Rabu, 20 November 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
OPERASI BERSAMA SERVICE POINT PERTAMA SCANIA DI SUKOHARJO
 
03 Maret 2016


(Sukoharjo – haltebus.com) PT. United Tractors (UT) meresmikan service point bus Scania pertama di Sukoharjo, Jawa Tengah. Bekerja sama dengan PT. SAN Putera Sejahtera, pusat perbaikan ringan ini melayani area Jawa Tengah bagian Selatan. “Terima kasih kepada PT. SAN Putera Sejahtera yang mau bekerja sama dengan kami untuk service point ini. Kami banyak belajar dari PO SAN untuk terus memperbaiki pelayanan kami,” ujar Product Support Director PT. UT, Idot Supriadi saat upacara peresmian, Rabu (3/3/16).


Pola kerja sama baru ini diterapkan PT. UT agar bisa merespon lebih cepat apa yang diinginkan pasar. Menurut Idot, pihaknya ingin lebih fokus untuk masuk ke pasar bus di Indonesia. Dia mengaku, jajaran direksi PT. UT banyak berdiskusi dengan operator pengguna bus Scania, tentang apa yang diinginkan pengusaha bus. Kebetulan PT. SAN Sejahtera dengan bendera PO. Siliwangi Antar Nusa (SAN) sangat antusias belajar bersama.

Idot berharap, kerja sama PT. UT ini bisa mendukung operasional pelanggan mereka yang menggunakan bus Scania. Service point di Jl. Sidoluhur, Cemani, Sukoharjo itu masuk dalam jaringan pelayanan purna jual PT. UT. Dia juga membuka peluang pihak-pihak lain yang berminat, operator bus untuk bekerja sama membuka service point di daerah-daerah lain. “Jika ada yang tertarik, kami membuka kesempatan yang sama seperti PO. SAN ini,” katanya.



Service point di workshop PT. SAN Putera Sejahtera menyediakan layanan perbaikan menengah. Fasilitas bengkel yang ada juga didukung oleh ketersediaan 600 item suku cadang yang disiapkan oleh PT. UT dengan persediaan yang terkontrol. Berdasarkan informasi yang disampaikan General Manager Service Division UT, Bayu Cahyono, mekanik yang bekerja di service point ini mengantongi sertifikat.

Ada sembilan mekanik, termasuk Kepala Mekanik M.A. Rahman yang lulus uji sertifikasi yang dilakukan PT. UT. Penyerahan seragam khusus dan sertifikat secara simbolis dilakukan langsung oleh Idot Supriadi dan Bayu Cahyono. Turut hadir dalam peresmian itu Director Head of Scania Representatif Office Indonesia, Claes Nyqvist dan Sales Director PT. UT, Iman Nurwahyu.

Bayu menyatakan, ada tingkatan service perbaikan untuk bus Scania. Ada kategori Smallest, Medium dan Large service. Menurut Bayu untuk service yang dilayani oleh workshop PT. SAN Putera Sejahtera masih sebatas Small dan Medium. “Kami lihat dulu kemampuan mekanik di sini, sementara ini baru melayani di service yang tertinggi di kategori Medium, sementara untuk service yang Large tetap dilakukan di PT. UT di Cakung,” ujarnya.

Direktur Utama PT. SAN Putera Sejatera, Kurnia Lesani Adnan menyatakan terima kasihnya atas kepercayaan yang diberikan oleh PT. UT. Komunikasi intenstif dan diskusi terbuka selama yang telah berujung pada kerja sama konkrit. Dia berharap kerja sama ini dengan mempermudah pengusaha bus dalam merawat busnya. “Bus Scania ini masih dianggap barang aneh karena banyak yang belum kenal. Kami sebagai pelanggan bisa lebih nyaman dan merasa aman serta tenang menjalankan operasional bus,” kata dia.

Pria yang akrab disapa Sani ini menyatakan harapannya agar bus Scania yang berada di bawah naungan PT. UT bisa ikut membantu pengusaha bus bisa tetap eksis. Dia masih melihat peluang potensi angkutan darat yang bisa terus berkembang dan berkompetisi dengan moda angkutan lain di masa mendatang. Pembangunan infrastruktur di berbagai daerah, lanjut dia, bisa memicu perkembangan permintaan akan angkutan massal yang aman, nyaman dan memiliki kualitas yang baik.

Dalam kesempatan itu, Sani menegaskan, kerja sama ini tidak mengikat PO. SAN untuk tetap menggunakan bus Scania. Dia mengaku masih hubungan baik dengan beragam pabrikan, mengingat kebutuhan operasional mereka dengan medan yang juga beragam. Perusahaan yang berbasis di Bengkulu ini masih tetap menggunakan produk-produk lain yang cocok untuk rute yang mereka layani.

Model kerja sama yang unik ini menjadi pilot project yang diharapkan bisa mendatangkan manfaat satu sama lain. Secara teknis, pengakuan kualitas mekanik dan standar mekanisme kerja yang diaplikasikan PT. UT pada service point Scania itu sangat menguntungkan PT. SAN Putera Sejahtera. Di sisi lain, PT. UT juga bisa memulai mengetahui lebih jauh kebutuhan operator bus secara riil. (naskah : mai/foto : mai)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013