Kamis, 22 Agustus 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
KAMPANYE KESELAMATAN BISMANIA COMMUNITY DILUNCURKAN
 
17 Mei 2016


(Banyumas – haltebus.com) Komunitas penggemar bus, Bismania Community, tergugah ikut dalam kampanye keselamatan di jalan Raya. Kampanye ini diluncurkan di arena Jambore Nasional Bismania Community ke-7 di Ajibarang, Banyumas, Sabtu (14/5/16) dan diresmikan Bupati Banyumas, Achmad Husein. “Ke depan kendaraan semakin banyak jalannya ya itu-itu saja, harus diatur, satu sama lain harus saling menghormati sebab jalan itu milik bersama,” kata Achmad Husein dalam sambutannya.

Achmad Husein menyambut baik kampanye Jalan Raya Milik Bersama yang diluncurkan. Ada empat hal pokok yang ditonjolkan oleh Bismania Community yang anggotanya tersebar di seluruh Indonesia. Pertama, saling menghormati sesama pengguna jalan raya. Kedua, memerhatikan dan mematuhi rambu lalu-lintas. Ketiga, selalu konsentrasi dan waspada di jalan raya. Keempat, keselamatan di jalan raya harus dimulai dari diri sendiri.

Bupati Banyumas juga mengapresiasi penggemar bus yang berkumpul dalam Bismania Community. Menurut dia, Bismania Community bisa menjadi wadah positif berkumpulnya penggemar bus dari berbagai daerah. “Bismania Community ini tempat orang berkumpul, kelompok yang patut dilestarikan karena di sini bisa saling mengenal dari seluruh Indonesia,” ujarnya.

Ketua Umum Pengurus Pusat Bismania Community, Areif Setiawan menyatakan, kampanye Jalan Raya Milik Bersama ini adalah bentuk kegiatan mereka yang diharapkan bisa menggerakkan anggota akan kesadaran keselamatan di jalan. Dia mengungkapkan, tema yang diangkat juga hasil musyawarah nasional yang dilaksanakan akhir tahun lalu. “Semoga ini bisa menjadi sumbangsih kami sebagai penggemar bus untuk saling mengingatkan pentingnya keselamatan di jalan raya,” katanya.

Arief menyampaikan harapannya kepada 1.500 orang anggota Bismania Community yang hadir dalam Jambore Nasional 2016 itu. Sedikitnya ada 45 bus yang membawa peserta ke Ajibarang untuk berkumpul dan silaturrahim antar anggota. Pengurus Pusa Bismania Community, kata dia, sangat sadar banyaknya anggota membuat organisasinya kerap menjadi sorotan. Sebagai informasi, yang hadir di Ajibarang belum semua anggota, masih ada ratusan anggota lainnya yang tak bisa hadir saat itu. Belum lagi, fanpage Bismania Community di facebook diikuti oleh 250 ribu akun.

Potensi yang bisa digerakkan dalam kegiatan yang positif yang dimiliki Bismania Community ditangkap oleh Ketua Umum Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI) Kurnia Lesani Adnan. Dia mengapresiasi pengurus pusat Bismania Community atas usahanya menggelar Jambore Nasional sekaligus meluncurkan program kampanye keselamatan. “Insya Allah IPOMI dan Bismania Community bisa bergandengan tangan bersama mewujudkan keselamatan di jalan raya,” ujar pria yang akrab disapa Sani ini.

Menurut Sani, masih banyak pekerjaan rumah operator bus di Indonesia agar bisa memberikan pelayanan terbaiknya. Dia berharap penggemar bus yang juga penumpang bus bisa bekerja sama dalam mewujudkan bus yang baik semakin baik, yang belum baik bisa bergerak ke arah yang lebih baik dan semua bisa diuntungkan dengan kondisi yang baik.




Sani sadar, sebagai salah satu penyumbang kendaraan di jalan raya operator bus ikut bertanggung-jawab atas keselamatan di jalan raya, khususnya pada penumpang bus. Karena itu, dia bersama-sama anggota IPOMI telah mengadakan pelatihan pengemudi, yang telah memasuki tahun keempatnya. Pengemudi diberi pembekalan mental agar mereka bisa memperhatikan keselamatan di jalan dan juga sadar tugasnya sebagai pelayan masyarakat. “Tugas pokok kami sebagai operator bus adalah melayani masyarakat. Bukan hanya pengemudi, tetapi seluruh elemen yang ada dan terlibat dalam operasional bus,” ujarnya

Hobi menggemari bus kini telah menjadi tren di berbagai kalangan. Mulai anak-anak, remaja hingga dewasa. Perkembangan dunia internet di Indonesia ikut mendorong berkumpulnya penggemar bus dari berbagai penjuru negeri. Mereka saling bertukar informasi, mengunggah foto hingga pertemuan rutin di terminal atau tempat-tempat yang identik dengan bus. Bismania Community sebagai salah satu wadah penggemar bus sudah memulai kampanye keselamatan untuk moda transportasi bus. Arief berharap program ini bisa berjalan dengan baik dan didukung seluruh anggota komunitasnya. (naskah : mai/foto : mai/dok. Bismania Community/ dok. pribadi Arief S)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013