Sabtu, 20 Juli 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
HINO PERTAHANKAN PENJUALAN DI TRIWULAN TERAKHIR
 
23 September 2015


(Jakarta – haltebus.com) PT. Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) membukukan penjualan yang terbilang besar di tengah-tengah pelambatan ekonomi yang dirasakan Indonesia saat ini. Sepanjang Januari – Agustus 2015, pabrikan asal Jepang itu mengklaim berhasil mempertahankan market share penjualan kendaraan niaga di beberapa kelas. “Segmen bus mampu meraih 95 persen market share atau 289 unit penjualan dibulan Agustus lalu,” kata Sales & Promotion Director PT HMSI, Santiko Wardoyo, dalam rilis yang diterima haltebus.com Selasa (22/9/15).

Penjualan terbesar PT. HMSI masih dipegang oleh divisi truk. Di kelas medium duty truck, Hino mencatat penjualan 7.261 unit atau 62 persen dari total penjualan seluruh pabrikan 11.664 unit. Posisi ini telah bertahan selama 15 tahun berturut-turut. Di kelas lain, yakni kelas light duty truck, walaupun tidak ada peningkatan, namun penjualan relatif stabil yakni 17 persen dari total 41.203 unit yang terjual di kelas ini atau setara 7.167 unit.

Sementara untuk penjualan bus, posisi Hino juga belum tergoyahkan. Dengan tiga model bus besar dan tiga varian di bus sedang pangsa pasar yang diraih mencapai 83 persen dari total penjualan bus, 1.486 unit, atau setara 1.234 unit. Salah satu strategi untuk mempertahankan penjualan bus adalah dengan peluncuran chassis bus FC 190 yang mengisi kelas kelas medium-large bulan lalu di ajang Gaikindo Indonesia International Autoshow. Total keseluruhan penjualan yang dicapai PT. HMSI hingga Agustus 2015 tercatat 28.856 unit. Penjualan ini telah mencapai 80 persen dari target penjualan yang dipatok tahun 2015, yakni 34.500 unit.

Tahun 2014 PT. HMSI membukukan penjualan 34.000 unit. Angka penjualan 34.00 unit menjadi angka keramat karena angka itu menjadi catatan rekor penjualan terbanyak sepanjang sejarah 30 tahun Hino di Indonesia. Penjualan tertinggi dicapai pada tahun 2013, yakni 34.391 unit. Tak heran jika di tengah-tengah pelambatan ekonomi saat ini, PT. HMSI menyiasatinya dengan beragam cara.

Santiko menjelaskan, moto Total Support untuk pelanggan menjadi jargon mereka untuk optimis di tahun 2015. Dia mengungkapkan, Hino berupaya membantu pelanggan untuk meningkatkan efisiensi operasionalnya melalui melalui Total Support. “Di tahun ini kami menerapkan kebijakan baru dengan memberikan layanan servis gratis selama 2 tahun. Sejauh ini respon pelanggan terhadap strategi HMSI terasa positif, ini terlihat dari tetap terjaganya market share Hino,” katanya.

Setidaknya ada tiga strategi yang dilancarkan Santiko dan timnya, memberikan produk yang terbaik, layanan purna jual yang memanjakan pelanggan juga perluasan jaringan penjualan. Jaringan penjualan Hino akan ditingkatkan dari 155 dealer hingga mencapai target 160 dealer sampai akhir tahun 2015.

Strategi lain yang diterapkan Hino di Indonesia adalah kemudahan pembelian kendaraan juga didukung oleh PT. Hino Finance Indonesia yang berdiri sejak 2014. Seperti dilansir bnisercurities.co.id, sampai bulan Mei 2015, PT. HFI telah membiayai 200 unit kendaraan senilai Rp. 200 miliar. Menurut Presiden Direktur PT. HFI, pihaknya bekerja sama dengan PT. HMSI dan dealer untuk memberikan layanan pembiayaan dalam pembelian kendaraan Hino. “Kami buka kantor cabang yang pertama di wilayah kelapa gading, Jakarta utara dan menyusul pembukaan kantor cabang di Surabaya pada akhir tahun 2015 nanti selanjutnya beberapa kantor cabang lainnya di Indonesia,” ujarnya. (naskah : mai/ foto : mai/PT. HMSI)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013