Kamis, 24 Oktober 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
MEMBUKA PELUANG MELALUI KOMUNIKASI
 
13 Agustus 2016


(Tangerang Selatan – haltebus.com) Banyak cara dilakukan pabrikan otomotif untuk menggaet pelanggan. Kuncinya ada pada komunikasi dan mengimplimentasikan keinginan pelanggan. Cara ini ditempuh PT. Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) untuk memanjakan pelanggan dalam filosofi Total Support. Mereka mengundang sejumlah pelanggan potensial untuk memperkenalkan produk dan bertukar pikiran dalam sebuah acara yang santai di arena Gaikindo Indonesia International Auto Show 2016, di ICE, Tangerang Selatan, Kamis (11/8/16).

Ada beberapa operator bus yang hadir dalam acara itu. Ada PO. Lorena, PO. Anugrah Mas (Agramas), PO. Pahala Kencana, PO. Garuda Mas, DAMRI, PO. Manhattan dan Cititrans. Operator-operator bus diperkenalkan kembali dengan produk-produk Hino Indonesia dalam sebuah presentasi. Line up produk mulai dari kelas medium yang diwakili Hino Dutro, hingga bus besar seperti tipe AK-8 A-215, RK8 R-260, RN-285 dan Hino RK-CNG serta tipe terbaru di kelas medium-large, Hino FC 190. Semua tipe bus yang mewakili masing-masing segmen berbeda yang dilayani operator bus yang diundang PT. HMSI.

Selama acara, terjadi dialog interaktif yang santai. Perwakilan DAMRI misalnya tertarik menggali informasi tentang Hino CNG. “Bus Hino CNG bisa menghabiskan berapa LSP (liter setara premium/bensin)? Beberapa bulan ini kami mengujicoba bus berbahan bakar gas, dan ternyata cukup irit,” ujar Senior Manager Rekayasa Teknik, Direktorat Teknik DAMRI, Kadar Sungkawa.


  
 






Kadar mengaku selama beroperasi bus berbahan bakar CNG bisa menekan ongkos operasional. Jika Hino memiliki bus berbahan bakar CNG, menurut dia, perawatannya akan lebih mudah. Karena itu, dia tertarik mengetahui lebih jauh detil terkait Hino RK-CNG. “Baik pak untuk detilnya nanti kami akan menjelaskan di kantor bapak,” ujar Senior Executive Fleet and Mining PT. HMSI, Irwan D. Sutanto.


Acara yang dikemas Divisi Marketing and Sales PT. HMSI cukup santai. Presentasi tak lebih dari 45 menit, selebihnya undangan diajak santai melilhat produk bus Hino di booth Karoseri Adiputro dan booth Karoseri Laksana. Di kedua booth itu hadir produk Hino FC 190 dan Hino RK8 R-260 serta Hino RN-285. Mereka melihat dari dekat produk yang berbalut dua model bodi yang berbeda.



Diskusi santai dan saling bertukar informasi mengalir baik sesama undangan maupun antara PT. HMSI bersama undangan. Tak hanya mengakrabkan tim PT. HMSI dengan pelanggan yang hadir, tetapi juga menghubung antar pelanggan sehingga peluang untuk berkembang bersama bisa terwujud. Acara semacam ini, menurut Irwan D. Sutanto memang baru pertama kali mereka lakukan untuk pelanggan bus, sebelumnya mereka menggelar acara sejenis untuk pelanggan truk.

President Director PT. HMSI, Hiroo Kayanoki ikut mendampingi pelanggan saat makan malam bersama. Pimpinan tertinggi PT. HMSI ini berinteraksi langsung dengan para pelanggannya secara santai. Di akhir acara Hiroo membagikan souvenir menarik untuk setiap undangan yang hadir. Sebuah miniatur bus Selega lengkap dengan nama masing-masing bus yang milik undangan yang hadir.

Secara terpisah, Sales and Promotion Director PT. HMSI, Santiko Wardoyo mengungkapkan, karakter pelanggan di Indonesia cukup unik. Sebuah produk bisa terdongkrak naik jika secara operasional sudah dinilai menguntungkan. “Kalo sudah ada yang coba, trus mereka bisa merasakan nanti kan pasti ada yang tanya-tanya dari kiri-kanan. Nah yang tanya ini kalo tahu ada yang menguntungkan baru mereka coba,” ujar dia.

Membuka komunikasi ke berbagai arah di antara pelaku usaha transportasi memang tengah di bangun pabrikan-pabrikan bus. Beberapa pabrikan yang kerap menggelar pertemuan antar pelanggan sudah merasakan manfaat mendapat informasi yang mereka peroleh dari pelanggan. Cara seperti ini juga cukup efektif menggali masukan terkait pengembangan produk yang cocok untuk pelanggan. Apalagi di era informasi yang terbuka dan serba berjalan cepat seperti sekarang. (naskah mai/foto : mai/ dok. PT. HMSI/aris arianto)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013