Pesatnya kemajuan bus Hijau ini salah satunya juga didorong oleh mergernya dengan MeinFernbus, yang memiliki rute di luar Jerman, pada 7 Januari 2015.

Di Italia Flixbus menyasar kota tujuan wisata, Venesia. Rute pertama yang mereka buka adalah Milan – Venesia. Dalam rute itu, bus juga berhenti di Verona, Padua dan Mestre. Sementara pada pertengahan Agustus mendatang, mereka membuka rute Turin – Venesia. Di jalur ini mereka juga merencanakan pemberhentian di Brescia, Verona, Padua dan Mestre.

Meski baru membuka rute domestik, FlixBus sudah menghubungkan Italia dengan lebih dari 80 kota-kota di Eropa. Selain di Munich dan Berlin yang mengendalikan seluruh jaringan layanan, mereka juga memiliki perwakilan di Paris dan Milan. Mereka mengandalkan mitra di enam negara untuk menjangkau berbagai kota.

Kunci kesuksesannya pengembangan bisnisnya terletak pada inovasi pemesanan tiket yang mudah. Cukup melalui telepon pintar, anda bisa memesan tiket dari manapun. Perusahaan yang memiliki warna kebanggaan hijau muda ini mengembangkan aplikasi telepon seluler dan transaksi elektonik via internet.

Calon penumpang bisa mengunduh aplikasi Flixbus melalui beragam jenis telepon pintar. Untuk setiap perjalanan, cukup menunggu di tempat pemberhentian yang sudah ditentukan, menunjukkan pemesanan dan kode registrasi pada pengemudi dan pengemudi akan mencocokkan data penumpang yang dipegangnya. Baik calon penumpang maupun pengemudi sama-sama menggunakan telepon pintar untuk mencocokkan data di setiap perjalanan. Di Indonesia aplikasi ini tengah dikembangkan penyedia jasa layanan ojek, GoJek.

Tim bus Hijau ini mengadopsi prinsip low cost carrier pada angkutan udara untuk menjalankan bisnisnya. Namun, dalam situs resminya, mereka menyatakan menerapkan standar keamanan dan kenyamanan yang tinggi untuk setiap perjalanan. Ada pelatihan reguler bagi pengemudi mereka untuk memastikan standar pelayanan yang sama.

Banyaknya destinasi yang dilayani juga tak lepas dari kemitraan yang terjalin antara Flixbus dengan beragam operator bus. Total armada yang melayani 80 kota di Eropa mencapai seribu unit bus, dengan 10 ribu perjalanan. Pembukaan rute di Italina menandai target baru Flixbus di negeri itu : 50 kota tujuan terhubung dengan Italia dan seribu perjalanan setiap harinya di tahun 2015.

Bisnis ala Flixbus yang berbasis jaringan internet layaknya pengelolaan angkutan udara. Apakah prinsip “Modern Mobility” yang diterapkan Flixbus sama dengan yang diinginkan menteri Perhubungan Ignasius Jonan dengan konsep online tikecting untuk bus? Bayangkan jika aplikasi pemesanan tiket via telepon seluler diterapkan di Indonesia. Operator bus tak perlu mencetak tiket, pengemudi mudah mengidentifikasi penumpang, kantor pengendali memiliki manifest penumpang yang jelas dan perjalanan terpantau dalam satu database. (naskah : mai/foto : autobusweb.com/paly.google.com)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013