Jumat, 16 November 2018 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
CARA BARU KOPAJA MELAYANI PENUMPANG
 
01 Agustus 2011


(Jakarta – haltebus.com) Koperasi Angkutan Jakarta (KOPAJA) Jumat (29/7/11) siang meluncurkan 20 armada baru. Bus-bus ini sama sekali baru dan berpendingin udara (AC), tak seperti kebanyakan bus KOPAJA yang beroperasi di Jakarta. “Keberadaan bus sedang ber-AC ini merupakan angin segar bagi kebutuhan warga yang membutuhkan angkutan umum yang nyaman, aman, dan murah,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Udar Pristono saat peresmian di Taman parkir belakang Kebun Binatang Ragunan.

Bus KOPAJA trayek S-13 yang dilengkapi AC, hanya untuk 28 penumpang duduk dan 7 orang berdiri. Penumpang tidak boleh lebih dari 35 orang. Penumpang masuk melalui pintu depan, dan keluar melalui pintu belakang. Tarif bus dengan rute Ragunan-Slipi tetap Rp 2.000. Jalur yang dilewati Ragunan-Cilandak KKO-TB Simatupang-Pondok Indah-Gandaria-Mayestik-CSW-Semanggi-Slipi PP.

Menurut Pristono, nantinya armada KOPAJA AC ditambah 75 unit lagi. Dia berharap KOPAJA bisa melayani penumpang di Jakarta lebih baik lagi.

Sementara itu Ketua KOPAJA, Nanang Basuki menegaskan, pihaknya menerapkan sistem baru untuk gaji pengemudi bus KOPAJA AC. Para pengemudi tidak digaji berdasarkan setoran atau pendapatan operasional bus per-hari, namun berdasarkan gaji bulanan. Dia berharap dengan sistem penggajian seperti ini pengemudi bisa mengendarai bus dengan tenang, tak perlu mengejar setoran.

Nanang menambahkan, KOPAJA merekrut 30 pengemudi dibantu 30 kondektur untuk 20 armada bus. Pihaknya juga melakukan seleksi ketat untuk memilih pengemudi bus. Kopaja AC itu dilakukan seleksi cukup ketat dengan serangkaian tes. “Kami sengaja merekrut kru bus lebih banyak dari jumlah armada harapannya pembagian waktu untuk istirahat bagi kru bus cukup,” kata dia.

Untuk mendukung operasional bus, KOPAJA menyiapkan garasi khusus untuk bus-bus ini. Setiap unit bus, menurut Nanang, wajib mengikuti aturan perawatan berkala untuk menjamin kenyamanan penumpang.

bus-bus ini cukup menarik dari sisi eksterior dan interiornya. Dibuat oleh Karoseri Restu Ibu, tampilan luar KOPAJA S-13 tidak kalah dengan bus wisata ukurang sedang. Dengan warna dasar silver dan corak hijau khas KOPAJA, bus ini bisa mengecoh siapapun yang baru pertama kali melihatnya.

Di bagian dalam, cenderung tak berbeda dengan bus kota. Kursi fiber berwarna hijau berderet seperti bus konvensional lainnya. Bedanya dari bus KOPAJA yang sudah beredar terlebih dahulu, sandaran ke-28 kursi bus ini hingga leher belakang penumpangnya.

Semoga kehadiran KOPAJA S-13 ini bisa menarik minat warga Jakarta untuk beralih menggunakan angkutan umum, untuk mengurangi kemacetan ibukota.(mai)

Sumber : diolah dari berbagai sumber/tempointeraktif.com (foto)

 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013