Sabtu, 24 Agustus 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
JETLINER SEMI HIGH DECK, RAMAIKAN ARUS MUDIK 2016
 
02 Juli 2016


(Jakarta – haltebus.com) Musim libur Idul Fitri tahun ini, semakin meriah dengan bus-bus terbaru dari sejumlah karoseri di Indonesia. Karoseri Rahayu Santosa tak mau ketinggalan memeriahkan musim libur kali ini. Mereka memperkenalkan varian baru Jetliner. ““Kami tak mengira tren bus dengan kaca ganda sangat diminati. Kami akhirnya mengkaji keinginan pasar dan lahirlah produk Semi High Deck dari Jetliner,” kata Manager Marketing PT. Rahayu Santosa Chrystianto Sutardi, dalam rilis yang diterima haltebus.com, Jumat (1/7/16).

Karoseri Rahayu Santosa merilis model Jetliner untuk varian High Deck tahun lalu. Perusahaan Otobus (PO) Putra Pelangi Perkasa menjadi perusahaan bus pertama yang menggunakan bus dengan tinggi 3,9 meter di Indonesia untuk melayani penumpang di Sumatera. Awalnya, model bus Jetliner yang diproduksi PT. Rahayu Santosa diproyeksikan untuk bus premium dan chassis bertenaga besar. Namun sejak diperkenalkan tahun lalu, minat perusahaan bus untuk membeli produk Jetliner cukup tinggi.

Sayangnya, hingga akhir tahun 2015, manajemen PT. Rahayu Santosa masih bertahan untuk memproyeksikan model Jetliner untuk chassis dengan Gross Vehicle Weight (GVW) 18 Ton atau lebih dan panjang 13,5 meter. Pada awal tahun 2016 seiring dengan banyaknya peminat, maka manajemen memutuskan membuat varian Semi High Deck. Varian ini dinilai sangat cocok untuk bus dengan GVW 15 – 16 Ton atau lebih. Bisa diaplikasikan untuk bus dengan panjang 12 meter. Bus juga bisa dioperasikan sebagai bus Antar Kota Antar Provinsi maupun Pariwisata.



Ada enam PO yang membangun busnya dengan model Jetliner Semi High Deck. Ada PO. Efesiensi, PO. Arimbi, PO. Marita dan PO. Sinar Jaya menjadi PO gelombang pertama, pelanggan PT. Rahayu Santosa, yang mengaplikasikan di atas chassis Hino R-260 RK8JSKA – NHJ dan Hino RN-285 RN8JSKA – SJJ. Sementara ada dua perusahaan bus lagi, PO. Nuansa Ilham dan PO. Larasati, yang mengaplikasikan Jetliner Semi High Deck di atas chassis Mercedes-Benz OH-1526. Sekira 35 unit bus Jetliner Semi High Deck akan meramaikan arus mudik dan arus balik tahun ini.

Chrystianto berharap bus-bus Jetliner Semi High Deck yang mulai beroperasi selama arus mudik Idul Fitri tahun ini bisa menemani perjalanan pemudik. Sebagai bus premium, menurut Chyrstianto, Jetliner Semi High Deck memiliki keunggulan. PT. Rahayu Santosa menjadikan faktor keamanan dan kenyamanan sebagai standar utama produk-produk busnya. “Secara umum, kami sudah menguji kestabilan bus saat bermanuver, hasilnya cukup baik. Tidak limbung,” ujarnya.

Kenyamanan dan kestabilan produk Jetliner diakui oleh Kepala Operasional PO. Nuansa Ilham, Indra Permana. Menurut dia, bus tidak terasa limbung dan mudah pengendaliannya saat bermanuver. Ketinggian bus tidak berpengaruh saat berbelok. “Kualitas Karoseri RS sudah kami uji sebelumnya, kami cocok dengan produk RS, karena itu kami memilih mencoba Jetliner SHD untuk Mercedes-Benz OH-1526 kami,” ujarnya.

Pilihan manajemen PO. Sinar Jaya untuk membuat Jetliner Semi High Deck mendapat beragam tanggapan dari penggemar bus yang juga pelanggan setia PO itu. Mereka bertanya-tanya sejak bus pertama masih dalam proses pengecatan hingga masuk garasi di Cibitung beberapa hari lalu.

Antusiasme juga terasa di antara pelanggan PO. Efesiensi. Sejak tiga unit armada operator bus yang berbasis di Kebumen ini meluncur dari Karoseri Rahayu Santosa, hingga tiba di Kebumen, tidak sedikit penggemar bus yang mengabdikannya.

Terobosan Karoseri Rahayu Santosa, cukup elegan dengan mengakomodir tren kaca ganda untuk bus dengan GVW 15-16 Ton. Peluang pasar di kelas ini cukup potensial, mengingat masih banyak operator bus yang membeli chassis bus bertenaga maksimal hingga 260 HP itu. Apalagi populasi bus bertenaga 360 HP ke atas yang menjadi proyeksi Jetliner di awal kelahirannya tak sebanyak bus-bus bertenaga 260 HP. Penyebabnya, selisih harga antara bus kelas 360 HP dengan 260 HP sangat jauh, antara Rp. 400 – 600 juta. (naskah : mai/foto : dok Karoseri Rahayu Santosa)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013