Selasa, 16 Juli 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
125 TAHUN METAMORFOSA SCANIA DI DUNIA TRANSPORTASI
 
09 Februari 2016


(Jakarta – haltebus.com) Salah satu pabrikan bus terkemuka dunia, Scania, merayakan 125 tahun berkiprah di dunia kendaraan komersial. Sejak berdiri pada tahun 1891, berbagai perkembangan teknologi mewarnai sejarah panjang pabrikan asal Swedia ini.

Dalam rilis yang diterima haltebus.com, Senin (1/2/16) disebutkan, sejarah awal Scania diawali dengan berdirinya perusahaan bernama Vabis pada tahun 1891 di Södertälje. Saat itu, Vabis memproduksi kendaraan angkut barang bak terbuka dan kendaraan penumpang. “Sekitar 20 tahun kemudian, Scania-Vabis dibentuk gabungan Vabis dengan perusahaan pembuat mesin Scania yang berbasis di Malmö,” demikian pernyataan tertulis Scania AB.


Perkembangan teknologi Scania-Vabis dimulai pada tahun1923, saat desainer mesin pabrikan ini, August Nilsson, mengembangkan mesin empat silinder. Mesin yang berbasis overhead-valve. Tenaga yang dihasilkan dan keandalannya mendatangkan keuntungan untuk pelanggan truk dan bus saat itu.



Inovasi berlanjut di tahun 1936 saat Scania-Vabis mengembangkan mesin diesel pertama. Saat itu, tenaga yang dihasilkan juga mendapat apresiasi jurnalis-jurnalis setempat. Pengembangan usaha juga dilakukan, tepat 25 tahun setelah mesin diesel pertama dibuat, Scania-Vabis membangun fasilitas produksi di Brasil. Fasilitas produksi pertama di luar Swedia, yang berdiri di São Bernardo do Campo, dekat São Paulo.

Berselang delapan tahun kemudian, mesin-mesin bertenaga besar pun dilahirkan. Di tahun 1969, mesin 14 liter V8 yang dilengkapi turbocharger bertenaga 350 HP diperkenalkan. Inovasi berlanjut di tahun 1980, dua seri kendaraan komersial berbasis rangka modular diluncurkan. Terobosan untuk kendaraan truk di tahun 1980 – 1990 adalah peluncuran lima model terbaru. Spesifikasi model yang diluncurkan tahun 1988 sudah disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Prestasi pun diraih di kendaraan transportasi barang. Tiga model Scania mendapatTruck of the Year Award 1988 sementara empat model lainnya Truck of the Year Award 1995 .


Di kendaraan transportasi penumpang, bus Scania Touring pertama diluncurkan pada 2009. Bus Scania pertama yang merupakan hasil kerja sama dengan pabrikan bodi bus asal China, Higer. Kerja sama Scania dan Higer dalam produksi bus di China ditujukan untuk pasar bus dunia. Kolaborasi ini menjadi kerja sama pertama dua pabrikan dari dua benua untuk menembus pasar dunia.

Catatan lain dari 125 tahun eksistensi Scania ditoreh pada 2010. Mesin bertenaga 730 HP dengan konfigurasi V8. “Mesin paling bertenaga di dunia tanpa kompromi untuk semua hal yang terkait efesiensi bahan bakar,” demikian Scania mengklaim.

Teknologi terakhir yang diperkenalkan Scania lahir di tahun 2011, yakni truk berstandar emisi Euro 6. Peluncuran ini dilakukan tepat dua tahun sebelum diberlakukan standar Emisi Euro 6 di Eropa. Catatan sejarah Scania juga ditorehkan di Jakarta. Pada tahun 2013, bus berbahan bakar gas berstandar Euro 6 diperkenalkan untuk pasar bus kota di Indonesia. Dubes Swedia Ewa Polano untuk Indonesia ikut memperkenalkan Scania K340IA-6x2.

Tahun 2016 ini Scania tetap fokus pada bisnis yang memberi kontribusi transportasi global yang berkelanjutan. Mereka menargetkan peningkatan produk-produk berbasis energi terbarukan. Yang terpenting adalah bersama manajemen baru, Scania bertekad membangun masa depan transportasi dunia. Maklum, selama dua tahun kemarin mereka fokus pada konsolidasi manajemen, seiring dengan masuknya manajemen Volkswagen dalam kepemilikan saham. (naskah : mai/foto : scania.com/mai)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013