Sabtu, 24 Agustus 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
POSKO SIAGA MUDIK DARI PABRIKAN BUS MULAI BEROPERASI
 
03 Juli 2016


(Jakarta – haltebus.com) Mulai 1 Juli lalu, dua pabrikan chassis bus yang mendominasi populasi bus di Indonesia menggelar progam posko mudik lebaran. Selama arus mudik maupun balik saat musim libur mereka menyediakan jasa perawatan dan servis ringan di jalur pemudik. “Kami bersedia dan siap untuk memastikan kenyamanan dan keselamatan para penumpang bus Mercedes-Benz selama masa liburan,” kata Managing Director of Marketing, Sales, and Aftersales Commercial Vehicle Mercedes-Benz Indonesia Ralf Kraemer dalam siaran persnya, Jumat (2/7/16).

Program yang diberi nama Lebaran Rescue 2016 Mercedes-Benz dimulai pada 1 – 12 Juli 2016. Mercedes-Benz Indonesia menyiapkan tiga posko dan bengkel siaga dari tiga dealer di Pulau Jawa. Untuk posko tersedia di RM Kedung Roso, Brebes, Sumber Alam Adventure Center, Kutoarjo dan RM Sendang Wungu, Weleri. Sementara bengkel dealer yang siaga 24 jam meliputi PT. Citrakarya Pranata (Bandung), PT. Hartono Raya Motor (Semarang) dan PT. Kalimas Arubu Indonesia (Yogyakarta).

Selama program Lebaran Rescue, Ralf menyebutkan, ada 46 teknisi yang siap memberikan bantuan perbaikan jika pemilik armada mengalami masalah di perjalanan. “Kami siap dimanapun para pelanggan kami membutuhkan dan kami berkomitmen untuk memberikan layanan yang terbaik,” ujar dia.



Tim Lebaran Rescue 2016 dilepas oleh Vice President Commercial Vehicle Services, Technic and Tranning Mercedes-Benz Indonesia, Eko Setiyodiwarno di pusat layanan purna jual Mercedes-Benz Indonesia di Ciputat. Meski bertugas untuk kendaraan komersial, Eko berpesan agar tim teknisi yang diterjunkan di Posko Lebaran Rescue 2016 juga membantu jika ada kendaraan penumpang yang singgah. “Kalo sekedar kerusakan ringan tolong dibantu, jika tidak bisa membantu agar pelanggan disarankan menghubungi dealer terdekat,” katanya.

PT. Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) juga menggelar program Posko Mudik Hino 2016. Mereka menggelar posko di 11 titik di Sumatera dan Jawa. Di Jawa Posko Mudik Hino 2016 ada di Pantai Utara dan Pantai Selatan. Di Pantai Utara ada di RM. Simpang Merak, Merak, Banten, RM. Taman Sari Rest Area Km. 102 Tol Cipali Subang, RM. Aroma, Losari, Cirebon, RM. Luwes Pemalang dan RM. Mekar Sari, Weleri, Kendal. Sementara di Pantai Selatan ada di RM. Barokah, Nagrek, Bandung, RM. Lestari, Kebumen dan RM. Duta Ngawi. Posko Mudik di Sumatera ada di RM. Tiga Saudara, Indralaya, Palembang, RM. Siang Malam, Kalianda, Lampung Selatan serta PT. HMSI cabang Medan.

Selama 1 – 10 Juli di Posko Mudik Hino 2016 ada layanan servis darurat, konsultasi gratis dan pemeriksaan gratis kendaraan Hino. Tawaran lain yang menarik adalah potongan harga hingga 50% untuk suku cadang tertentu. Mereka menyediakan suku cadang yang sifatnya mendesak seperti V Belt, engine oil, hub bolt, brake/clutch fluid, dan power steering fluid. PT. HMSI menyiagakan mekanik yang handal dan terlatih dengan peralatan mumpuni untuk melayani armada bus dan truk Hino yang mengalami kendala di perjalanan.

Menurut President Director PT. HMSI, Hiroo Kayanoki, program selama musim liburan Idul Fitri ini adalah bentuk Total Support yang menjadi motto mereka. PT. HMSI, kata dia, ingin menunjukkan dukungan penuh operasional pada pemilik armada Hino agar mencapai keuntungan maksimal. “Diharapkan para pengemudi bus Hino dapat memanfaatkan posko ini karena kami memberikan pengecekan dan konsultasi gratis bus Hino, sehingga kendaraan mereka lebih terjamin dan dalam kondisi yang baik,” kata Hiroo.

Hiroo menambahkan, layanan ini tidak hanya mendekatkan Hino kepada pemilik armada, tetapi juga kepada penumpang yang juga pengguna bus Hino. “Inti dari layanan dan program PT. HMSI adalah untuk memberikan rasa aman dan nyaman mudik kepada pemudik yang menggunakan bus Hino agar mereka bisa selamat sampai di tujuan untuk berlebaran di kampung halaman bersama keluarga,” ujarnya.

Senior Executive Service and Sparepart PT. HMSI Irwan Supriyono menjelaskan, sejak dimulai pada tahun 2010, jumlah kendaraan yang mendatangi posko meningkat. Di tahun pertama, dengan tujuh posko tercatat ada 329 kendaraan dari 33 pelanggan pemilik armada. Di tahun berikutnya, dengan jumlah posko yang sama, tercatat 618 posko milik 184 pelanggan. Tahun ini diperkirakan akan meningkat sembilan persen dari 1.191 armada yang tercatat masuk di tahun 2015, total target 1.302 unit. “Banyak kendala teknis yang kami bantu, mulai pengecekan standar dan pengereman gratis, kopling susah masuk sehingga perlu penyetelan gigi, sampai masalah sistem elektrik,” katanya.

Layanan purna jual pabrikan bus tak ingin ketinggalan dibandingkan produk otomotif lainnya. Meski populasinya kalah dibandingkan kendaraan pribadi, bus sebagai angkutan umum masih menjadi alat transportasi favorit bagi sebagian kalangan. Memberikan pelayanan yang terbaik bagi pengguna akhir, menjadi tujuan dua pabrikan dari dua berbeda ini agar mereka bisa menjaga kepercayaan pelanggannya.

Seperti yang diungkapkan oleh Sales and Promotion Director PT. HMSI, Santiko Wardoyo, “Keadaan saat ini memang belum menggembirakan, tetapi kami harus bergerak. Kami harus bersiap jika sewaktu-waktu terjadi lonjakan permintaan.” Pernyataan Santiko cukup wajar mengingat pemerintah tengah menggenjot pembangunan infrastruktur dan mengkampanyekan agar masyarakat mau berpindah ke angkutan umum. (naskah : mai/foto : mai)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013