Sabtu, 20 Juli 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
HINO PERKUAT JARINGAN PELAYANAN DI JANTUNG KENDARAAN NIAGA JAKARTA
 
06 Juni 2016


(Jakarta – haltebus.com) PT. Hino Motors Sales Indonesia terus bergerak di tengah kondisi pasar kendaraan niaga yang cenderung turun di kuartal I 2016. Jumat (3/1/15) agen pemegang merek asal Jepang ini meresmikan gerai 3 S (Sales, Service, Sparepart) di jantung wilayah terbesar customernya, di Jakarta Timur. “Kami ingin mendukung pelanggan kami agar bisa mencapai keuntungan maksimal menggunakan produk kami,” ujar President Director PT. HMSI, Hiro Kayanoki saat peresmian gerai milik PT. Hibaindo Armada Motor salah satu dealer Hino di Jakarta Timur.

Kayanoki mengungkapkan, kehadiran gerai baru ini bisa mengurangi downtime (waktu tunggu) armada pelanggan akibat kerusakan atau perawatan berkala. Semakin banyak gerai 3 S, pelanggan semakin bisa dilayani dan waktu tunggu semakin kecil dampaknya keuntungan pelanggan bisa lebih maksimal.

Di tempat yang sama, Director Sales and Promotion PT. HMSI, Santiko Wardoyo mengungkapkan, meski cenderung turun, Hino masih mempertahankan dominasi pangsa pasar di kendaraan niaga. Di tahun kuartal I tahun 2016 ini Hino masih mendapat 61 persen pangsa pasar kendaraan niaga kategori II dan 31 persen di kateogori III. “Di Jakarta Timur ini, market share Hino mencapai 71 persen, tertinggi di lima wilayah Jakarta maupun Jabodetabek,” katanya.



Populasi truk di Jakarta Timur memang terbilang besar, selain banyaknya Industri, lalu-lintas barang ke pelabuhan Tanjung Priok melalui wilayah ini cukup tinggi. Ada tiga akses kendaraan angkutan barang menuju pelabuhan, ada Jalan Raya Bekasi, akses utama yakni Jalan Tol Prof. Sedyatmo ruas Cawang-Tanjung Priok dan Tol Jakarta Outer Ring Road (Cakung - Cilincing). Lokasi di Jalan Raya Bekasi, tepatnya di Cakung, menurut Santiko sangat strategis dalam melayani pelanggan. Di lokasi yang bersebelahan dengan pool Hiba Utama Grup ini, juga banyak dilalui bus dari dan menuju Terminal Pulogadung.

Apa saja fasilitas yang disediakan PT. Hibaindo Armada Motor (HAM)? Sedikitnya ada sembilan bay (ruang) yang bisa digunakan untuk perawatan kendaraan. Ada ruang perawatan rutin, service besar dan kebutuhan perawatan standar. Di luar perawatan standar, ada kelebihan lain di gerai 3 S PT. HAM yakni cek point untuk pengetesan rem sekaligus menimbang berat kendaraan. “Kami ada fasilitas uji KIR swasta,” kata CEO PT. HAM yang juga CEO. PT. Hiba Utama Jacobus Irawan.










Di salah satu ruang perawatan tertanam alat yang memungkinkan roda kendaraan berputar saat kendaraan dalam kondisi statis. Fungsi pengereman diujicoba dengan alat ini. Menurut salah seorang manager yang enggan disebutkan namanya, setiap pengetesan rem diawali dengan penimbangan kendaraan. Kemampuan pengereman harus dihitung 150 persen beban kendaraan, dengan toleransi deviasi kemampuan rem di sisi kanan dan kiri kendaraan delapan persen.

PT. HAM juga menyediakan alat uji emisi yang terukur. Menurut dia, setiap enam bulan alat uji emisi dikalibrasi oleh Lembaga Meteorologi pemerintah. Operatornya juga memiliki sertifikat khusus pengujian emisi. “Untuk uji emisi kami bisa untuk mesin bensin dan diesel. Kami menerima uji emisi umum. Untuk uji beban pengereman sementara masih merek Hino saja,” katanya saat menemani haltebus.com berkeliling areal workshop service.

Bisnis transportasi yang dikelola Hiba Utama Grup tergolong maju. Beragam fasilitas mereka miliki di pool pusatnya di Klender. Ada fasilitas untuk pergantian bodi bus, pengecekan ban, pengecekan rem, serta uji emisi berkala. Tak heran jika workshop PT. HAM terbilang lengkap di antara gerai 3 S Hino lainnya. “Bisnis kami transportasi, tanpa perawatan kami tidak bisa mendapat profit. Armada kami ada 3 ribu unit,” kata Irawan lagi.

Santiko menambahkan, meski kondisi sektor transportasi sedang melemah, namun Hino Indonesia tetap terus bergerak untuk terus melayani pelanggan. Dia yakin, dengan pertumbuhan infrastruktur yang mulai terlihat permintaan alat transportasi, baik barang maupun penumpang, akan tumbuh lagi. “Kami tidak boleh diam, kami terus bergerak untuk mempersiapkan segala sesuatu jika ada lonjakan pertumbuhan ekonomi,”ujarnya bersemangat.

Ada seribu unit bus Hino yang mulai terlihat tahun 2016 ini di sejumlah daerah. Bus-bus yang digunakan untuk bus kota itu berasal dari pengadaan Kementerian Perhubungan. Menurut Santiko, untuk pengadaan bus pemerintah pihaknya sudah mempersiapkan segala persyaratannya di Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Langkah Hino Indonesia yang terukur di bisnis kendaraan niaga memantapkan posisinya di puncak penjualan beberapa tahun belakangan. (naskah : mai/foto : mai)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013