Kamis, 14 November 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
KETIKA DEALER HINO BERKOMPETISI TINGKATKAN PELAYANAN
 
01 Desember 2016


(Jakarta – haltebus.com) Berlomba-lomba meraih kepercayaan pelanggan ternyata tak hanya sekedar menjadi kompetisi antar pabrikan. PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) memacu kompetisi antar dealer-nya untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dengan melakukan inovasi dan pengembangan berkesinambungan. Pertengahan November lalu, pabrikan asal jepang ini menggelar Customer Satisfaction Contest.

Ajang tahunan ini menjadi barometer pengingkatan kualitas pelayanan pelanggan yang dilakukan oleh dealer. “Inti acara ini adalah bagaimana kami bisa mengaplikasikan konsep Total Support yang ujungnya bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap produk dan pelayanan kami,” kata Sales and Promotion Director PT. HMSI, Santiko Wardoyo di sela-sela CS Contest, Rabu (16/11/16).

Kontes yang diikuti oleh 350 peserta dari 34 dealer Hino di seluruh Indonesia memperebutkan tempat yang terbaik di sembilan kategori. Kesembilan posisi pelayanan itu antara lain : Salesman light duty truck, Salesman medium duty truck, Service advisor, Mekanik, Customer Care Officer, Fleet Part Salesman, Warehouse, Hoyu Manager dan Field Advisor. Tahun ini ada kategori baru, yakni Hoyu Manager. Semua pekerjaan yang diperlombakan dalam sembilan kategori ini dinilai dengan standar Hino.



Hadiah yang disediakan PT. HMSI cukup menarik yakni perjalanan ke luar negeri dan juga uang tunai. President Director PT. HMSI, Hiroo Kayanoki mengatakan, Hino berkeyakinan untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan, diperlukan tenaga kerja yang handal dan terpercaya. “Aktivitas pengembangan sumber daya manusia sangat lah penting dilakukan secara berkesinambungan oleh Hino bersama seluruh dealer disini.” katanya.

Sebelum menetapkan standar pelayanan, menurut Senior Executive Officer After Sales PT. HMSI, Irwan Supriyono mereka melakukan survei ke pelanggan. Beberapa pelanggan diambil sebagai sample untuk menilai tingkat kepuasan mereka. Masukan-masukan itu kemudian diformulasikan tim PT. HMSI menjadi standar yang bisa menyamakan aspek pelayanan. “Kita jalan ke pelanggan, dari sana muncul berbagai informasi. Misalnya, pelanggan ternyata ada yang tidak diberitahu tentang program-program purna jual, puaskah mereka dengan pelayanan yang ada dan sebagainya,” ujar Irwan.

Menurut Irwan, pelayanan yang baik di tangan dealer menjadi modal Hino Indonesia meraih kepercayaan pelanggan. Pemahaman tentang produk dan program-program untuk memberikan jaminan keandalan produk, kata dia, menjadi sangat penting. Salah satu konsep yang menjadi jargon penjualan Hino Indonesia adalah Maksimun Profit. Dia menjelaskan, pendapatan maksimum pelanggan hanya bisa didapatkan dengan mengikuti panduan yang mereka keluarkan sebagai pabrikan. Termasuk beragam kemudahan yang ditawarkan PT. HMSI, seperti ketersediaan suku cadang, servis yang memuaskan dan respon yang cepat dari dealer sebagai ujung tombak mereka.

Dalam kontes tahun ini PT. Gita Riau Makmur meraih penghargaan tertinggi untuk Total Support (Sales, Sparepart and Service). Nilai rata-rata yang diraih di dealer asal Riau itu di seluruh kategori cukup tinggi. Mereka juga menjadi pemenang pertama untuk kategori Hoyu Manager. PT Duta Cemerlang Motors gagal mempertahankan piala bergilir untuk penghargaan tertinggi dalam kompetisi ini.

Selain PT. Gita Riau Makmur, ada delapan dealer yang juga mendapat penghargaan untuk delapan kategori lain. Pemenang Customer Care Officer diraih PT Persada Lampung Raya, Field Advisor diraih PT Maya Graha Indah dan Fleet Part Salesman diraih PT Mitra Pratama Mobilindo. Untuk kategori Sales Advisor, PT Indomobil Prima Niaga Surabaya meraih yang terbaik, sementara Mekanik terbaik diraih PT Nenggaprarama Internusantara. PT Cemaco Makmur Corporatama meraih Warehouse terbaik, Salesman kategori 2 dan 3 direbut PT. Indomobil Prima Niaga Medan dan PT. Duta Cemerlang Motors.

Santiko Wardoyo berharap apa yang mereka lakukan bisa membantu pelanggan dalam mengoptimalkan armada-armada Hino yang dimiliki. Dia mengungkapkan, di tengah kondisi perekonomian Indonesia yang belum stabil, Hino akan terus mendukung pelanggannya meraih yang terbaik. Dia optimis, saat kondisi Indonesia lebih baik, PT. HMSI sudah siap dengan beragam layanan di semua lini. Salah satunya dengan mengoreksi kekurangan dalam pelayanan melalui kompetisi Customer Satisfaction ini. (naskah : mai/foto : mai/dok. PT. HMSI)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013