Sabtu, 24 Agustus 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
KAROSERI ADIPUTRO MULAI LIRIK BUS KOTA
 
14 Agustus 2016


(Tangerang Selatan – haltebus.com) Karoseri Adiputro terkenal dengan bus-bus coach (penjelajah), baik untuk bus wisata maupun bus antar kota kini mulai mengembangkan pasarnya. Mereka memamerkan bus konsep baru di pasar yang belum pernah mereka garap sebelumnya. Salah satu bus yang dibawa dari Malang adalah Jetbus2+ M versi bus kota. Di lambung bus terdapat tulisan Jetbus City Bus. “Kami mencoba menawarkan konsep bus kota dengan basis Hino FC 190," ujar Manager R & D Karoseri Adiputro, Eko Widianto kepada haltebus.com, Jumat (12/8/16).

Menurut Eko, mereka mencoba menawarkan konsep bus kota yang nyaman. Rangka dasar dan eksetrior bus kota mengambil konsep Jetbus 2+ Medium. Kesan mewah yang melekat pada Jetbus 2+ Medium terasa kental untuk ukuran bus kota. Namun, tak mengurangi fungsi yang diperlukan untuk mengangkut penumpang dalam jumlah banyak dan mobilitas penumpang keluar-masuk bus yang tinggi. Ada layar LCD yang bisa digunakan untuk penunjuk jurusan bus cukup lebar dengan tulisan yang mudah terbaca dari jarak jauh, memudahkan penumpang mengenali jurusan bus.

Kapasitas duduk ada 29 penumpang. Sementara ada ruang yang cukup lapang untuk lalu-lalang penumpang yang bisa menampung sedikitnya 10 penumpang berdiri. Meski bus kota medium-large yang dipamerkan baru pertama kali mereka buat, lay out bagian dalam bus cukup tertata dengan baik.

Pintu pneumatic yang dikontrol dari dashboard pengemudi, diikuti dengan anak tangga yang cukup nyaman dilalui untuk naik dan turun. Di kabin penumpang, rata-rata tinggi orang dewasa Indonesia bisa dengan mudah masuk. Pegangan baik besi maupun yang pegangan bergantung mudah dijangkau. Ada beberapa pegangan vertikal yang terdapat mulai dari pintu depan hingga ke belakang. Eko dan tim-nya merancang alur penumpang naik dari depan ke belakang.

Bus Karoseri Adiputro menawarkan area khusus yang bisa digunakan sebagai tempat pemasangan iklan di dalam bus. Yang cukup menarik dari desain Karoseri Adiputro adalah adanya ruang terbuka, mirip ruang bagasi pada bus-bus pengangkut penumpang dari pesawat ke terminal di bandara. Spesifikasi bus kota dan bus bandara memang memiliki banyak persamaan.

Spesifikasi yang ditampilkan Karoseri Adiputro memang belum sepenuhnya sama dengan konsep bus kota modern yang diadopsi bus-bus kota di Indonesia. Namun, setidaknya dengan menggelar model bus kotanya Adiputro sudah mendeklarasikan siap menyediakan kebutuhan bus untuk mobilitas warga kota. “Permintaan memang ada, kami siap untuk menyediakan beragam jenis kebutuhan transportasi, khususnya bus ya. Kalau ada kesempatan untuk bus kota mengapa gak kami coba?” ujar David Jethrokusumo dari Karoseri Adiputro.



Seperti diketahui, pesanan bus kota beberapa tahun terakhir meningkat seiring dengan kebutuhan perkotaan. Program pengadaan dari pemerintah melalui Kementerian Perhubungan menyundul angka 3 ribu unit. Sementara kebutuhan PT. Transjakarta yang menjadi operator dan regulator bus kota Jakarta di bawah Pemprov DKI Jakarta juga berkirsar di angka yang sama. Dalam sebuah kesempatan Direktur PT. Transjakarta Budi Kaliwono mengaku tengah menyusun angkutan perkotaan bersama Dinas Perhubungan dan Tranportasi DKI Jakarta. “Angkutan kota ditata ulang ada penggantian bus medium dengan ukuran yang lebih besar,” katanya.

Kebutuhan penataan jaring transportasi kota di Indonesia sangat besar seiring dengan perkembangan wilayah perkotaan dan pembangunan infrastruktur. Di Pulau Jawa dan Sumatera misalnya, saat jalan tol sudah menghubungkan kota-kota besar, maka kendaraan pribadi akan membanjiri daerah perkotaan karena waktu tempuh menjadi lebih singkat. Ketersediaan angkutan umum bisa menjadi alat utama untuk mengurangi kemacetan di perkotaan. Provinsi DKI Jakarta melakukan pendekatan penataan jaringan transportasi kota sebagai salah satu cara mengurangi kemacetan dan melayani warga kotanya lebih baik. (naskah : mai/foto : mai)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013