Rabu, 20 November 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
BPTJ GELAR PEMILIHAN OPERATOR KENDARAAN UMUM DI LINGKUNGAN BUMN/BUMD TERBAIK
 
15 Maret 2017


(Jakarta – haltebus.com) Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) menggelar pemilihan operator kendaraan umum terbaik se-Jabodetabek tahun 2017. Para peserta yang ikut pemilihan operator kendaraan umum ini mulai mengikuti seleksi Selasa (14/3/2017). “Kegiatan pemilihan pengendara angkutan jalan terbaik ini adalah ajang untuk terus meningkatkan kualitas pengendara angkutan umum,” ujar Kepala BPTJ Elly Adriani Sinaga dalam rilis yang diterima haltebus.com.

BPTJ mengadakan pemilihan operator kendaraan umum ini untuk meningkatkan pelayanan dan keselamatan angkutan umum. Menurut Elly Adriani Sinaga, kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi operator angkutan umum meningkatkan pelayanannya melalui penghargaan terhadap profesinya. Kegiatan yang akan dilakukan secara rutin itu juga, lanjut dia, dimaksudkan untuk mewujudkan budaya keamanan dan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan.

Kompetensi operator angkutan umum sangat penting. Karena itu Elly berharap pemilihan operator kendaraan umum ini bisa menjadi tolok ukur. “Pekerjaan para pengemudi angkutan umum atau istilahnya Pramudi ini sangat mulia lho. Juga sangat beresiko karena mereka bertanggung jawab terhadap keselamatan para penumpang. Mengantarkan banyak nyawa dari suatu tempat ke tempat lain dengan harus selamat. Itu tanggung jawab yang sangat besar,” ujar Elly.

Pemilihan operator angkutan umum terbaik 2017 diikuti oleh 20 peserta dari Perum Damri, Perum PPD, PT. Transportasi Jakarta, dan PT KAI Commuter Jabodetabek. Para peserta diseleksi oleh perusahaannya masing-masing. Perusahaan operator transportasi BUMN/BUMD memilih lima pegawai terbaiknya. Mereka yang ikut memiliki catatan yang baik seperti disiplin tinggi, tidak pernah melakukan pelanggaran lalu lintas dan catatan kesehatan yang baik.

Sayangnya pada kesempatan pertama pemilihan operator kendaraan umum terbaik ini, pihak swasta belum dilibatkan. Panitia penyelenggara mengungkapkan, kegiatan pemilihan operator terbaik itu baru pertama kali mereka adakan. Waktu persiapan juga relatif mendesak karena April mendatang BPTJ sudah mulai fokus pada persiapan angkutan lebaran. Jika agenda pertama ini berhasil, tidak menutup kemungkinan akan melibatkan peserta yang lebih luas lagi.

Seleksi pertama yang harus dilalui adalah ujian tertulis. Materi ujian tertulis mencakup materi tentang peraturan perundangan bidang keselamatan jalan dan kereta api, asuransi, teknik kendaraan bermotor dan tata cara lalu lintas. Saat ujian tertulis, mereka diawasi langsung oleh para penilai dari berbagai unsur pemangku kepentingan transportasi darat. Ada Priyatmedi dari DPP Organda, Amiruddin Zein dari PT. Jasa Raharja, AKBP Miyanto dari Polda Metro Jaya, dan Ghoefron Kurniawan dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.

Setelah melalui ujian tertulis, selanjutnya akan mengikuti ujian praktek dan wawancara yang akan digelar pada tanggal 17 Maret 2017. Ujian praktek pengemudi bus dilaksanakan di sekitar kantor BPTJ. Sementara untuk masinis rencananya akan menggunakan fasilitas simulator Kereta Api milik Direktorat Jenderal Perkeretaapian.

Akhir maret nanti ditargetkan hasil seleksi peserta pemilihan operator kendaraan umum terbaik diumumkan melalui website http://bptj.dephub.go.id. Diharapkan di minggu ketiga bulan Maret operator terbaik sudah bisa diterpilih. (naskah : mai/foto : BPTJ/mai)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013