Kamis, 22 Agustus 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
BUS TINGKAT ITU AKHIRNYA SIAP DIOPERASIKAN
 
21 Desember 2015


(Jakarta – haltebus.com)
Bus tingkat Jakarta dipastikan akan bertambah mulai Januari 2016. Lima unit bus tingkat sumbangan Tahir Foundation siap dioperasikan, tiga unit diantaranya sudah parkir di dealer Mercedes-Benz PT. Adedanmas, Jakarta sejak Jumat (18/12/15) lalu. “Kita akan operasikan secepatnya segera setelah diserahkan,” kata Direktur Utama PT. Transjakarta Antonius N. Steven Kosasih, dalam pesan singkatnya Sabtu (19/12/15).


Kelima bus tingkat ini menjadi kado Tahun Baru 2016 untuk warga Jakarta dan PT. Transjakarta. Seperti diketahui, sebelumnya lima unit bus tingkat sumbangan Tahir Foundation memicu polemik saat setelah ijin beroperasinya tak kunjung didapat. Bus yang diserahkan awal Desember tahun 2014 lalu, hingga Februari 2015 tak bisa beroperasi. Masalah ini sempat memanaskan hubungan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dan Kementerian Perhubungan. Polemik itu berakhir dengan modifikasi bus sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 55 tahun 2012 tentang kendaraan.


Chassis bus yang awalnya berbasis Mercedes-Benz O 500 R-1836 (4x2 atau 2-axle) diganti dengan OC 500 RF-2542 (6x2 atau 3-axle). Modifikasi ulang itu dilakukan oleh Karoseri Nusantara Gemilang. Direktur Karoseri Nusantara Gemilang, Christian Nathanael Budianto mengaku lega dengan selesainya bus-bus ini. “Puji syukur kami telah menyelesaikan bus tingkat untuk warga Jakarta,” katanya saat dikonfirmasi haltebus.com.

Christian tak mau bercerita banyak tentang bus-bus tingkat itu. Namun berdasarkan informasi yang didapat haltebus.com, tiga unit bus berangkat Jumat siang dari Kudus langsung menuju PT. Adedanmas. Ketiganya berjalan beriringan. Sore menjelang matahari terbenam bus melintas Tegal. Salah satu sahabat haltebus.com sempat mengabadikan saat bus itu melintas. “Dua unit masih dalam tahap finishing, segera meluncur begitu selesai. Mungkin minggu pertama Januari nanti,” ujar sumber yang tak mau disebutkan namanya.

Direktur Utama PT. Transjakarta Antonius N. Steven Kosasih mengungkapkan, pihaknya akan segera mengoperasikan bus tingkat itu sebagai bus wisata. Bus-bus yang berwarna kuning ini menambah lima armada bus tingkat yang sudah dioperasikan sebelumnya. Kelima bus baru direncananya mengisi rute baru, di tahun 2016. “Rencananya untuk Pluit – Kota. Saya senang sekali busnya sudah selesai,” kata pria yang akrab disapa Steve.

Warna kuning bus-bus Tahir Foundation yang terang akan menambah semarak bus tingkat di Jakarta. Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama pernah menyebut alasan meminta bus tingkat yang beroperasi di Jakarta dengan warna terang. “Cita-cita pak Presiden (Joko Widodo) saat masih menjadi Gubernur DKI Jakarta membuat Festival Bus tiap hari di jalur utama,” kata Gubernur yang disapa Ahok saat menerima bus sumbangan PT. Coca-Cola Indonesia (CI) yang berwarna merah terang, Senin (22/6/15). (naskah : mai/foto : istimewa/sudjarwanto/mai)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013