Selasa, 19 November 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
BUS SPESIAL DARI UNGARAN UNTUK PELANGGAN WONOGIRI
 
06 Mei 2016


(Jakarta – haltebus.com) Edisi khusus model yang dihadirkan sebuah karoseri tak hanya menunggu momen spesial. Namun bagi operator bus yang memesan model khusus bisa menjadikannya sebagai momen istimewa. Begitulah yang terjadi dengan Maxibus dari Karoseri Laksana yang digunakan PT. Putera Mulya Sejahtera. “Bus itu boleh dibilang tidak diproduksi massal,” ujar Desainer Karoseri Laksana, Kus Ririn, Rabu, (13/4/16).

Kehadiran PT. Putera Mulya Sejahtera banyak dinanti baik di Jakarta dan Wonogiri, terlebih lagi semakin terasa greget-nya dengan kehadiran Maxibus. Model baru ini adalah pengembangan dari Discovery di kelas menengah yang dipadukan dengan model All New Legacy SR-1 yang menjadi bus premium dari Karoseri Laksana. Ada beberapa perbedaan yang menyolok dari Discovery yang dijadikan basis modelnya.

Di bagian depan setidaknya dua item yang berbeda, kaca depan yang tinggi dan lampu depan model baru dibandingkan Discovery. Di antara area bagian bawah kaca depan dan dua lampu utama, serasi. Garis hitam yang memanjang di bawah lambang Mercedes-Benz mempertegas penampilan. Tinggi kaca mencapai 1,95 meter mengikuti tinggi bus yang mencapai 3,85 meter.



Ada yang menyebut Maxibus dengan embel-embel XHD ada juga yang menyebutnya dengan SHD. Bagaimana menurut Kus Ririn, desainer andalan Karoseri Laksana yang akrab disapa Ririe ini? “Untuk SHD kami punya versi sendiri, nanti pada saatnya kami perkenalkan ke masyarakat,” katanya.

Beberapa titik eksterior di bagian belakang bus juga cukup menarik perhatian. Selain lampu besarnya yang masih mempertahankan lampu Discovery. Di bagian belakang ini ada sedikit perubahan pada model Discovery tetapi terlihat menyolok untuk Maxibus. Ada kisi-kisi lubang udara yang terlihat besar, menyesuaikan ruang mesin yang besar. Lubang angin itu menyuplai perputaran udara yang dibutuhkan mesin Mercedes-Benz OM457LA berkapasitas 12 liter, yang menghasilkan tenaga 360 HP. Pada area kisi-kisi dihiasi plat krom pemanis untuk menambah gaya penampilan Maxibus.









 
Dimana letak kombinasi All New Legacy SR-1? Jawabannya mudah ada di interior bus. Dashboard dan area pengemudi mengaplikasikan semua yang ada pada bus yang berjuluk Skybus. Panel lampu, pengatur cahaya lampu hingga penempatan sejumlah instrumen mengikuti gaya All New Legacy SR-1.

Komisaris PT. Putera Mulya Sejahtera, Kurnia Lesani Adnan mengakui pihaknya mengadopsi model Discovery dan All New Legacy SR-1. Dia mengungkapkan, armada bus Putera Mulya sengaja memesan Maxibus ke Karoseri Laksana. Menurut dia, busnya harus terlihat berbeda dengan bus-bus lainnya. Bermodalkan Mercedes-Benz O 500 R-1836, lanjut dia, karoseri bus yang menaungi penumpang juga harus pas.



PT. Putera Mulya Sejahtera memilih ketinggian Maxibus di atas 3,8 meter. Tujuannya agar bagasi bus bisa lebih besar dari bus pada umumnya. Penumpang bisa leluasa membawa barang sesuai ketentuan, sementara perusahaan juga bisa mendapat nilai tambah. Ketinggian bus juga memungkinkan kompartemen bagasi tambahan di bagian yang ada di atas setiap roda. Bisa dimanfaatkan untuk ruang bagasi kru maupun peralatan yang dibutuhkan bus selama perjalanan. “Kami juga akan melayani pengiriman paket dan barang, ada tim tersendiri yang akan menangani, karena itu harus dipastikan bagasinya cukup menampung barang paket,” kata Sani lagi.

Tata lampu dan bagasi di kabin penumpang dibuat rapi dan menarik agar penumpang nyaman selama perjalanan. Bagasi Legacy SR-1 di atas deretan kursi penumpang dibuat tertutup seperti kabin pesawat. Penumpang juga dimanjakan dengan adanya TV LCD berlayar lebar. Ada slot khusus arus listrik di setiap kursi penumpang untuk mengisi batere handphone.

 
 
 
Di sisi kabin bus, jumlah 45 kursi yang ada mungkin tak lazim bagi penumpang bus jurusan Wonogiri yang terbiasa dengan bus 32 – 34 kursi. Namun, Sani punya alasan tersendiri. “Memang terasa lebih sempit dibandingkan yang lain, tetapi dengan Rp. 160 ribu penumpang bisa beristirahat yang nyaman di atas Mercedes-Benz O 500 R-1836, chassis bus premium lho. Nanti kalau jalan tol sudah menghubungkan Jakarta – Solo, perjalanan dengan bus ini bisa lebih singkat dibandingkan bus lain,” katanya beralasan.

PT. Putera Mulya Sejahtera mengambil celah yang cukup inovatif. Mereka menggabungkan desain bus yang khusus, memperhitungkan jumlah penumpang maksimal yang bisa terangkut, chassis bus premium dan perjalanan yang memperhatikan ketepatan waktu. Semua inovasi ini masih tergolong baru untuk bus jurusan Wonogiri – Jakarta dan sekitarnya. Sani mengungkapkan, langkah ini ditempuh semata-mata untuk membangun kembali Putera Mulya di bawah manajemen PT. Putera Mulya Sejahtera.(naskah : mai/foto : mai)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013