Rabu, 19 Desember 2018 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
JAKARTA TARGETKAN PUNYA 40 BUS BERTINGKAT DI TAHUN 2016
 
21 Mei 2016


(Jakarta – haltebus.com) Pemerintah DKI Jakarta dan PT. Transjakarta terus berupaya menambah populasi bus tingkat untuk melayani wisata kota Jakarta. Jumat, (21/5/16) sore Tower Bersama Grup menyerahkan satu unit bus tingkat MAN R37 Maxi Miracle buatan Karoseri Nusantara Gemilang. “Kami ingin menambah bus wisata, bus yang tingkat untuk wisatawan luar negeri dan dalam negeri supaya bisa nyaman berkeliling kota,” kata Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama saat menerima bus itu dari Tower Bersama Grup.

Bus dari Tower Bersama Grup ini menggenapi jumlah bus tingkat wisata yang dioperasikan PT. Transjakarta menjadi delapan unit. Sebelumnya ada lima bus milik Pemprov DKI Jakarta lewat pengadaan Dinas Pariwisata, satu bus sumbangan PT. Coca Cola dan satu unit sumbangan Alfamart. Basuki berterima kasih atas partisipasi pihak swasta yang mau mengalihkan program Corporate Social Responsibility untuk bus wisata Jakarta.

Basuki mengungkapkan, tahun ini pihaknya menargetkan 40 unit bus tingkat wisata bisa diperoleh dari sumbangan perusahaan swasta. sampai kini tercatat ada 21 unit bus yang sudah dan siap diserahkan. Menurut dia, Jakarta memang membutuhkan banyak bus tingkat karena di sejumlah kawasan trotoar pejalan kaki akan diperlebar dan ruang kendaraan pribadi dipersempit. “Sebagai bentuk terima kasih kami memberikan kompensasi perusahaan yang menyumbang bisa beriklan di busnya,” kata Basuki lagi.



Direktur Tower Bersama Grup, Helmy Yusman Santoso mengungkapkan, ada empat bidang program CSR yang menjadi fokus perusahaannya. Salah satu programnya adalah bangun budaya. Pengadaan bus ini menjadi bagian dari bangun budaya karena bus wisata sumbangan itu kelak menjadi salah satu alat transportasi yang memperkenalkan sejarah kota. “Kami juga berharap sumbangan bus ini bisa mendukung program Enjoy Jakarta dimana Jakarta menjadi destinasi wisata yang bisa meningkatkan perekonomian Jakarta,” kata Helmy.

Sementara itu Direktur Utama PT. Transjakarta, Budi Kaliwono mengungkapkan, pekan depan ada lima unit bus yang siap diserahkan oleh pihak swasta. Ada delapan unit lainnya yang juga menyusul bergabung sebelum bulan Juli. Dia optimistis bisa mencapai target untuk mengajak pihak swasta menggunakan fasilitas CSR untuk menyumbang bus tingkat. “Kami terus mengajak siapapun yang punya program CSR untuk disumbangkan dalam bentuk bus tingkat,” katanya.
 
Berdasarkan informasi yang diperoleh haltebus.com, bulan April lalu, dua unit bus tingkat dipamerkan di kantor PT. Transjakarta. Bus buatan Karoseri New Armada dan Karoseri Nusantara Gemilang itu menjadi contoh bus dihadapan sejumlah pengusaha yang tertarik menyumbangkan dana CSR-nya.



Namun, Budi menjelaskan, targetnya untuk menghadirkan bus-bus di Jakarta masih tergantung pada kesiapan agen pemegang merek. Dia mengungkapkan, berdasarkan perkiraan PT. Transjakarta kebutuhan bus di Jakarta mencapai 2 ribu unit. “Pengadaan bus kan butuh proses, membeli bus gak seperti membeli mobil, dilihat stoknya pengiriman juga dibuat busnya,” ujarnya.


Budi optimistis bisa mengadakan bus sesuai kebutuhan bus yang diperlukan. Sementara, Basuki menegaskan, kebutuhan bus sangat diperlukan karena salah satu program Pemprov DKI Jakarta mengurangi kemacetan dan memperbanyak orang naik kendaraan umum.

Mulai Sabtu (21/5/16) PT. Transjakarta juga mengoperasikan bus wisata malam dengan rute Balaikota-Kota Tua. Bus beroperasi setiap malam minggu dan malam libur lainnya dari pukul 17.00 hingga 23.00. Menurut Budi, bus wisata malam disediakan untuk masyarakat yang ingin bermalam minggu di Kota Tua dan pusat kuliner di sepanjang rute. Rute malam ini disebut sebagau rute Art and Cullinary. Selain rute itu ada dua rute lain yakni rute History of Jakarta dan Shopping Experience/Jakarta Modern telah beroperasi, mulai pukul 09.00 - 17.00 pada hari Senin-Sabtu dan pukul 12.00 - 20.00 untuk hari Minggu.
Seiring dengan target penambahan bus tidak menutup kemungkinan kami membuka rute-rute baru, kata Budi. (naskah : mai/foto : mai)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013