Kamis, 19 Oktober 2017 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
BUS TREM MODERN UNTUK LINZ
 
16 November 2015


(Jakarta – haltebus.com) Perkembangan teknologi transportasi menuntut pabrikan bus mengembangkan beragam teknologi yang menjadi fokus bisnis mereka. Seperti langkah yang ditempuh pabrikan bus asal Belgia, Van Hool. Mereka mengembangkan produk bus ramah lingkungan dengan kapasitas besar berbasis mesin elektrik. “Van Hool berhasil mencapai kesepakatan dengan LINZ AG LINIEN, operator transportasi publik di Linz, Austria. Kesepakatan itu dicapai untuk pengadaan 20 unit Exqui.City, bus trem,” demikian pernyataan yang dirilis vanhool.be, Selasa (11/11/15).

Exqui.City adalah bus trem yang dirancang Van Hool untuk memenuhi kebutuhan transportasi massal di kota-kota besar yang ramah lingkungan. Berbasis motor listrik, bus bi-articulated dengan panjang 24 meter ini diperkenalkan pada kongres transportasi dunia di Milan, 8-10 Juni 2015 lalu. Bus trem ini berkapasitas 180 penumpang sekali angkut. Linz menjadi kota pertama yang mengoperasikan Exqui.City.

Walikota Linz, Klaus Luger mengungkapkan pengeoperasian Exqui.City menjadi standar baru untuk transportasi di kotanya yang berpenduduk sekitar 200 ribu jiwa. Bahkan, lanjut dia, pengoperasian bus listrik berkapasitas besar ini menjadi yang pertama untuk Austria. “Prioritas utama saya adalah membuat transportasi publik di Linz menjadi menarik. Hasilnya, pengguna transportasi publik di Linz bisa menikmati kenyamanan yang lebih baik lagi,” ujarnya.

Bagi Vanhool sendiri, pemesanan ini menjadi pengukuhan atas inovasi teknologi yang mereka tawarkan untuk kota-kota besar yang ramah lingkungan. Exqui.City mengandalkan dua penggerak motor listrik dan dilengkapi battery-powered reserve drive. Sangat ramah lingkungan, tanpa emisi gas buang. Van Hool menempatkan Exqui.City dalam produk teratas mereka untuk transportasi publik modern.

Pada versi sebelumnya, Exqui.City masih mengandalkan mesin diesel yang ditopang motor listrik yang bertugas mengantisipasi tenaga yang terinturpsi saat beroperasi. Kini Exqui.City dilengkapi dua motor listrik yang didukung batere yang bertugas sebagai electric back-up drive. Kinerja operasional generasi terbaru Exqui.City lebih halus saat bus ini berjalan.

Kinerja yang halus saat bus berjalan dimungkinkan dengan mengandalkan traksi motor listrik Vossloh Kiepe. Sementara motor listrik yang disebut Vanhool dengan asynchronous motor diletakkan di tengah kendaraan sehingga bisa menggerakkan axle kedua dan ketiga. Sedangkan untuk batere, bisa terisi dengan jalur listrik yang ada di atas jalur bus trem atau energi kinetik saat bus mengerem. Van Hool menawarkan beragam teknologi penggerak Exqui.City untuk tipe 18 meter dan 24 meter. Ada yang berbasis mesin diesel, hibrida motor listrik dan diesel, serta fuel cell atau batere propulsi.

Keunggulan Exqui.City ada pada kombinasi fleksibilitas bus dengan efisiensi kereta ringan. Exqui.City dirancang untuk kota modern. Hal ini terlihat pada disainnya yang futuristis dan kenyamanan tinggi untuk penumpang. Kabin penumpang dilengkapi air-conditioning (AC), tata cahaya yang baik dan tingkat kebisingan yang rendah. Akses masuk penumpang juga sangat baik, ada empat pintu yang lebar dan rendah sehingga memudahkan penumpang keluar-masuk dalam jumlah banyak dan waktu yang lebih cepat.

Bagi kota Linz, pengoperasian Exqui listrik sangat bermanfaat untuk mengangkut penumpang lebih banyak. Saat ini, kota itu telah mengoperasikan trolley bus dengan panjang 18 meter. Kapasitas angkut meningkat 30 persen dengan Exqui.City yang berpanjang 24 meter berdaya angkut 180 penumpang. “Di satu sisi penumpang yang bisa diangkut (Exqui.City) lebih banyak dan di sisi lain, interior kendaraan ini sangat menarik. Dan terlebih lagi, teknologi yang ada pada kendaraan ini baik untuk lingkungan,” kata Luger menambahkan.

CEO Van Hool nv, Filip Van Hool menyebut pemesanan untuk kota Linz memiliki dua arti penting. Pertama untuk pekerja di pusat produksi Van Hol di Koningshooikt, Belgia, yang harus lebih berkonsentrasi penuh menghasilkan kendaraan dengan kualitas dan nilai tinggi seperti Exqui.City. Dia mengaku sangat sulit berkompetisi dengan rival mereka yang telah memindahkan lokasi produksi mereka ke Republik Ceko dan Turki yang dikenal negara low-cost production.

“Yang kedua, pemesanan ini mengkonfirmasi strategi kami untuk fokus pada pengembangan produksi dan menjual bus-bus high-quality untuk transportasi publik berbuah manis. Faktanya, kami yakin akan ada penambahan di wilayah ini untuk beberapa minggu dan bulan mendatang,” katanya mantap.

Kegembiraan dan keyakinan atas pemesanan Exqui.City juga diungkapkan oleh Board of Director LINZ AG, Dr. Jutta Rinner. Menurut dia, dalam rangka mencapai tingkat kepuasan pelanggan transportasi publik yang mereka kelola, pihaknya harus menyiapkan standar kualitas dan kenyamanan yang tinggi. “Penggunaan teknologi terdepan dan modern pada armada kami menjadi elemen penting dalam pendorong baru transportasi publik di Linz. Kami sangat senang dengan bus tram baru ini. Kami, LINZ AG LINES, sekali lagi bisa mendemonstrasikan diri sebagai pemain utama yang menjadi pionir penyedia transportasi publik di Austria,” ujar Rinner.

Van Hool mengklaim Exqui.City sebagai respon yang realistis atas permintaan keamanan, environment-friendly, efisiensi dan berbiaya rendah dalam transportasi publik perkotaan. Beberapa kota yang telah mengoperasikan beragam varian Exqui.City adalah Metz (Prancis), Barcelona (Spanyol), Parma (Italia), Jenewa (Swiss), Luksemburg (Luksemburg), Malmö (Swedia), Bergen (Norwegia), Hamburg (Jerman) dan Martinique (Prancis).(naskah : mai/ foto : vanhool.be/vanhool fanpage)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013