Senin, 22 April 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
ANOMALI POSITIF PENJUALAN HINO DI SEMESTER PERTAMA 2016
 
05 September 2016


(Jakarta – haltebus.com) Penjualan Hino Indonesia di tahun 2016 mulai menunjukkan hasil menggembirakan. Setidaknya dari ahsil semester pertama, penjualan Januari – Juli 2016 PT. Hino Motors Sales Indonesia menbukukan angka 11.913 unit yang terjual untuk beragam kelas baik truk maupun bus. “Hasil gemilang ini paling banyak disumbang oleh performa penjualan Maret 2016 yang naik 13,45 persen jika dibandingkan bulan sebelumnya,” demikian rilis yang diterima haltebus.com, Selasa (30/8/16).

Pada Februari lalu, Hino menjual 1.517 unit, sedangkan Maret naik menjadi 1.721 unit. Hino berjaya di segmen light duty truck. Hino Dutro masih menjadi penyumbang penjualan paling besar bagi HMSI pada tujuh bulan pertama tahun ini dengan penjualan mencapai 6.476 unit. Hino Dutro 130 HD 6.8 PS menjadi tipe paling laris dengan kontribusi 42.67% terhadap penjualan Hino Dutro keseluruhan atau terjual 2.763 unit. Hino Dutro 130 HD 6.8 PS merupakan truk 6 roda dengan GVW 8.25 Ton, truk yang biasa digunakan untuk dump truk. Di segmen ini, pelanggan utamanya terkait transportasi kelapa sawit, pengangkutan pasir, batu dan bahan bangunan lainnya atau pengangkutan batu bara di jalan raya.

Dari sisi market share, Hino Dutro selama Januari – Juli 2016 mencatat 22% market share atau berhasil merangsek naik dari periode yang sama di tahun sebelumnya sebanyak 17,5%. PT. HMSI mengklaim inilah rekor market share tertinggi selama sejarah penjualan, yang berhasil mereka capai di tahun ini. Pada Juli lalu, Hino Dutro berhasil memperoleh 27% market share. Padahal, jika dilihat dari data Gaikindo (Gabungan Industri kendaraan Bermotor Indonesia) pasar light duty truck selama Januari – Juli 2016 mengalami penurunan sebesar 20.19%. Periode yang sama tahun 2015, di kelas ini dalam catatan Gaikindo terjual 36.468 unit kendaraan, turun menjadi 29.104 unit di tahun 2016.

“Terdapat anomali untuk Hino Dutro yang terus tumbuh dan naik market share-nya ketika pasar mengalami penurunan, tentunya hal ini tidak terlepas dari kerjasama yang kuat dan saling membantu antara Hino dengan seluruh pelanggan kami”, kata Director of Sales and Promotion PT. HMSI, Santiko Wardoyo. “Kami gembira dengan hasil ini,” lanjutnya.

Nah bagaimana dengan catatan penjualan bus Hino? Hino mengklaim masih menguasai pasar dengan catatan penjualan 635 unit. Untuk segmen bus ini Hino merajai dari total penjualan secara nasional, pada Januari – Juli 2016. Bus Hino meraih 72,32% pangsa pasar dari total penjualan nasional bus yang terjual 878 unit.




Apa tipe bus yang terlaris dari Hino? Apalagi kalau bukan Hino R 260 menjadi model terlaris. Tipe ini menjadi penopang buku penjualan bus Hino paling besar. Angkanya mencapai 71% atau setara dengan 448 unit. Di tahun 2014 – 2015 Hino tercatat memasok sedikitnya 600 unit bus untuk Kementerian Perhubungan.


Keunggulan Hino R 260 dibandingkan tipe-tipe yang lain adalah, selain bermesin belakang bus ini bisa juga diandalkan menjadi transportasi antar kota maupun dalam kota. Rentang kapasitas tempat duduk hingga 59 tempat duduk memungkinkan dua fungsi pada bus yang juga kerap disebut Hino RK8J itu.

Saat pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show 2016, pertengahan Agustus lalu, Santiko dan timnya gencar melakukan promosi. Agenda pemasaran itu sudah sangat rapi disusun oleh PT. HMSI. Menurut Santiko, mereka harus bekerja keras mempertahankan angka penjualan di tengah lesunya perekonomian Indonesia. Saat itu, dia menyatakan masih optimistis dengan target yang ingin dicapai PT. HMSI di akhir tahun.

Tak disangka, di catatan perjualan semester pertama mereka berhasil membukukan rekor “anomali” yang positif. Selama beberapa tahun terakhir Hino Indonesia menggenjot program Total Support untuk pelanggannya. Secara rutin mereka juga menggelar kontes dealer dan pelatihan-pelatihan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. “Kami bersyukur di kondisi pasar yang belum stabil masih dapat kepercayaan yang tinggi dari masyarakat Indonesia, ini terbukti Hino masih menjadi market leader dan dapat membukukan penjualan yang cukup baik untuk truk sedang dan bus,” ujar Santiko. (naskah : mai/foto : mai/dok.haltebus.com)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013