Rabu, 18 Oktober 2017 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
BUS HYBRID BARU SIAP MELAYANI WARGA BELGIA
 
22 Februari 2017


(Jakarta – haltebus.com) Volvo Bus mengumumkan pembelian bus listrik dan perangkat pendukungnya untuk dua kota di Belgia, Charleroi dan Namur. Kedua kota itu memesan 90 unit bus Volvo 7900 Electric Hybrid lengkap dengan 12 stasiun pengisian baterenya. Operator bus Belgia, TEC Group yang membeli sekaligus mengoperasikan seluruh bus di Charleroi dan Namur.

“Sebagai perusahaan transportasi publik, TEC Group dengan bangga bisa menjadi leader dalam pengingkatan efesiensi energy seluruh armada kami,” demikian pernyataan CEO TEC Group, Vincent Pereman, dalam rilis yang diterima haltebus.com, Kamis (9/2/17).

Pemesanan TEC Group ini mengawali catatan pembelian dalam jumlah besar untuk bus Volvo bertenaga listrik dan variannya. Tahun lalu Volvo mencatat 3 ribu unit bus listrik dengan varian motor penggerak Electric dan Electric Hybrid dalam beragam model bus dipasarkan ke berbagai negara di dunia. Di Benua Eropa, negara-negara di Eropa Barat masih mendominasi pembelian bus listrik Volvo, Inggris menjadi pemesan terbanyak. Sementara di luar Eropa, negara-negara di Amerika Latin banyak menggunakan bus listrik dan Kolombia yang terkenal dengan Bus Rapid Transit-nya tercatat sebagai pembeli terbanyak.

Di Belgia, TEC Group rencanaya akan mengoperasikan 55 unit bus untuk kota Charleroi dan 35 unit bus lainnya untuk kota Namur. Perangkat pengisian listrik dan kelengkapan operasionalnya akan disiapkan ABB. Ada empat stasiun pengisian batere di Charleroi dan delapan stasiun lainnya di Namur. Pengiriman dan instalasi stasiun pengisian batere itu diperkirakan dilaksanakan pada musim gugur tahun ini.

Begitu perangkat stasiun pengisian batere terpasang, pengiriman bus dimulai. Pembelian TEC Group tahun 2017 ini melengkapi total pembelian total 101 unit bus lengkap dengan 15 unit stasiun pengisian batere. Sebelumnya, TEC Group sudah memesan 11 unit bus Volvo 7900 Electric Hybrid dan sudah dioperasikan Januari lalu. Bus-bus dan tiga perangkat stasiun pengisian batere juga sudah dipasang untuk mendukung operasional bus di Namur

“Ini bagian dari strategi investasi dalam meningkatkan kualitas hidup di kota utama, yang bisa ikut mendukung Wilayah Walloon untuk mencapai target yang menyangkut isu lingkungan. Teknologi hybrid adalah cara kompromi terbaik antara kebutuhan opersaional dan efesiensi energi untuk transportasi bus di kota-kota saat ini,” kata Pereman lagi.

President Volvo Bus, Håkan Agnevall sangat bersemangat dengan kerja sama pembelian bus ini. “Ini sangat memuaskan! Pembelian ini menjadi penanda bahwa electromobility drive dan tingkat kompetitif yang kami tawarkan diakui. Kita akan melihat beberapa kota di dunia yang semakin banyak lagi memilih bus yang terelekrifikasi terkait semakin buruknya kualitas udara dan kebisingan di sekitar kita,” katanya.

Agnevall menambahkan, perangkat interface (antarmuka) yang bersifat umum bisa digunakan untuk bus dan truk, OppCharge, juga mendapatkan sambutan yang baik. Bisa diaplikasikan untuk beragam penyedia perangkat, OppCharge disebut dia mempermudah transisi electromobility drive untuk berbagai kota di dunia.

Teknologi Volvo Electric Hybrid dan perangkat pengisian batere yang cepat dari ABB menggunakan platform yang disebut OppCharge yang juga bisa diaplikasikan pada merk lain. Tak hanya bisa diaplikasikan untuk beragam perangkat pengisian batere beragam merek, OppCharge juga bisa digunakan untuk beragam model dan merek bus juga. Sejauh ini OppCharge sudah digunakan di 12 negara di dunia.

Bus yang dipilih oleh TEC, Volvo 7900 Electric Hybrid bisa mengurangi kebisingan dan emisi gas buang hingga 70 persen dalam operasional sehari-hari. Pengisian batere nya hanya 3-4 menit saja. Konsumsi energi bus ini juga diklaim Volvo sangat rendah, yakni 60 persen lebih rendah dibandingkan dengan bus bermesin diesel. Kota-kota besar seperti Gothenburg, Stockholm, Hamburg, Luxemburg, Namur dan Curitiba sudah menggunakan bus tipe tersebut. (naskah : ma/foto : volvobuses.com)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013