Kamis, 24 Oktober 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
SI JANGKUNG DARI DATARAN TINGGI MAGELANG
 
08 April 2016


(Jakarta – haltebus.com) Pameran Indonesia International Bus and Truck 2016 cukup menarik minat pelaku bisnis transportasi bus. Ada yang istimewa di stand Karoseri New Armada. Sebuah bus tingkat putih yang menjulang menjadi daya tarik stand karoseri asal Magelang itu. “Ini bus buatan Indonesia, kita sudah bisa bikin bus tingkat sendiri. Bagus kan? Ini bus kedua kami,” ujar pendiri Karoseri New Armada, David Herman Jaya saat berbincang dengan wartawan, Jumat (1/4/16).

Bus yang diberi nama Highlander cocok dengan karakter kota Magelang tempat karoseri ini bermarkas. Kota yang sejuk itu berada di dataran tinggi yang dikelilingi Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing dan Gunung Ungaran. Rencananya, seperti pendahulunya, Paradise, bus tingkat Highlander akan dioperasikan sebagai bus wisata PT. Transjakarta yang merupakan sumbangan dari Agung Sedayu Grup.

Banyak perubahan di bagian depan jika dibandingkan bus pendahulunya, Paradise. Menurut Manager Produksi Khusus Karoseri New Armada, Indra Gunawan, perubahan-perubahan dilakukan agar tampilan bus tingkat mereka bisa lebih baik. Perubahan pada Highlander dari model pertama bus tingkat Karoseri New Armada banyak dilakukan di bagian depan. Baik di bagian tampak depan maupun tampak samping. Tampilan yang sangat terasa perubahannya ada pada bagian depan bus.

Lampu depan utama Paradise tiga titik yang memajang dan menyatu dalam aksen lengkung yang manis diubah. Masih mempertahankan aksen lengkung yang mirip garis senyum pada wajah, lampu utama Highlander mengikuti tren lampu bus saat ini. Berkat perubahan lampu, wajah baru bus tingkat Karoseri New Armada terlihat penuh. “Perubahan kami lakukan untuk menyegarkan tampilan,” kata Indra.

Masih di bagian depan di sisi samping, aksen lengkung di sekitar kaca pertama pada Highlander lebih tegas. Pada versi Paradise, aksen ini hanya dihiasi stiker chrome penghubung batas lantai atas dan bawah. Sedangkan pada Highlander aksen lengkung yang dimulai dari sisi pintu depan lebih menonjol dan menegaskan karakter baru yang ingin diperlihatkan tim desainer.



Pada eksetrior di belakang bus, perubahan signifikan juga dilakukan. Kisi-kisi udara Highlander lebih ramah untuk mesin Mercedes-Benz OM457LA berkapasitas 11.967 cc. Ada dua area kisi-kisi yang diubah, di bagian mesin dan di bagian mesin pendingin ruangan. Kisi-kisi terlebar ada di bagian atas di area pendingin ruangan. Selain di belakang, ada pula kisi-kisi di sisi kiri-kanan yang juga membantu sirkulasi udara untuk pendingin ruangan.

Sementara untuk sirkulasi udara mesin, selain kisi-kisi udara pada kap mesin, ada pula kisi-kisi di sisi kiri dan kanan. Pola kisi-kisi ini tidak banyak berubah karena kebetulan baik untuk Paradise maupun Highlander, keduanya dibangun di atas chassis Mercedes-Benz OC 500 RF-2542. Hanya bentuk kisi-kisi yang diubah agar tampilan lebih menarik.

Indra yang memimpin unit di Karoseri New Armada yang menyiapkan model-model bus sebelum diproduksi massal di jalur produksi ini menyebut perubahan pada setiap model kerap mereka lakukan. Sifatnya, kata dia, mencari bentuk terbaik yang bisa diterima pasar secara luas. Karoseri New Armada memang kerap meramu model bus desain karya mereka yang mengikuti tren yang tengah berkembang.

Pada bagian interior tidak banyak perubahan signifikan, karena desain interior disesuaikan dengan kebutuhan PT. Transjakarta. Lay out kursi dan segala fungsi yang dibuat untuk kenyamanan penumpang sudah ditentukan spesifikasinya oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan PT. Transjakarta. Alhasil hanya permainan lampu yang bisa dimaksimalkan oleh tim desainer Karoseri New Armada. Taburan warna biru di penjuru kabin bus membuat tampilan si pemukim dataran tinggi (highlander) semakin menarik.

Kabin penumpang di lantai bawah maupun atas terasa lapang untuk lalu-lalang penumpang. “Untuk interior hanya ada perubahan pada bahan-bahannya saja, kelengkapan lain seperti CCTV, ruang untuk kursi roda, akses kursi roda semua sesuai standar PT. Transjakarta dan Pemprov DKI Jakarta,” kata Indra lagi.

Karoseri New Armada masih memproyeksikan Highlander untuk bus kota. Namun, Indra tidak menampik jika ada kebutuhan untuk membuat bus tingkat antar kota antar provinsi, seiring dengan pembangunan jalan tol di berbagai daerah, pihaknya siap membuat bus tingkat untuk antar kota. “Sementara kami proyeksikan untuk bus kota, nanti kita lihat apakah ada kebutuhan untuk bus antar kota,” ujarnya.

Selama pameran, Highlander menjadi primadona. Banyak pengunjung yang berfoto di luar maupun di dalam bus. Demikian juga awak media. Bahkan, salah satu media online nasional, kompas.com, melalui kanal otomotifnya mencatat rekor trending topik di media sosial pada Selasa (5/4/16). Mereka menurunkan berita tentang delapan unit Highlander yang disiapkan untuk bus wisata Jakarta. dengan saling model bus terbaik mereka.

 

Tidak berlebihan pernyataan pendiri Karoseri New Armada, David Herman Jaya yang kerap disapa pak Lim, bahwa karoseri bus Indonesia mampu membuat bus-bus terbaik untuk masyarakat. Dia pun menanti kepercayaan pemerintah untuk mau menggunakan produk-produk Indonesia dalam mengisi kebutuhan transportasi bus di negeri ini. (naskah : mai/foto : mai)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013