Selasa, 16 Juli 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
EVOLANDER, LEMBARAN BARU SERI EVO DI TAHUN 2016
 
10 April 2016


(Jakarta – haltebus.com) Karoseri New Armada membuka lembaran baru seri model bus Evo. Setelah sukses dengan Evonext, kini di tahun 2016 lahir Evolander untuk bus pariwisata dan antar kota yang luks. “Evolander ini kita perkenalkan sebagai pengganti Evonext,” ujar Marketing Manager Karoseri New Armada cabang Magelang, Joko Susilo, di sela-sela Indonesia International Bus and Truck Exhibition (IIBT) 2016, Rabu (30/3/16).

Untuk sebagian kalangan internal Karoseri New Armada, hadirnya Evolander cukup melegakan. Setelah satu setengah tahun dipersiapkan, akhirnya produk ini meluncur juga. Menurut Joko, Evolander meneruskan serial Evo yang sudah beredar sejak tahun 2011 lalu.

Joko menyatakan, produk bus seri Evo cukup diterima pasar di Indonesia. Walau tak menyebut angka pasti jumlah yang berhasil dijual, dia mengungkapkan, untuk bus besar yang diproduksi Karoseri New Armada didominasi Evonext. Hingga awal tahun 2016, ada beberapa model bus yang diproduksi oleh Karoseri New Armada, ada New Aristo, Evonext, New Magneto dan bus tingkat Paradise.

 

Sebagai senjata Karoseri New Armada menembus pasar bus di Indonesia tahun 2016, ada Evolander untuk bus wisata maupun antar kota dan Highlander untuk bus tingkat. Joko mengaku optimis dua produk yang mereka tawarkan bisa diterima pasar. “Selama pameran banyak yang antusias dengan bus yang kami pamerkan, Evolander dan Highlander,” katanya.

Evolander hanya menyisakan sedikit karakter yang menjadi ciri kas seri Evo sebelumnya. Hanya pada proporsi antara lambung atas dan kaca atas yang mempertahankan bentuk seri Evo. Selebihnya terlihat berbeda. Bus yang dipamerkan selama IIBT 2016 dibangun di atas chassis Mercedes-Benz OH-1626 yang cocok untuk bus pariwisata dan bus antar kota dengan ruang bagasi yang lapang.

Di bagian depan bentuk kaca depan sebetulnya masih menyisakan karakter seri Evo sebelumnya yang menimbulkan kesan tinggi. Namun ada sedikit perubahan di bagian atas di bagian atas kaca depan yang berpengaruh pada penampilan. Dilihat dari samping, ada ornamen hiasan atap pada bagian depan bus yang menambah bus terlihat tinggi. Salah seorang pengunjung, Rofik, bahkan sempat terkecoh saat pertama melihat Evolander, “Ini bus kok tanggung ya panjangnya, apa ini bus Hino FC yang baru ya? Tapi kok sepertinya bus besar.”

Aksen di bagian samping di seputar area kaca pertama, menjadi area penanda Evolander masih menjadi bagian seri Evo sebelumnya. Begitu pula dengan bagian belakang kaca samping yang masih meninggalkan jejak karakter desain kontinuitas produk. Lebarnya kaca di seputar kabin pengemudi juga memudahkan pengemudi bermanuver dengan baik di areal sempit maupun menghindari sepeda motor.

Tinggi bus yang mencapai 3,8 meter menjadikan Evolander sebagai bus High Deck perdana Karoseri New Armada. Evolander mengikuti tren bus dengan lantai tinggi yang mulai berkembang sejak tiga tahun terakhir. Bermodalkan ketinggian ekstra ini, Evolander menawarkan ruang bagasi yang lebih tinggi dari seri sebelumnya.

Jika dicermati dan dibandingkan dengan beberapa bus yang dipasarkan di Eropa, Evolander banyak menggabungkan desain yang sedang menjadi tren di sana. Desain ini terlihat setidaknya di bagian belakang Evolander. Sedikitnya ada perpaduan dua model bus yang terkenal di Eropa yang diadopsi. Pada bagian atas, sangat mirip dengan Setra, begitu pula dengan kisi-kisi yang menempel pada kap mesin. Untuk lampu belakang, mirip dengan yang diaplikasikan pada VanHool TX series. Pada bagian bumper belakang, dua muffler dengan garis bumper yang tegas menambah gaya penampilan Evolander.

Perpaduan desain semacam ini mempertegas bus yang dirancang Karoseri New Armada memiliki karakter sendiri, dengan tren yang juga diusung sendiri. Meski terlihat berbeda, model-model bus karoseri yang bermarkas di kaki bukit Tidar itu bisa menembus pasar. Terbukti dengan produk seri Evo yang banyak beredar di pasar. Produk Karoseri New Armada tak kalah bersaing, meski sejak beberapa tahun terakhir tren bus yang diproduksi beragam karoseri di Indonesia mengiblat pada salah satu karoseri di Malang.

Pada bagian dalam, ciri khas produk Karoseri New Armada dengan permainan lampu kabin penumpang juga membuat Evolander terlihat menonjol. Dilihat dari luar maupun dalam ada kesan mewah yang ditangkap. "Memang kalo New Armada membuat bus interiornya terlihat beda," ujar salah satu pengunjung yang menggunakan tanda pengenal visitor IIBT asal PT. Gamya.

Nuansa biru yang temaram membuat kabin penumpang terasa sejuk. Deretan lampu-lampu LED juga membuat siapapun betah duduk lama di saat hari gelap. Pola zig-zag teratur pada lampu di atas kursi penumpang juga menambah apik penampilan.

Manager Produksi Khusus Karoseri New Armada, Indra Gunawan menyatakan, pihaknya membutuhkan waktu yang pas untuk meluncurkan produk Evolander. Berbagai pengembangan dilakukan agar saat diluncurkan, produk yang ditawarkan untuk pasar bisa diterima dan secara internal juga siap diproduksi massal. “Kami ingin menjual produk yang berkualitas, mengikuti tren pasar tapi modelnya tidak sama dengan yang di pasaran,” ujar Indra diplomatis.

Pernyataan Indra tak berlebihan, tengoklah Evolander saat malam hari. Siapapun akan dengan mudah mengidentifikasi bus ini dari jarak jauh hanya melihat tampilan luarnya. Tiga titik deretan lampu LED berwarna kuning di sekitar bagian depan bus di sisi samping bisa menjadi penanda identik Evolander.

Salah satu Direktur di New Armada Grup, Sommy Lumadjeng tahun lalu pernah mengungkap kepada haltebus.com bahwa pihaknya ingin menampilkan model bus yang sangat menarik, berbeda dan bisa menjadi ikon. "Saya sedang menyiapkan beberapa model lampu yang nantinya kami pasang di model bus terbaru New Armada, pokoknya pasti menarik," kata dia di bulan September 2015 lalu.

Kerja keras tim desain dan produksi Karoseri New Armada untuk Evolader sudah hampir tuntas, kini tinggal pasukan pemasaran yang menjadi ujung tombak, apakah Evolander bisa menjadi pendobrak tren nantinya. Kehadiran Evolander bisa menjadi pilihan baru operator bus di tengah menggeliatnya bisnis transportasi bus di Indonesia. Beragam pilihan model juga merangsang kompetisi di antara karoseri untuk menghadirkan produk terbaiknya. (naskah : mai/foto : mai)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013