Sabtu, 19 Oktober 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
ENAM DEKADE SETRA : INOVASI TEKNOLOGI, AMAN, NYAMAN DAN EKONOMIS
 
11 Juni 2016


(Jakarta – haltebus.com)
Pabrikan bus asal Jerman, Setra merayakan tahun ke-65, Jumat (10/6/16) sejak produk pertama mereka S 8 diluncurkan. Saat diluncurkan di tahun 1951, S 8 menandai kesuksesan pertama pabrikan ini di dunia transportasi bus. “Dalam kurun waktu 65 tahun ini, merek kami membuktikan sebagai pelopor, dengan enam seri model, yang mengubah wajah bus dunia pabrikan di Eropa,” demikian pernyataan Setra dalam rilis yang diterima haltebus.com.

Setra menjadi produk premium di bawah bendera Daimler yang memiliki kekuatan pasar yang signifikan. Akar yang kuat dalam membangun paradigma baru dalam dunia transportasi bus menjadi resep sukses membangun persepsi pasar yang mapan. Setra mengedepankan teknologi kendaraan, kenyamanan, keamanan, desain dan efesien secara ekonomi.

Beragam prestasi dicatat oleh Setra. Hingga akhir 2015, lebih dari 107 ribu unit bus Setra terjualdi seluruh dunia sejak 1965. Ada model touring coach yang nyaman dan bus reguler yang banyak diminati. Setra juga mencatat 65 penghargaan internasional, yang terbaru diraih dari Red Dot Award. Setra TopClass dan ComfortClass touring coach meraih Product Design Award.



Para insiyur di Ulm, Jerman, markas besar Setra, mengawali upaya mereka dengan membangun sebuah bus berkonsep self-supporting touring coach. Lalu lahirlah S 8. Selama perjalanannya sejak lahir dari rahim Kässbohrer Fahrzeugwerke, S 8 cukup diminati. Ada 10 seri model yang diproduksi sejak diperkenalkan untuk pertama kalinya.

Dari model S 8 inilah diambil nama Setra yang merupakan kepanjangan dari kata “selbsttragend” dalam bahasa Jerman. Selbsttragend yang dalam bahasa Inggris berarti self-supporting mengusung konsep bus dengan mesin yang mendukung bodi. Gampangnya, bus bermesin belakang dengan direct rear-axle. Model S 8 pertama kali dipamerkan International Motor Show di Frankfurt. “Kesepuluh model itu termasuk touring coach, bus reguler dan varian bus komuter. Huruf S masih digunakan sebagai penanda brand Setra,” begitu bunyi rilis Setra.



Di era 1960-an, perkembangan produk Setra berlanjut. Ada Setra 100 yang diluncurkan tahun 1967. Ada lima model Setra 100 yang diproduksi. Transisi model Setra 10 ke Setra 100 mencerminkan langkah maju pabrikasi bus yang di Kässbohrer. Dalam sejarahnya Setra 100 membukukan sembilan model selama dipasarkan. Ciri khas yang melekat pada bus ini adalah angular shape pada bodi bus yang menawarkan kenyamanan baru di era-nya. Kabin penumpang lebih lega dan ketinggian kabin membuat penumpang leluasa bergerak berkat langit-langit yang tinggi.

Setra seri 200 lahir tepat saat pabrikan itu merayakan ulang tahunnya ke-25. Ada enam varian model berbeda dari seri 200 ini, yang menandai perjalanan baru teknologi yang mereka usung. Pada Setra 200 penggunaan disc brake di axle depan diperkenalkan sebagai standar untuk bus.



Setiap model yang diproduksi Setra boleh dibilang mewakili dekade sejarah mereka. Di tahun 1991 Setra 300 dengan desain baru kokpit pengemudi yang menjadi favorit di masanya. Integral mirror system yang dikembangkan menandai karakter seri 300, yakni desain kokpit pengemudi yang ergonomis yang membuat nyaman pengemudi.

Nah Setra 400, diperkenalkan pertama kali pada tahun 2001. Selama perjalanannya Setra mengedepankan dimensi baru desain touring coach. Pada model Setra TopClass 400 penumpang dan pengemudi mendapat garansi “topclass level” selama bepergian, alias dijamin nyaman naik bus ini. Total versi untuk Setra 400 mencapai 20 model. Dua versi untuk pasar USA dan dua versi untuk pengemudi di sisi kanan untuk model ComfortClass.

Generasi terakhir adalah Setra seri 500 memiliki tiga model. Dua model utama mereka, ComfortClass dan TopClass. Versi touring coach menjadi varian tertinggi di kedua model itu. Seri 500 ini juga memiliki model yang cocok dengan karakter bus komuter. Ada Setra MultiClass yang menawarkan nilai ekonomis dalam perawatan dan operasional. Konsep yang diusung seri terakhir keluarga Setra adalah cost-effectiveness, keamanan dan ekonomis.

 








Meski menawarkan rendahnya biaya yang terkait perawatan, Setra tetap mempertahankan produknya tetap ekslusif dengan platform yang dinamis dan fungsional. Setra TopClass dan ComfortClass pada model touring coach menawarkan beragam keunggulan selain body shape yang elegan. Konsep ruang yang lega memberikan beragam variasi tempat duduk, fitur kenyamanan, kokpit pengemudi ergonomis yang bisa disesuaikan dengan pengemudi serta atap panoramic yang menimbulkan sensasi perjalanan tersendiri.

Setra mendesain produknya untuk mengakomodir beragam kebutuhan dan keinginan operator bus di seluruh dunia. Cita rasa personal dari operator yang menjadi pelanggan Setra menjadi unsur penting desain bus Setra. Tak heran jika pabrikan yang dikenal dengan logo K itu menempatkan unsur individual dalam prioritas teratas saat mendesain bus yang dipesan pelanggan.




Prioritas ini juga tergambar pada versi seri 500 yang mengakomodir penumpang difabel. Mereka memiliki varian yang ramah penumpang difabel, yakni bus yang dilengkapi lift dan ruang khusus penumpang difabel. Mereka bisa naik dan turun dengan mudah meski lantai bus cukup tinggi. Setra menyedian versi ramah penumpang difable dalam semua varian modelnya. (naskah : mai/foto : daimler.com)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013