Sabtu, 19 Oktober 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
PELATIHAN PERTAMA PENGEMUDI BUS DI BALAI LATIHAN KERJA
 
12 November 2015


(Jakarta – haltebus.com) PT. Hino Motors Sales Indonesia akhirnya merealisasikan program pelatihan pengemudi bus bersama Pemprov DKI Jakarta. Program pelatihan bersama Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DKI Jakarta. “Pelatihan ini sebagai bentuk kepedulian Hino terhadap kemajuan transportasi di Indonesia dan Jakarta pada khususnya,” kata Presiden Direktur PT. HMSI, Hiroo Kayanoki saat pembukaan pelatihan di Balai Latihan Kerja Daerah (BKLD) Pemprov DKI Jakarta, di Jakarta, Senin (9/10/15).


Pelatihan yang dimulai Senin (9/10/15) itu akan berlangsung selama 27 hari sebagai bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) PT. HMSI. Pelatihan yang baru pertama kali dilakukan ini bersifat umum. Targetnya tak hanya menambah kemampuan teknis pengemudi Transjakarta, melainkan peserta pelatihan juga diproyekskan mengisi kebutuhan pengemudi untuk bus-bus kota lainnya. Program pelatihan pengemudi merupakan bagian dari kerjasama berkelanjutan PT. HMSI bersama Pemprov DKI Jakarta.

Pada Maret lalu, PT. HMSI menyerahkan satu unit mobil servis keliling untuk PT. Transjakarta sebagai bentuk komitmen kerjasama. Saat penyerahan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengundang pabrikan-pabrikan bus untuk terlibat aktif dalam penyediaan armada Transjakarta yang baik. “Pengemudi bus Transjakarta gaji dua setengah kali UMR, syaratnya harus sarjana. Ini gak masuk akal. Saya sudah minta agar persyaratan itu diubah, dan siapapun yang ingin menjadi pengemudi bisa ikut pelatihan di BLK (Balai Latihan Kerja),” kata pria yang akrab disapa Ahok saat itu.

Ada 20 peserta yang ikut dalam pelatihan angkatan pertama. Dalam pelatihan, peserta tidak hanya diajarkan kecakapan mengemudikan bus, melainkan juga pengenalan armada secara teknis. “(pelatihan) Ini dilakukan agar para pengemudi dapat mengemudi secara baik dan aman serta tertib berlalu-lintas. Kami juga memberikan pelatihan preventive maintenance agar kendaraan lebih terawat dan hemat bahan bakar saat dikemudikan,” ungkap Hiroo Kayanoki.

Direktur Sales & Promosi PT. HMSI Santiko Wardoyo mengungkapkan, pelatihan pengemudi ini sangat komprehensif. Selama hampir sebulan, pelatihan fokus pada pengetahuan dasar kendaraan, pengecekan harian, bagaimana mengemudi yang benar, keselamatan berkendara dan penghematan bahan bakar. “Kami senang dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat melalui pelatihan ini. Hino sangat peduli akan lingkungan dan masyarakat dan kedepannya kami berharap dapat terus berkontribusi bagi masyarakat melalui program-program CSR kami,” ujarnya.

Pelatihan pengemudi ini terdiri dari pengetahuan dasar produk atau kendaraan, pengecekan harian, proper driving, keselamatan berkendara dan menghemat bahan bakar. “Kami senang dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat melalui pelatihan ini. Hino sangat peduli akan lingkungan dan masyarakat dan kedepannya kami berharap dapat terus berkontribusi bagi masyarakat melalui program-program CSR kami” tutup Santiko.

Isu perawatan armada memang banyak menjadi sorotan masyarakat. Armada-armada PT. Transjakarta yang tidak terawat kerap menjadi keluhan pengguna transportasi massal andalan kota Jakarta itu. Pelatihan semacam ini diharapkan bisa memperpanjang umur perawatan karena pengemudi bisa lebih mengenal karakter teknis bus yang dioperasikannya. Hino Indonesia sendiri memiliki pusat pelatihan yang digunakan untuk melatih mekanik, pengemudi hingga sistem logistik suku cadang bagi pelanggan. Di pusat pelatian ini pelanggan bisa memperdalam pengetahuan tentang produk-produk Hino sehingga operasional armada milik pelanggan bisa optimal, khususnya dari sisi perawatan.(naskah : mai/ foto : dok. PT. HMSI/mai)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013