Rabu, 28 Juni 2017 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
VOLVO PERKENALKAN BUS BARU DI INDIA
 
12 Desember 2016



(Jakarta – haltebus.com) Volvo Bus memperkuat pasarnya di India dengan memperkenalkan tiga produk bus baru mereka di Pameran Busworld 2016 di Bangalore, India. “Volvo 9400 Baru untuk produk 12 meter coach, multi-axle 13,8 meter coach dan 14,5 meter coach,” demikian bunyi rilis yang diterima haltebus.com, (10/11/16).

Ketiga produk bus terbaru itu semuanya masuk kategori coach, penjelajah. Bus yang diproyeksikan untuk bus antar kota jarak menengah dan jauh ini mengusung konsep dengan kebutuhan berbeda.

Untuk produk Volvo 9400 dengan panjang 12 meter misalnya, dilengkapi mesin 8.000 cc yang diproduksi di India. Sementara bus yang meraih penjualan terbanyak, Volvo 9400 berpanjang 13,8 meter mengusung mesin 11.000 cc, naik dari yang sebelumnya hanya 9.000 cc. Nah, untuk model Volvo 9400 dengan panjang 14,5 meter mesin yang digunakan adalah mesin 11.000 cc yang di-upgrade menyesuaikan standar emisi BS-IV sesuai regulasi India. “Regulasi BS-IV akan mulai berlaku efektif pada April 2017,” demikian pernyataan Volvo Bus.

Peluncuran tiga model sekaligus ini juga menandai perjalanan Volvo Bus di India selama 15 tahun. Selama beberapa tahun merambah pasar di India, sedikitnya 6 ribu unit bus terjual. Dan Volvo Bus mengklaim, mereka telah memipin pasar bus di India. President Volvo Bus Corporation, Håkan Agnevall mengatakan, Volvo Bus selalu memposisikan diri untuk menyediakan produk dengan value yang tepat untuk pelanggan. Mesin yang disiapkan ini akan kompatible dengan regulasi batas emisi BS-IV yang berlaku mulai tahun depan. Mesin yang disesuaikan dengan rentang produk yang menjadi andalan Volvo Bus di pasar India akan dibuat di fasilitas modern di dekat Hosakote, Bangalore.

Meski Volvo Bus menyebutkan akan membuat mesin bus di fasilitas produksi di India, sayangnya belum diungkap apakah seri mesin yang digunakan sama atau berbeda. Dalam brosur yang tercantum di situs resmi Volvo Bus India, untuk Volvo 9400 multi-axle, disebutkan menggunakan mesin D9B 340 isi silinder 9.400 cc, dengan output 257 kW (340 hp) @ 1900 rpm. Sedangkan untuk Volvo 9400 dengan panjang 12 meter menggunakan D7E 290, 7.000 cc, dengan output 213 kW (290 hp) @ 2100 rpm.

“Mesin terbaru disiapkan dengan rentang produk yang ada, menjadi contoh yang baik bagaimana memposisikan India dalam rencana global Volvo Group. Langkah maju kami di India adalah menawarkan solusi terbaru yang akan membantu kepemilikan bus untuk para operator,” kata Håkan.

Volvo Bus membukukan penjualan 4.500 unit lebih bus kategori coach/penjelajah di India. Peredaraan bus-bus Volvo di negeri itu telah menghubungkan lebih dari 100 titik pemberangkatan di seluruh negeri. Rute-rute terbanyak dan menjadi kunci peredaran bus-bus Volvo ada di Mumbai-Pune, Bangalore-Chennai, Bangalore-Hyderabad, Bangalore-Jodhpur dan Jaipur-New Delhi.

Di Indonesia, bus Volvo pernah masuk di awal tahun 2000-an. Namun, beberapa unit bus yang sempat bersliweran di di jalan-jalan raya kini sudah mulai berkurang jumlahnya. Terakhir, hanya PO. Siliwangi Antar Nusa (SAN) yang masih mengoperasikan bus-bus Volvo untuk rute jarak jauh, antar pulau sepanjang 4.200 Km sekali jalan. Delapan bus Volvo PO. SAN yang ada, melayani rute Pekanbaru – Solo.

Belakangan, dari informasi yang diperoleh haltebus.com, pabrikan Volvo ingin mencoba kembali meneruskan apa yang pernah mereka rintis lebih dari 10 tahun lalu. Bulan lalu, sebuah chassis dilaporkan diuji kelaikannya untuk pasar di Indonesia. Dalam catalog elektronik Lembaga Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP), bus Volvo multi-axle (3-axle) ada dalam daftar yang tersedia untuk Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Sebuah sumber di Volvo Indonesia mengakui pihaknya tengah mempersiapkan chassis bus untuk dipasarkan di sini. Namun sayangnya dia menolak untuk memperincinya, “Nanti saja kalau semuanya sudah clear, pasti diinformasikan.” (naskah mai/foto : Volvo Bus)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013