Rabu, 28 Juni 2017 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
SCANIA RESMIKAN PABRIK PREMIUM BUS DI CHINA
 
03 Januari 2017


(Jakarta – haltebus.com) Pabrikan chassis bus asal Swedia, Scania, mengukuhkan kerja sama dengan pabrikan bus di China, Higher di tri semester akhir 2016. Keduanya meresmikan pabrik bus premium untuk pasar di China dan beberapa Negara sekitarnya. “Sekarang, setelah 10 tahun, kerja sama semakin berkembang menjadi proyek yang sukses meskipun perkembanganya berbeda dari apa yang kami perkirakan sebelumnya,” kata President and CEO Scania, Henrik Henriksson, saat peresmian pabrik di Suzhou, China, Jumat (11/11/16).

Scania dan Higher telah menjalin kerja sama sejak 2006. Dua tahun setelah kerja sama berjalan, perkembangannya melambat seiring dengan krisis ekonomi dunia di tahun 2008. Permintaan untuk bus penjelajah (coach) menurun. Disamping itu juga, pemerintah China sedang menggiatkan pembangunan kereta cepat. Kini setelah delapan tahun berjalan, pertumbuhan kelas menengah baru di negeri tirai bamboo itu juga menumbuhkan kembali permintaan bus premium untuk perjalanan jauh.

Tak salah jika Henriksson berharap, “Saya kira kedua belah pihak mengharapkan China akan menjadi pasar utama dari kerja sama kami, tetapi di sisi lain kebanyakan produksi bersama kami telah terjual di berbagai Negara lain. Sapai hari ini penjualan mendekati angka 2.500 bus premium di 40 negara yang menjadi pasar dan kami menjadi eksportir bus premium yang memimpin penjualan di luar China.”

Dalam kerja sama itu, Scania memasok chassis dengan segala kelengkapannya. Sementara Higher membuat bus dengan standar premium yang menjadi target pasar utama mereka di China Dalam rilisnya, Scania menyebut, Higher memberikan dukungan untuk pembuatan bodi bus yang baik, sedangkan scania mempertahankan karakter bus premium yang sudah menjadi ciri khas chassis yang mereka produksi. Sejauh ini produk bersama Scania dan Higher, Scania Touring sudah memiliki brand yang cukup dikenal.

Sindikasi Scania-Higher sepenuhnya kerja sama yang dijalin dua perusahaan swasta Swedia dan China. “Jadi untuk menguatkan reputasi kami baik di China maupun di negara lainnya, kami mengantisipasinya dengan memperbesar volume (produksi). Di satu sisi memperbesar volume ini, sementara di sisi lain ada pengembangan kualitas yang lebih baik, pabrik ini berdiri di saat yang tepat,” kata Henriksson lagi.

Sejauh ini di Suzhou ada 250 tenaga kerja yang terlibat dalam produksi. Fasilitas produksi baru itu mengutamakan proses produksi yang efisien, quality station yang tertintegrasi dan pengembangan produksi yang terhubung dengan fasilitas produksi Scania, bus maupun truk, di seluruh dunia. Keduanya sepakat untuk menargetkan produktivitas pabrik, seribu unit bus per tahun dari kapasitas terpasang 2 ribu unit bus per tahun.(naskah : mai/foto : scania.com)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013