Kamis, 14 November 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
HINO MANTAPKAN POSISI PENJUALAN DI PAPAN TERATAS
 
03 Maret 2017


(Jakarta – haltebus.com) Penurunan pasar untuk kendaraan komersial di Indonesia sepanjang tahun 2016 ternyata tidak berpengaruh pada kinerja penjualan PT. Hino Motors Sales Indonesia. Kerja keras mereka mempertahankan catatan penjualan dengan gencarnya mendekati konsumen dengan beragam layanan purna jual membuahkan hasil positif sepanjang tahun 2016. Memasuki usia ke 35 tahun, Hino Indonesia memantapkan posisi penjualan mereka di daftar pabrikan otomotif teratas.

Berdasarkan data yang dirilis Hino Indonesia, catatan penjualan kendaraan komersial di tahun 2016 secara nasional mengalami penurunan 12 persen. Total kendaraan yang terjual 72.264 unit kendaraan, jumlah ini lebih sedikit dibandingkan tahun 2015 yang mencapai 82.287 untuk total keseluruhan light dan medium duty truck. Penurunan ini terjadi dikarenakan kondisi ekonomi yang belum stabil baik di Indonesia maupun global. Namun dalam kondisi pasar yang tertekan, PT. Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) yang positif.

PT. HMSI melego 22.306 unit kendaraan, meningkat 1,2 persen dibanding tahun lalu yang hanya berhasil melepas 22.014 unit. “Pada kuartal keempat tahun 2016 pasar mulai membaik seiring meningkatnya harga komodity, dan kami harapkan akan terus berlanjut di tahun 2017 ini. Dan kami optimis dapat meraih hasil yang lebih baik lagi ditahun ini, karena kami memandang situasi sulit itu dapat menjadi sebuah peluang bagi Hino,” kata Presiden Direktur PT. HMSI Hiroo Kayanoki paparan kinerja penjualan PT. HMSI, Kamis (2/3/17) di Jakarta.

Catatan penjualan yang positif juga terjadi pada kendaraan bus. Di pasar penjuakan bus selama tahun 2016 tercatat 1.577 unit bus terjual. Hino mengisi 1.061 unit bus di kelas bus dari total penjualan itu. Catatan hasil penjualan ini memperkuat posisi Hino sebagai pemimpin pasar di segmen bus sedang dengan pangsar pasar mencapai 67 persen di tahun 2016. PT. HMSI mengklaim hasil yang mereka capai menjadi bukti bahwa bus Hino masih menjadi andalan dan pilihan untuk transportasi umum baik itu dalam kota, antar kota dan bus pariwisata.

Model bus Hino R 260 menjadi model yang terlaris dan menopang penjualan bus Hino sebesar 69 persen, setara 733 unit bus. Bus bermesin belakang ini banyak menjadi andalan operator bus karena memiliki kapasitas hingga 59 tempat duduk. “Tahun ini kami optimis bisa lebih baik, karena beberapa indikator ekonomi menunjukan tren positif, termasuk juga saat ini adanya pemerataan pembangunan infrastruktur di luar pulau jawa tentunya ini akan berdampak positif bagi penjualan kami,” ujar Direktur Penjualan dan Promosi PT. HMSI, Santiko Wardoyo.

Hino Indonesia juga menargetkan peningkatan jaringan penjualan dan layanan purna jual di tahun 2017. Mereka membukukan 166 outlet jaringan penjualan Hino hingga akhir 2016 yang tersebar di seluruh Indonesia. Di tahun 2017 mereka menargetkan memperluas jaringan penjualan dengan lebih dari 170 outlet di tahun 2017. Selain jaringan penjualan kendaraan, Hino juga menargetkan penambahan jaringan toko suku cadangn, untuk menjamin ketersedian suku cadang dan mempermudah pelanggan mendapatkannya. Saat ini ada 2.873 toko suku cadang dan ditargetkan dapat bertambah menjadi 3.073 toko suku cadang diakhir tahun 2017 nanti.

PT. HMSI menargetkan penjualan 14 ribu unit kendaraan dan menguasai 65 persen pangsa pasar untuk segmen medium duty truck. Sementara untuk light duty truck ditargetkan juga bisa terjual 14 ribu unit atau menguasai 25 persen market share. Total target di tahun 2017 PT. HMSI bisa menjual 28 ribu unit secara keseluruhan baik itu medium dan light duty truck. “(dengan) Kondisi keamanan Negara dan kurs mata uang cukup stabil dan terjaga, harga komoditas pun mulai, membuat kita percaya 2017 industri kendaraan komersil kembali bergairah terlebih lagi pemerintah juga aktif untuk menjaga dan meningkatkan daya beli masyarakat,” kata Santiko mantap.

Dalam kesempatan itu PT. HMSI juga mengumumkan rencana mereka memasarkan truk di kelas heavy duty. Mereka mengusung Hino seri 700 sebagai produk baru di tahun 2017. Hino700 Series Profia SS1E Tractor Head, menjadi model pertama yang diluncurkan. Truk dengan mesin common rail ini memiliki tenaga 480 PS dengan daya angkut atau Gross Combination Weight (GCW) 55 ton. Sangat cocok untuk transportasi angkutan berat dan muatan khusus di jalan raya seperti kebutuhan di industri baja, minyak dan gas, angkutan alat berat dan konstruksi. Hino700 Series Profia SS1E juga dilengkapi dengan Anti-lock Brake System (ABS) sehingga kendaraan lebih stabil pada saat pengereman. (naskah : mai/foto : dok HMSI/haltebus.com)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013