Selasa, 25 Juli 2017 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
STRATEGI PABRIKAN CHINA DI LUAR DAN DALAM NEGERI
 
03 Agustus 2015


(Jakarta – haltebus.com)
Bus-bus China membanjiri pasar Arab Saudi Agustus 2015 ini. Dua pabrikan negeri tirai bambu itu menyasar dua segmen berbeda untuk transportasi massal. Saudi-Emirate Integrated Transportation Company (SEITCO) memesan 1.000 unit bus dari King Long. “Bus-bus itu akan dikirimkan awal Agustus 2015 ini,” demikian dikutip dari autobusweb.com, Jumat (31/7/15).


Situs informasi bus internasional ini menyebut, bus-bus yang dipesan SEITCO akan melayani antar-jemput murid-murid di Provinsi Tabuk dan Yanbu di wilayah Timur Arab Saudi. National Trade Company yang menjadi distributor resmi pabrikan China di negeri itu.

Pesanan Seico dilakukan menyusul perjanjian kerja sama antara SEITCO dan pemerintah setempat untuk pengadaan bus sekolah berkapasitas 40 dan 55 kursi. Bus-bus ini mulai bertugas pada tahun ajaran baru yang jatuh pada Agustus. Setiap bus dilengkapi dengan peralatan keselamatan dan kriteria khusus, sesuai yang ditetapkan pemerintah Arab Saudi untuk bus sekolah.

King Long juga mencatat penjualan yang cukup besar. Salah satu pabrikan bus yang tergolong besar di China ini mendapat pesanan 200 unit bus untuk Distrik Keqiao di Provinsi Shaoxing pada 28 Mei lalu. Bus King Long XMQ6106 jenis bus hibrida itu ditargetkan dikirim seluruhnya pada Agustus ini, setelah pengiriman pertama dilakukan pada bulan Juni, seperti dikutip dari chinabuses.org yang dirilis Jumat, (10/7/15).

Dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, Distrik Keqiao, Shaoxing meningkatkan bus-bus untuk kebutuhan transportasi kotanya. Pemerintah setempat mulai mendatangkan 66 unit bus berkonsep energy terbarukan sejak 2014. Kini mereka mengoperasikan secara penuh 200 unit bus hibrida.


Business Manager King Long Zhejiang, Li Wenbao, mengungkapkan banyak operator bus menghadapi masalah finansial untuk membeli bus high-end di masa lalu. Kini, lanjut dia, pemikiran operator bus banyak berubah. Seiring dengan perubahan tersebut, King Long banyak mengalami keuntungan dengan pasar yang berkembang. “Mereka sekarang menempatkan kualitas dan keandalan kendaraan sebagai prioritas utama mereka,” katanya.


Bus King Long XMQ6106 hibrida ini adalah kombinasi bus ber mesin gas dan motor listrik. Bus mengadopsi sistem integrating starting generator (ISG) dan baterai lithium komposit state-of-art multi-unit. Pada kondisi jalan standar, bus ini mampu menempuh 35 km dengan tenaga listrik sepenuhnya.

Perlengkapan sistem kelistrikan ditempatkan di atas bus atas pertimbangan keselamatan. Penempatan perlengkapan listrik di atas meminimalisir bahaya saat terjadi benturan, baik dari depan maupun belakang. Berkat tata letak dioptimalkan seperti itu, bus mampu beroperasi dengan lancar areal yang lebih luas.


Teknologi yang diusung King Long XMQ6106 hibrida tak kalah dari bus-bus hibrida yang telah dikembangkan negara-negara Eropa. Baterai dapat diisi penuh dalam waktu sepuluh menit. Sayangnya, tidak disebutkan secara rinci kemampuan dan spesifikasi teknis King Long XMQ6106 hibrida.

Distrik Keqiao, Shaoxing memilih bus dengan panjang 10,5 meter yang menawarkan kelincahan dan fleksibilitas yang tinggi dan kuat. Karakter bus disesuaikan dengan karakter angkutan umum perkotaan di sana, juga membantu operator mengurangi biaya operasi. Armada bus baru itu menambah kesegaran baru transportasi lokal di China yang mulai bergeser ke teknologi berbasis energi terbarukan. (naskah : mai/ foto : kinglong-bus.ir/chinabuses.org)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013