Selasa, 16 Juli 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
BUS HINO FEUL CELL, PERDANA DI TOKYO MOTOR SHOW
 
27 Oktober 2015


(Jakarta – haltebus.com) Tren otomotif ke arah ramah lingkungan diikuti oleh pabrikan kendaraan komersial asal Jepang, Hino Motors Limited. Dalam ajang Tokyo Motor Show yang akan digelar 29 Oktober hingga 8 November mendatang. “Pada kesempatan kali ini Hino akan mengusung tema Delivering Your Dreams, Our Passion,” demikian rilis yang diterima haltebus.com, Senin (26/10/15).

Pernyataan yang dirilis Hino Indonesia ini menyebut, ada enam unit kendaraan komersial yang meramaikan barometer otomotif di Jepang itu. Tema yang diusung, menurut Hino Indonesia, mengandung arti lebih dari sekedar kendaraan komersial. Ada unsur emosi yang bisa membawa kesenangan bagi penumpangnya. Apa kuncinya? Inovasi teknologi untuk selalu menghasilkan kendaraan terbaik di setiap generasinya.

Nah yang mau dipamerkan di Tokyo Motor Show kali ini yang cukup menjanjikan adalah Fuel Cell Bus. Bus yang masih berstatus bus konsep itu dirancang menggunakan hidrogen sebagai bahan bakarnya. Bus hidrogen yang dirancang Hino baru pertama kali diperkenalkan untuk dunia otomotif pada Tokyo Motor Show tahun 2015.

Sayang Hino Indonesia belum menyebut secara detail bus berbahan bakar hidrogen yang akan dipamerkan. Dari foto yang dirilis, bus hidrogen itu akan diproyeksikan untuk bus kota. Pengembangan teknologi Hino ini bisa menjadi solusi alternatif angkutan umum perkotaan yang memiliki tingkat polusi yang tinggi. “Bus konsep yang menggunakan hydrogen sebagai bahan bakarnya menghasilkan performa ramah lingkungan berupa gas emisi tanpa CO2 saat digunakan,” demikian pernyataan yang dikutp dari Hino Indonesia.

Bus lain yang tak kalah menariknya dipamerkan adalah Hino Bus Selega. Bus berkapasitas 46 kursi ini pernah muncul di Indonesia International Motor Show 2012. Selega merupakan bus yang dirancang untuk perjalanan jauh yang memperhatikan kenyamanan dan keamanan. Perangkat keselamatan, Driver Monitor, tertanam pada bus yang telah diproduksi massal untuk model hibrida-nya. Driver monitor dapat memberi peringatan bagi pengemudi dengan mendeteksi wajah apakah mata pengemudi terbuka atau tertutup.

Ada kejutan lain dari Hino untuk truk. Ada Hino Profia Hybrid yaitu truk hibrida yang dikembangkan dari Hino Profia, andalan di kelas heavy duty truck. “Teknologi hibrida ini untuk pertama kalinya digunakan untuk heavy duty truck,” demikian klaim Hino.

Teknologi lain untuk kendaraan komersial yang akan dipamerkan ditanamkan pada truk ringan Hino Dutro Hybrid. Ada fitur Collision Damage Reduction Brake System untuk truk di kelas light duty truck. Fitur ini memungkinkan sistem pengereman yang diklaim aman untuk menghindari tabrkan.

Dari enam produk baru yang akan dipamerkan oleh Hino Motors Limited, ada satu produk yang diproduksi di Indonesia tetapi baru diluncurkan untuk pasar Jepang. Truk Hino500 Series New Generation Ranger, pertama kali diluncurkan pada Januari 2015 di Jakarta, namun baru bulan ini dipamerkan di Tokyo Motor Show. (naskah : mai/foto : Hino Indonesia)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013