Jumat, 18 Agustus 2017 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
BUS MAXI BERSUMBU TIGA PERTAMA DI SULAWESI MELUNCUR!
 
10 Februari 2017


(Bogor – haltebus.com) Sulawesi Selatan mulai menampakkan diri sebagai salah satu barometer kompetisi tranportasi bus di Indonesia, khususnya bagian Timur. Tak ingin ketinggalan dari operator bus di Pulau Sumatera dan Jawa, PO. Putra Jaya membuat gebrakan dengan menghadirkan dua unit bus maxi bersumbu tiga (3-axle) pertama di Sulawesi. Bermodalkan model S-Liner Karoseri Rahayu Santosa yang dibangun di atas chassis bus Scania K410IB/6x2*4 Opticruise, operator bus yang berbasis di Makassar itu menghadirkan layanan ekslusif untuk pelanggannya.


“Kami ingin menghadirkan bus dengan inovasi terbaru yang eksklusif untuk pelanggan setia PO. Putra Jaya. Kelasnya pun kami buat berbeda, ada tiga kelas yang eksklusif sehingga pelanggan nyaman selama perjalanan,” kata Direktur Utama PO. Putra Jaya Vicky Ho, saat memperkenalkan armada barunya di Bogor, Rabu (8/2/2017).

PO. Putra Jaya menjadi operator bus kedua yang menggunakan bodi S-Liner yang memang dikhususkan Karoseri Rahayu Santosa untuk bus premium untuk chassis berkapasitas besar. PO Putra Jaya juga menjadi perusahaan bus pertama di Sulawesi yang mengoperasikan bus dengan model S-Liner.


 
Menurut Vicky, pihaknya sengaja menghadirkan bus sekelas Scania K410IB/6x2*4 sebagai respon terhadap permintaan pelanggan yang menginginkan standar pelayanan yang tinggi. Bus yang sejatinya bisa mengangkut lebih dari 60 orang itu hanya diisi untuk 25 penumpang saja. Otomatis jarak antar bangku sangat leluasa. Tunggu dulu, jangan membayangkan bus milik PO. Putra Jaya itu seperti yang dijalankan operator bus pada umumnya di Jawa.

Vicky membagi beberapa areal kabin penumpang dengan variasi kelas, model bangkunya pun berbeda. Di bagian depan bus ada tiga kursi yang di setting dalam konfigurasi 2-1 seperti kelas super eksekutif bus-bus di pulau Jawa. Ada bagian bus yang di-setting seperti bus eksekutif pada umumnya dengan konfigurasi 2-2. Serta di bagian belakang ada kelas eksklusif yang khusus dan dijamin penumpangnya bisa beristirahat nyaman. “Kami menyebutnya kelas Vicolux untuk bus kami. Berbeda dari yang ada di Makassar – Palopo,” ujar Vicky lagi.



Dalam kesempatan itu, Olivia, istri Vicky yang ikut terjun dalam operasional sehari-hari PO. Putra Jaya mengungkapkan karakter penumpang bus di Sulawesi Selatan lebih mengutamakan kenyamanan. Menurut dia, pelanggan mereka berani membayar lebih demi kenyamanan selama perjalanan. “Untuk rute Makassar – Palopo jaraknya 350 Km dengan waktu tempuh tujuh jam. Pelanggan kami umumnya malas naik mobil sendiri, dari pada capek nyetir sendiri, lebih baik memilih bus yang nyaman, supaya bisa beristirahat sepanjang jalan dan besoknya tiba di tujuan siap beraktifitas,” kata dia menjelaskan.

Investasi yang ditanamkan PO. Putra Jaya tak main-main. Vicky mengaku menghabiskan dana mencapai Rp. 3 miliar untuk satu unit busnya. Dia berharap, kenyamanan yang ditawarkan dalam busnya bisa diterima pelanggannya. Untuk harga tiket, Vicky belum mau membuka detilnya. Dia hanya menjawab, “Harga termahal di kisaran 450 – 500 ribu, mungkin. Masih kami hitung-hitung.”



Chassis bus Scania K410IB/6x2*4 Opticruise yang dibeli PO. Putra Jaya ditopang mesin DC13 107 K01 Euro 3 berkapasitas 13 liter, enam silinder segaris yang menghasilkan tenaga 410 HP. Fitur bus ini cukup canggih dengan adanya Downhill Speed Control, Hill Hold, Retarder, Anti-lock Braking System, Electronic Braking System dan Automatic Slack Adjuster. Fitur-fitur ini sangat cocok untuk PO. Putra Jaya dengan medan jalan yang dilaluinya. Scania juga menyediakan fitur keamanan yang mumpuni untuk bus dengan GVW diatas 20 ton itu.

Mesin DC13 107 K01 Euro 3 juga lilengkapi Scania PDE injection yang memungkinkan kontrol injeksi bahan bakar menuju ruang pembakaran. Kinerja mesin saat beroperasi diperhalus dengan gearbox/transmisi Scania GR895R, 12 percepatan yang dilengkapi Retarder. Fitur opticruise (automatic gear shifting) pada transmisi manual memungkinkan bus berjalan dengan mode cruise control dengan tiga mode pilihan : standar, ekonomi atau bertenaga.

Akankah kompetisi bus maxi bersumbu tiga dimulai di Sulawesi Selatan? Di Sumatera, saat Mercedes-Benz OC 500 RF-2542 dijalankan untuk rute Medan – Banda Aceh pertama kalinya, memicu dimulainya kompetisi antar operator di sana. Berturut-turut antara Mercedes-Benz dan Scania tiga sumbu silih berganti keluar karoseri dan masuk jalur yang juga penumpangnya dikenal senang dengan kenyamanan bus. Di Jawa, meski belum bersaing di rute yang sama, baik Mercedes-Benz mau Scania bersumbu tiga sudah mengisi rute reguler ke Malang dan Wonogiri. Di bus wisata, lebih dari dua operator di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur menyediakan bus bersumbu tiga dengan kelas yang bervariasi. Nah untuk di Sulawesi, siapa ya kira-kira yang akan mengikuti jejak PO. Putra Jaya? Di Sulewesi Selatan, bus-bus premium sudah mulai banyak lalu-lalang dari Makassar ke sejumlah kota. (naskah : mai/foto : mai)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013