Jumat, 15 Desember 2017 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
MAJELIS ULAMA MALAYSIA TERIMA BANTUAN BUS SURAU BERGERAK
 
16 Oktober 2016


(Jakarta – haltebus.com) Jabatan Agama Islam Wilayah Persekutuan (JAWI) Malaysia menerima bus unik dari Bank Rakyat Malaysia di Taman Ekspo Agro Pertanian Malaysia Serdang (MAEPS), Minggu (2/10/16). Bus ini dinamai Surau Bergerak. Dari sebutannya kita bisa mengetahui bahwa bus ini difungsikan sebagai musholla bergerak yang bisa ditempatkan dimana pun dibutuhkan.

Kepada kantor berita BERNAMA, Pengarah (ketua) JAWI, Paimuzi Yahya mengungkapkan beroperasinya bus surau bisa memenuhi kebutuhan umat Islam menjalankan ibadahnya di tempat-tempat keramaian. “Sumbangan ini merupakan satu inovasi yang memudahkan umat Islam menunaikan solat, di samping mendidik masyarakat kepentingan menunaikan solat lima walau di mana juga mereka berada,” katanya.

Bus diserahkan Menteri Perdagangan Dalam Negeri, Koperasi dan Kepenggunaan Datuk Seri Hamzah Zainudin yang mewakili Bank Rakyat kepada Pengarah JAWI Paimuzi Yahya. Penyerahan itu juga disaksikan Perdana Menteri Datuk Seri Najib Tun Razak dan Timbalan (Wakil) Perdana Menteri Datuk Seri Dr Ahmad Zahid Hamidi. Penyerahan bus juga dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1438 Hijriah yang jatuh pada 1 Oktober 2016.

Fasilitas apa saja yang terdapat di dalam bus surau itu? Kabin bus tidak dilengkapi kursi atau beragam fasilitas yang ada pada bus umumnya. Bus dibiarkan lowong hanya dialasi kapret dasar dan sajadah. Pendingin udara di dalam bus juga menambah kenyamanan jemaah saat melaksanakan solatnya. Untuk menentukan arah kiblat, bus juga dilengkapi dengan kompas. Posisi parkir bus disesuaikan dengan arah kiblat agar memudahkan solat jamaah di dalam bus.

Untuk keperluan wudhu, dua ruang bagasi yang ada di bawah kabin penumpang dilengkapi dengan tangki air yang panjang. Ada tiga keran air di tiap pintu bagasi yang juga dilengkapi dengan plat besi untuk sandaran kaki saat berwudhu.

Dalam operasionalnya, ada seorang pemandu yang dibantu dua orang staf yang mengenola bus surau. Mereka yang akan membantu jamaah saat menjalankan solat di dalam bus yang berkapasitas 40 orang itu. Mereka juga menyiapkan peralatan audio yang bisa digunakan untuk solat berjamaah di luar bus.

Paimuzi mengatakan, sumbangan itu diyakini mampu membantu menyelesaikan isu kekurangan ruang surau atau ruang solat ketika berlangsungnya acara berskala besar. Dia melihat di saat ada keramaian dalam sebuah acara seperti pameran, ada yang terpaksa berebut tempat untuk menunaikan solat.

“Hari ini baru penyerahan secara simbolik saja, selepas ini kami akan berbincang mengenai jadwal perjalanan dan waktu pengoperasian bus ini sebelum mengumumkan kepada khalayak melalui laman web JAWI. Namun saat ini siapapun bisa bertanya segala hal tentang surau bergerak kepada Bahagian Pengurusan Masjid, JAWI,” ujar Paimuzi lagi.

Paimuzi berharap, dengan adanya sumbangan dari Bank Rakyat ini, akan lebih banyak lagi pihak-pihak yang memberi sumbangan surau bergerak. Tentunya, kata dia, bertambahnya bus surau bergerak dapat memudahkan umat Islam menunaikan solat. (naskah : mai/foto : bernama.com/paultan.org/utusan.com.my)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013