Sabtu, 25 November 2017 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
KORIDOR 13 TRANSJAKARTA SIAP BEROPERASI JUNI 2017
 
11 Januari 2017


(Jakarta – haltebus.com) PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) siap mengoperasikan 100 unit armada bus untuk melayani pelanggan di koridor terbaru mereka. Koridor ke-13 yang akan melayani penumpang di jalur Ciledug – Jl. Kapten P. Tendean akan dilayani bus Maxi. “Ini menjadi harapan baru, bagaimana Transjakarta bisa menjangkau daerah pinggiran sehingga masyarakat dapat terlayani dengan baik. Pasti lebih nyaman dan murah,” ujar Direktur PT. Transjakarta, Budi Kaliwono, di kantor Dinas Teknis, Jatibaru Jakarta Pusat, Senin (9/1/16) seperti dikutip dari tempo.co.

Bus maxi ini adalah bus bersumbu tiga (3axle) dengan panjang 13,5 meter, atau lebih panjang 1,5 meter dari bus single (12 meter) pada umumnya. Sepanjang catatan haltebus.com untuk pengadaan armada bus di lingkungan PT. Transjakarta, bus Maxi ini hasil lelang E-Katalog yang dimenangkan oleh PT. Mayasari Bakti. Ada 100 unit bus Maxi Scania K310IB/6x2*2 pada awal triwulan kedua tahun 2016 lalu. Bus-bus itu semuanya dirakit di Karoseri Laksana, Semarang.

Budi meyakini bahwa jalur tersebut dapat mempersingkat untuk menuju tengah Jakarta hanya dengan waktu 30 menit. Sebab, jalan layang non-tol tersebut dibangun khusus untuk jalur bus Transjakarta dengan panjang 9,3 kilometer, kendaraan lain akan dilarang melintas. Jika sudah beroperasi, diperkirakan jalur baru itu bisa menampung sekitar 24 ribu penumpang per hari.

Dalam kesempatan itu Budi menambahkan, koridor yang menghubungkan penumpang dari pinggiran Jakarta ini akan diintegrasikan dengan Koridor 1, 6, 9, 10 dan Koridor 4. “Koridor 13 pasti lebih baik, karena rute tersebut nantinya dapat mengurangi kendaraan,” kata Budi di Kantor Dinas Teknis, Jaribaru, Senin, 9 Januari 2017.

Menurut Budi, untuk mengoperasikan bus Koridor 13, pihaknya membutuhkan waktu dua bulan setelah pembangunan fisik selesai. Rencananya Koridor 13 itu, ditargetkan beroperasi pada Juni mendatang, menunggu kesiapan konstruksi yang kini tengah dikebut Dinas PU Bina Marga DKI Jakarta. Dia memperkirakan, pada medio Juni sudah disiap operasi atau sekitar 22 Juni saat ulang tahun DKI Jakarta.










PT. Transjakarta juga membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan jalur layang. “Kami tidak mau buru-buru mengoperasikannya. Masalah safety, pelayanan, driver harus dipikirkan untuk di koridor yang melayang. Bus sudah siap semua,” ujarnya.


Sementara itu, di tempat yang sama, Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Yusmada Faizal mengatakan, proyek fisik jalan layang bus Transjakarta Koridor 13 (Ciledug-Jl. Kapten. P. Tendean) sudah mencapai 98%. Menurutnya, proyek pembangunan hanya tinggal tahap finishing atas dan bawah jalan layang. Dia memprediksi pembangunan fisik khusus bus Transjakarta itu rampung pada Februari-Maret.

Yusmada menjelaskan, dalam design awal pembangunan jalan layang itu hanya difasilitasi tangga untuk menuju 12 halte bus. Namun, dalam perkembangannya, ada beberapa halte yang dirasa perlu difasilitasi tangga berjalan dan lift. Ketinggian jalan layang yang mencapai 20 meter menjadi salah satu alasannya. Titik eskalator dan lift-nya direncanakan ada di halte CSW dan Cipulir.

“Kalau pasang lift atau eskalator itu kan butuh ruang. Nah, kita cari pengebang yang punya lahan itu. Di Cipulir sudah ada PT Bangun mustika. Sekarang kita bangun tangga dulu sesuai design awal. Tangga itu penting meski ada lift dan eskalator. Kami harap lift/eskalator dapat dirampunkan sebelum operasional Juni mendatang,” kata Yusmada seperti dikutip dari sindonews.com.

Kekhawatiran soal ketinggian halte dan anak tangganya itu disampaikan Ketua Litbang Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) Prof. Leksmono Suryo Putranto. “Tingginya lebih dari 20 meter dan kalau pakai tangga sangat tidak manusiawi. Jangankan disabilitas, untuk orang normal saja capek hampir 100 anak tangga,” ujarnya. (naskah : mai/foto : mai/print.kompas.com/viva.co.id)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013