Rabu, 12 Agustus 2020 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
PLT GUBERNUR DKI JAKARTA : BUS WISATA AMAN, NYAMAN DAN NIKMAT
 
30 Desember 2016


(Jakarta – haltebus.com) Kamis (29/12/16) pagi, Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta Soni Sumarsono mencoba naik bus tingkat wisata yang dioperasikan PT. Transjakarta. Bersama puluhan guru honorer pria yang akrab Soni itu mengaku baru pertama kali naik bus tingkat wisata. “Ini baru pertama kali naik Transjakarta selama di Jakarta. Aman, nyaman dan nikmat. Saya dukung bus tingkat ini karena bus ini diadakan oleh swasta dan dibayarnya dengan kompensasi pasang iklan,” kata dia di sela-sela perjalanan.

Soni tak malu-malu mengakui terkesan dengan program PT. Transjakarta itu. Bus wisata yang dinaikinya adalah bus dengan rute Sejarah Kota Jakarta (History of Jakarta). Rute sehari-hari bus itu, dari depan Balaikota, bus ini menelusuri Jalan Medan Merdeka Barat terus ke Utara hingga kawasan kota tua Jakarta yang biasa disebut Jakarta Kota.

Soni dan rombongan berangkat dari Balaikota DKI, di Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Dia didampingi Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Budi Kaliwono dan Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta Andri Yansyah.

Menurut Soni, layanan wisata gratis ini merupakan salah satu layanan publik yang patut diapresiasi. Warga Jakarta bisa mendapatkan pengalaman baru melalui transportasi massal secara gratis. Layanan itu juga cocok untuk menghabiskan liburan akhir tahun bersama keluarga, berkeliling kota Jakarta. “Ini bagus, jadi gak ada APBD keluar untuk ini. Kedua, ini digratiskan untuk pariwisata. Kurangnya, TV supaya ada musik jadi orang bisa enjoy,” kata dia sumringah.

Dalam perjalanan, Budi Kaliwono mengatakan, saat ini bus Jakarta Explorer telah memiliki tiga rute wisata. History of Jakarta, Jakarta Modern dan Jakarta Skycreapers. Khusus pada Sabtu malam, bus Jakarta Explorer juga melayani rute Art & Culinary hingga pukul 24.00 WIB. “Terima kasih sudah mencoba layanan bus kami. Ini adalah layanan publik gratis bagi rakyat Jakarta. Kami ingin membuat warga Jakarta menjadi lebih baik,” kata Budi.

Dalam kesempatan itu, Budi mengungkapkan, sampai akhir tahun ini 2016 PT. Transjakarta menargetkan bias memiliki 25 unit bus tingkat. Lima unit bus milik PT. Transjakarta dan 20 unit lainnya kontribusi perusahaan swasta untuk mendukung program bus wisata gratis. Dari 25 unit yang ditargetkan itu, lanjut Budi, bus yang sudah beroperasi ada 19 unit, empat unit bus masih dalam proses pengurusan surat dan dua unit lainnya dalam proses serah terima.

PT. Transjakarta, menurut Budi masih tetap menargetkan jumlah bus wisata bias mencapai 40 unit. Meski terlihat tidak banyak, namun dalam reaslisasinya tidaklah mudah. Dia menyebut kendala dalam pengadaan bus wisata antara lain, kedatangan chassis dan proses pembuatan di karoseri yang memakan waktu.

Namun, Soni yang terlihat antusias sepanjang perjalanan mengaku senang dengan program yang telah dijalankan PT. Transjakarta. “Saya dukung, lanjutkan dengan pelayanan yang tetap ramah. Kita bikin pelayanan Jakarta yang ramah,” begitu kata dia mengomentari pelayanan yang ada. (naskah : mai/foto : mai/dok. transjakarta)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013