Rabu, 28 Juni 2017 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
WOW, VOLVO LUNCURKAN BUS TERBESAR DI DUNIA
 
17 Desember 2016


(Jakarta – haltebus.com) Bus dengan daya angkut terbesar di dunia diluncurkan Kamis (24/11/16) di Rio de Janeiro, Brasil. Chassis bus terbesar iini diperkenalkan di pameran FetransRio. “Kami pemimpin pasar untuk sistem transportasi berkapasitas besar, Bus Rapid Transit (BRT), dan sekarang kami memperkenalkan chassis bus terbesar di dunia,” kata Head of Volvo Bus Amerika Latin, Fabiano Todeschini dalam rilis yang diterima haltebus.com.

Volvo Bus member nama Gran Artic 300 untuk bus gandeng terbaru mereka. Tipe bus bi-articulated ini memiliki panjang 30 meter dan dapat memuat hingga 300 orang penumpang untuk sekali angkut. Wow, jika klaim Volvo itu benar, artinya, satu bagian busnya mampu memuat 100 penumpang.

Bus panjang ini dikembangkan di Brasil dan dikhususkan untuk armada dalam sistem BRT. Permintaan untuk bus sistem BRT, yang berjalan pada jalur khusus itu cukup tinggi. Volvo Bus merancang kapasitas penumpang yang diangkut bisa mencapai 30 orang lebih dibandingkan dengan model pendahulunya.

Perancang bus bi-articulated Grand 300 mengasumsikan satu unit bus bi-articulated ini sama dengan tiga unit bus single standar. “Kendaraan ini mendukung sistem transportasi yang efesien, menawarkan kualitas yang lebih tinggi untuk penumpang dan meningkatkan efesiensi biaya untuk operator bus,” kata Todeschini lagi.

Langkah serius Volvo Bus untuk menghadirkan bus berkapasitas yang besar untuk mendukung sistem BRT tak tanggung-tanggung. Mereka juga memamerkan Super Artic 210. Bus gandeng jenis articulated alias satu sambungan itu memiliki panjang 22 meter dan bisa mengangkut penumpang hingga 210 orang. Volvo Bus merancang bus articulated besar ini dengan dilengkapi lima pintu yang memungkinkan pergerakan penumpang naik-turun dan di dalam bus lebih leluasa. “Bus ini hanya dibuat dalam versi tiga sumbu (3-axle),” demikian pernyataan tertulis Volvo Bus.



Volvo Bus menyatakan, mereka menjadi pelopor untuk pengembangan kendaraan untuk mendukung sistem BRT. Ini yang membuat mereka bisa terus memimpin pasar. Volvo Bus Amerika Latin telah menjual lebih dari 4 ribu unit bus untuk BRT di Curitiba, Bogotá, Guatemala City, Mexico City, Santiago de Chile dan San Salvador.

“Kami dengan bangga bisa mengatakan, bus terbesar di dunia adalah Volvo dan pengembangan produknya dilakukan di Brasil,” ujar Sales Engineering Coordinator, Volvo Bus Amerika Latin, Idam Stival.

Bus berkapasitas besar memang bisa menekan jumlah armada yang beroperasi di koridor BRT. Pengoperasian bus-bus berkapasitas besar juga menambah kecepatan rata-rata kendaraan di dalam koridor. Semakin banyak bus berkapasitas angkut besar, semakin jumlahnya dikurangi, semakin banyak juga emisi gak buang yang tereduksi.

Dalam catatan haltebus.com, Mercedes-Benz juga memiliki bus berkapasitas besar yakni Citaro Capacity L yang panjangnya 21 meter dan bisa mengangkut 191 penumpang. Bus ini berkonfigurasi empat sumbu roda. Dua sumbu menopang bagian belakang bus, dan dua sumbu lainnya di bagian depan. Bus itu beroperasi untuk pertama untuk kota Hamburg dan menjadi bus berkapasitas terbesar di Eropa Barat untuk sistem BRT. (naskah : mai/foto : volvobuses.com/wired.com)


Model Bus Gandeng Bus Volvo

Model Chassis :           Panjang :             Kapasitas Penumpang :
Artic 150                    18.6 m                        150
Artic 180                    21 m                           180
Super Artic 210           22 m                           210
Gran Artic 300             30 m                           300
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013