Kamis, 19 Oktober 2017 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
TAWARAN TERBARU DARI BELANDA DI BUSWORLD 2015
 
06 Oktober 2015


(Jakarta – haltebus.com) Ajang pameran akbar bus internasional tinggal menghitung hari. Beragam pabrikan mulai membocorkan model-model terbaru mereka. Salah satu pabrikan asal Belanda yang mengeluarkan varian double-decker terbaru untuk bus jarak jauh. “Bus terbaru VDL Futura double-decker akan diperkenalkan untuk pertama kalinya ke publik selama Busworld 2015,” demikian rilis yang diterima haltebus.com, Rabu (30/9/15).

Bus model Futura adalah bus terlaris dari bus jarak jauh yang diproduksi oleh VDL Bus & Coach. Bus tingkat yang diberi seri produk VDL Futura FDD2 menjadi dimulainya produk high-end dalam jajaran keluarga Futura. Dengan desain dinamis, modern yang canggih dan mengutamakan efesiensi, bus ini bisa menjadi solusi transportasi yang nyaman. Bus bisa mengangkut hingga 96 penumpang untuk kebutuhan penghubung antar kota.

Keunggulan apa yang paling dijanjikan VDL Bus & Coach? Basisnya semua produk pabrikan itu adalah Profit of Ownership, keuntungan pemilik. Dalam rilisnya hanya disebut tenaga penggerak yang ditanamkan irit bahan bakar. Salah satunya karena aerodinamika bus yang berani mereka jamin mendorong konsumsi bahan bakar yang rendah.

Bentuk model yang khas membuat Futura menjadi armada yang boleh dibilang bus pameran yang berjalan. VDL Futura FDD2-141/510 yang menjadi anggota keluarga Futura bisa dikenali dengan mudah dari identitas VDL yang terlihat jelas. Futura FDD2 ini menjadi contoh lain tradisi panjang yang berkelas dari bus yang dibuat VDL. “Dengan desain yang khas dan tinggi 4 meter bus ini menjadi pencuri pandangan di jalan raya,” klaim VDL Bus & Coach dalam rilisnya.




Klaim itu cukup beralasan. Karakter keluarga Futura tak hanya bisa dilihat dari logo VDL. Di bagian depan, lampu utama sangat khas. Element desain bodi di bagian samping dan belakang juga tak kalah identiknya. Selalu ada guratan desain yang mengacu pada produk VDL disetiap produk yang mereka hasilkan.

Soal keekonomisan, VDL Futura FMD2 baru saja dinobatkan pemenang International Bus and Coach. Rencananya pemberian penghargaan, atas tes yang telah dilalui VDL Futura FMD2 pada Mei lalu, dilakukan di ajang Busworld 2015 mendatang. Dalam ajang kompetisi itu bus antar kota batere bus dites selama lima hari, dan VDL meraih gelar bus dengan biaya yang rendah.

Mengusung konsep bus ringan yang dikombinasi dengan aerodinamika yang optimal, VDL menghasilkan konsumsi tenaga penggerak yang rendah. Saat diujicoba Futura FMD2 menghasilkan konsumsi bahan bakar yang rendah dan jarak tempuh terjauh. “Kami memandang kemenangan IBC Economy Award mengonfirmasi bahwa kami berhasil menepati janji kami untuk memberikan Profit Ownership (keuntungan pada pemilik) yang menjadi nilai pada merek kami. Kami sangat bangga dengan capaian ini,” kata Managing Director VDL Bus & Coach bv Rémi Henkemans.

Futura FMD2-129 yang diuji memiliki panjang 12,9 meter, dilengkapi tempat duduk dengan konfigurasi 49+1+1. Dalam IBC tes menunjukkan berat bus hanya 13.300 Kg. Berat itu diperoleh dengan asumsi beban penumpang penuh, termasuk lift kursi roda dan 660 liter solar. Efesiensi bahan bakar juga sangat ditopang mesin DAF MX-11. Tenaga penggerak yang pas ini menghasilkan keseimbangan optimal dalam pengendalian bus baik dijalan berbelok maupun lurus.

Dalam penilaian, dashboard yang menjamin visibilitas pengemudi mendapat nilai yang tinggi. tas pengemudi yang baik. Entri yang lebih rendah, juga yang menjadi nilai tambah selama kompetisi. Penumpang yang mudah keluar masuk, interior, tata lampu dan kenyamanan, khususnya ruang untuk kaki pada Futura FMD2 juga mencetak skor yang baik. Lantai bus yang rata tanpa perbedaan di seluruh lantai memiliki keunggulan mudah dibersihkan, sangat memudahkan penyandang disabilitas dan diklaim VDL Bus & Coach menjadi salah satu faktor pendukung efesiensi.

Ruang pamer VDL Bus & Coach pada Busworld 2015 yang berlangsung di Kotrijk, Belgia nanti juga akan dimeriahkan pendatang baru di kelas bus kota. Citea LLE-120 dengan versi tiga pintu. Konfigurasi pintu 1-2-1, dengan satu pintu lebar di tengah dan dua pintu lebih kecil masing-masing satu di depan dan bekalang. Kehadiran Citea tiga pintu ini menambah rentang produk Citea di kelas bus kota.

Konsep interior yang ditawarkan juga diklaim memberikan ruang yang nyaman untuk penumpang. Kursi yang bebas menggantung memberi ruang kaki yang lapang untuk penumpang. Konsep konstruksi modular untuk bus-bus kota produksinya, membuat VDL Bus & Coach leluasa menyediakan bus sesuai dengan karakter perkotaan yang dibutuhkan. Keunggulan lain, bus lebih mudah dirawat dan diperbaiki, ujung-ujungnya umur operasional bus lebih awet.

Pabrikan ini juga membawa serta varian baru Citea SLFA dan SLF Electric. Varian untuk bus listrik yang dilengkapi motor listrik dan pantograf dari Siemens. Tren bus rendah emisi dan bahan bakar serta ramah lingkungan saat ini juga diikuti oleh VDL Bus & Coach. Citea SLFA Electric untuk tipe bus gandeng dan Citea SLF Electric untuk bus solo. Di ruang pamer ada pula Citea SLF Hybrids, bus yang telah dioperasikan 120 unit oleh operator Belgia, De Lijn sejak 2014 lalu. VDL menjanjikan atraksi menarik dari Citea SLFA Electric, bus gandeng 18 meter yang memiliki desain futuristik yang menarik untuk Bus Rapid Transit (BRT).

Di kelas bus jarak jauh, andalan mereka Futura FHD2 dan Futura FMD2 juga dipamerkan. Futura FHD2-139/460 dengan panjang 13,9 meter, berkonfigurasi kursi 57+1+1. Bus dengan tiga sumbu roda ini dilengkapi lift untuk kursi roda dan bermesin DAF MX-13 340. Sementara untuk Futura FMD2-129/370 yang memiliki panjang 12,9 meter, konfigurasi kursi 59+1+1 ditopang mesin DAF MX-11 271. Pada pintu tengah bus yang lebar juga disiapkan lift untuk pengguna kursi roda. Setiap penumpang disabilitas bisa dengan aman keluar dan masuk di kedua model ini.

Tawaran dari VDL Bus & Coach di tahun 2015 di ajang pameran Busworld cukup menarik. Busworld menjadi salah satu tolok ukur pabrikan bus dunia untuk menampilkan produk-produk terbaik mereka. Di Eropa, teknologi transportasi bus berkembang seiring dengan regulasi dan tren kebutuhan masyarakat. Tahun 2015 ini bus-bus dengan konsumsi bahan bakar rendah, bersaing dengan bus-bus hibrida dan listrik sebagai dampak diberlakukannya peraturan standar emisi Euro VI di seluruh Eropa.(naskah : mai/foto vdlbusancoach.com)

 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013