Selasa, 19 November 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
KEYAKINAN BARU KAROSERI TRISAKTI BERSAMA INFINITY
 
13 Mei 2016


(Jakarta – haltebus.com) Tahun 2016 menjadi tahun kompetisi baru untuk sejumlah karoseri di Indonesia. Meski tiga tahun terakhir dunia transportasi bus melemah, namun sikap optinistis ditunjukkan beberapa karoseri dengan menghadirkan model-model baru mereka. Salah satu karoseri yang tak ingin tertinggal meraih peluang di tahun ini dengan model barunya adalah Karoseri Trisakti. “Sudah sejak pertengahan tahun lalu kami menyiapkan model baru, kami buat desain yang pas dan waktu yang pas untuk memperkenalkannya ke publik,” ujar pimpinan Karoseri Trisakti, Andi Widodo kepada haltebus.com, Sabtu (7/5/16).

Infinity,itulah nama model bus terbaru dari Karoseri Trisakti yang berbasis di Magelang, Jawa Tengah. Andi mengungkapkan, butuh waktu cukup lama untuk tim desainernya untuk menyiapkan model baru ini. Pertama, pihaknya ingin mencari model lampu yang pas dan ketersediaannya di pasaran. Kedua, ada perombakan yang cukup signifikan di beberapa bagian karena mengikuti model lampu yang didapatnya. Menurut dia, model Infinity menerapkan garis baru untuk Karoseri Trisakti, artinya bukan pengembangan dari Phoenix atau Ultima.

Menurut Andi perubahan itu bisa dilihat mulai bagian depan, samping dan belakang. Di bagian depan, wajah Infinity terlihat lebar dan besar karena lampu utamanya yang juga besar. Kesan tegas dan macho menonjol di cowl depan yang lebar mengikuti kontur lampu utama. Pada edisi perdana ini PO. DMH asal Bandung memilih spion besar yang juga menjadi standar Infinity. “Kami memperhitungkan bentuk cowl depan baru, kemudian barulah bagian samping dan belakang mengikuti,” ujar dia.



Bagaimana bentuk bagian samping? Ciri Phoenix yang sedikit tersisa hanya di bagian plat dinding. Kaca samping Infinity terlihat tinggi. Begitu juga jika kita melihat garis tengah memanjang antara bodi bagian bawa dan bagian atas, sedikit lebih tinggi. Ruang bagasi otomatis juga tertarik mengikuti ketinggian yang ada. Andi menyebut, tinggi Infinity berkisar antara 3,7 – 3,8 meter. Tinggi standar untuk bus semi high deck. Masih di bagian samping, ada pemanis aksen yang cukup menyita perhatian. Tulisan infinity di aksen lengkung di kaca samping pertama menyala di malam hari. Deretan lampu kecil tersembunyi dibalik tulisan menambah kesan mewah.

Di bagian belakang, kesan tinggi dan ramping cukup menonjol. Lampu baru yang besar sedikit di angkat dan bumper jadi terlihat lebar. Kisi-kisi udara sedikit mirip dengan Ultima generasi terakhir, ada perubahan di letak kisi-kisi, sedikit dirombak dan dilengkapi asesoris lampu. Kaca belakang sedikit mengecil, efeknya bus menjadi terkesan lebih tinggi dari generasi kedua Ultima.

Interior pun digarap dengan rapi. Meski tak berpenutup, bagasi atas di kabin penumpang cukup lapang untuk barang bawaan karena minimnya sekat di dalam bagasi. Plafon dihiasi lampu LED dengan penutup yang memanjang. Dashboard dengan tiga warna terlihat mewah. Di area seputar pintu, dashboard meramping, memberi ruang penumpang agar leluasa keluar-masuk bus.



Andi mengungkapkan, perubahan ini menandai era baru Karoseri Trisakti. Dia berjanji inovasi-inovasi baru akan hadir pada produk-produk selanjutnya. “Tahun depan kami berencana menghadirkan bus high deck, varian baru Infinity,” katanya singkat.

Dihubungi terpisah, Pemilih PO. Dua Mutiara Harum (DMH) Abung Hendrayana merasa puas dengan bus barunya. Bus Infinity ini menambah koleksi cerita armada bus yang dimilikinya. “Alhamdulillah respon konsumen sangat senang akan bus baru ini, mereka bisa memilih armada bus. kami memiliki beberapa armada bus dengan karoseri berbeda, karena beda bus beda cerita,” ujarnya sambil tertawa ringan.

Abung senang dengan desain Infinity yang sederhana tetapi terlihat modern. Bagian yang paling disenangi adalah bagian samping bus. Pada bagian inilah bus terlihat lapang. Berkat kaca yang tinggi pandangan penumpang dari dalam bus cukup leluasa.

Menurut dia PO. DMH kini memiliki 14 unit armada, terdiri dari lima unit bus besar, delapan unit bus sedang dan satu unit mikrobus. Pembedaan bus bagi Abung menjadi ciri khas operator bus wisata yang bermarkas di Jalan Raya Cikalang No. 383A, Cileunyi, Bandung itu.



Kepala Pemasaran PO. DMH, Yayan Suryana Adi mengungkapkan, Infinity membentuk karakter baru Karoseri Trisakti. "Alhamdulillah mereka mau melihat dan mendengar akan saran kami selama ini, saran ke (karoseri) Trisakti simple aja, Trisakti harus ada ciri khas nya," ujar pria yang akrab disapa Yanyan.

Yanyan menjelaskan, respon pelanggan mereka sangat positif dengan bus Infinity. Tak perlu menunggu lama, Infinity mereka langsung ditunggu pelanggan dua hari setelah tiba di garasi bus langsung bertugas ke Pangandaran dan keliling kota Bandung berturut-turut.

Menurut Yanyan Karoseri Trisakti bisa berkembang pesat dengan dukungan pelanggannya. Masukan-masukan dari pelanggan dan pengembangan produk yang menjadi ciri khas Karoseri Trisakti bisa menjadi modal kemajuan karoseri yang bermarkas di sebelah Barat Magelang ini.

Andi Widodo optimistis, Infinity bisa diterima pasar. Menurut dia, karakter baru yang ditawarkan Infinity bisa mewarnai transportasi bus di Indonesia. Dari sisi tampilan dan kualitas, kata dia, produk ini sangat kompetitif. Kini operator bus baik bus wisata maupun bus antar kota memiliki pilihan baru model bus di tahun 2016. “Setiap karoseri punya karakter tersendiri pada produknya, kami punya Infinity dengan karakter baru untuk pelanggan setia kami,” ujar Andi. (naskah : mai/foto : dok. Karoseri Trisakti/dok. PO. DMH)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013