Selasa, 16 Juli 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
MENGUJI KEMAMPUAN MELAYANI LEWAT KONTES
 
26 November 2015


(Jakarta – haltebus.com) Seorang tenaga penjual dengan cekatan mengangkat kabin truk Hino Dutro. Sejurus kemudian dia menjelaskan beberapa bagian mesin dan keunggulannya. “Dibandingkan produk sejenis keunggulan kami ada pada intercooler-nya,” ujarnya meyakinkan calon pembeli.

Ada empat kendaraan yang disediakan khusus untuk menguji kemampuan tenaga penjual Hino. Ada empat meja pula yang disediakan sebagai simulasi ruan pamer ada yang di dealer-dealer. Itulah suasana saat PT. Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) menggelar Customer Service Contest 2015, Kamis (19/11/15) di Hino Training Center, Jatake Tangerang.

“Peningkatan kualitas layanan secara berkelanjutan merupakan tanggung jawab bersama seluruh SDM Hino di berbagai lini. CS Contest diharapkan dapat menjadi salah satu alat Hino untuk meningkatkan kualitas SDM dalam menyediakan layanan penjualan dan purna jual kepada para pelanggan setia,” ujar Prisedent Director PT. HMSI, Hiroo Kayanoki.

Dalam kamus penjualan pengenalan produk kepada pelanggan menjadi salah satu ujung tombak suksesnya produk itu bisa terjual. Kemampuan komunikasi dan pengenalan produk di lini terdepan yang berhadapan dengan konsumen menjadi sangat penting untuk memasarkan produk.

Kontes ini diikuti oleh 41 dealer dan masing-masing dealer mengirimkan sedikitnya tujuh orang staf yang berhadapan langsung dengan pelanggan. Ada 287 peserta yang ikut dalam kontes. Bagian apa saja yang terkait langsung dengan pelanggan? Ada bagian penjualan, ada bagian bengkel seperti ada penerimaan servis, penyelia servis, mekanik yang merawat dan memperbaiki kendaraan pelanggan. Serta penjualan suku cadang.

Tiga gugus tugas sekaligus yang ada pada dealer yang diuji kemampuannya. Maklumlah PT. HMSI selama ini memiliki slogan Total Support dan 3S (Sales, Service, Sparepart) untuk dealer-nya. Menurut Senior Executive Officer After Sales & Sparepart PT. HMSI, Irwan Supriyono, kontes ini menjadi ajang untuk mengukur kemampuan line terdepan Hino Indonesia yang berhadapan dengan pelanggan. “Kami melakukan standarisasi pelayanan di seluruh dealer, kami melatih mereka bagaimana menghadapi pelanggan, berkomunikasi dengan pelanggan,” katanya.

Uji kemampuan yang diadakan PT. HMSI cukup menarik. Di setiap lini, ada simulasi sesuai keadaan sehari-hari. Di bagian penerimaan servis misalnya, juri menelepon beragam kondisi yang dihadapi pelanggan. Seeperti kendaraannya rusak, mogok di jalan atau komplain atas servis yang mereka terima sebelumnya. Di meja penerima servis, staf yang bertugas dinilai kemampuan menghadapi pelanggan, termasuk cara dan sikap masing-masing.

Penjurian di bagian pejualan suku cadang tak kalah menariknya. Satu per satu peserta diuji bagaimana membuat presentasi pada pelanggan. Dalam keseharian, mereka dituntut untuk bisa menarik pelanggan untuk mengikuti program-program penawaran suku cadang untuk menunjang perawatan armada pelanggan. “Di bawah divisi suku cadang, lima tahun terakhir ada tenaga penjual khusus. Mulai tahun ini kami gabungkan Divisi Logistik dengan Divisi After Sales,” kata Irwan.

Di bagian servis, penyelia dan mekanik diuji secara terpisah. Penyelia menjalani uji tertulis, sementara mekanik menjalani uji kemampuan di ruang bengkel yang ada di Hino Training Center. Ada beberapa pos yang diujikan untuk mekanik.

Prinsip memperbaiki pelayanan dari dalam tengah diterapkan oleh PT. HMSI. Dalam persaingan bisnis yang semakin ketat, setiap perusahaan dituntut untuk selalu meningkatkan kinerjanya agar dapat bertahan. Di saat kondisi seperti sekarang ini, PT. HMSI menganut paham bagaimana mendekatkan produknya dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Di sisi lain, terus meningkatkan kemampuan jajarannya agar berkomunikasi secara efektif dengan pelanggan. (naskah : mai/foto : mai)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013