Kamis, 14 November 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
KEMBALINYA BUS VOLVO, AKHIR TAHUN INI BEREDAR DI KORIDOR TRANSJAKARTA
 
06 April 2017


(Jakarta – haltebus.com) Satu lagi model bus Maxi siap masuk ke Jakarta untuk meramaikan transportasi massal berbasis bus. Jika sebelumnya sudah ada SCania dan Mercedes-Benz, kini giliran Volvo menyatakan kesiapannya mendukung program Pemerintah Jakarta untuk memperbaiki angkutan umum. “Diharapkan seluruh unit tersebut dapat terealisasi secara bertahap di kuartal terakhir 2017 ini,” ujar Direktur Utama PT. Tansjakarta Budi Kaliwono dalam penandatanganan kerja sama antara PT. Transjakarta dan PT. Steady Safe, Tbk di Jakarta, Jumat (31/3/17).

Dalam rilis yang diterima haltebus.com disebutkan PT. Steady Safe didukung penuh PT. Indotruck Utama dalam menyiapkan 128 unit bus Maxi yang sudah disepakati bersama PT. Transjakarta. Kemitraan ini berjangka waktu 10 tahun. PT. Steady Saafe, Tbk akan mengoperasikan Bus Volvo B11R-370 6x2.

Penandatanganan kesepakatan kerja sama ini juga menandai kembalinya PT. Indotruck Utama menghadirkan chassis bus. Sebelumnya, sejak tahun 2003 mereka menjual chassis bus tipe B7R 4x2 di Indonesia. Pada tahun 2005, penjualan chassis bus premium bersuspensi udara dan sudah dilengkapi retarder itu terputus. Padahal, bus-bus B7R diakui kenyamanannya oleh beberapa operator bus dan penumpang kala itu. Padahal sedikitnya ada 78 unit bus B7R yang sudah dioperasikan oleh beberapa operator di Indonesia.



Budi Kaliwono mengatakan bus Volvo menjadi bagian dari kesepakatan antara Transjakarta dengan PT. Steady Safe. Dia berharap, masyarakat dapat menikmati kenyamanan dan keamanan naik bus-bus Transjakarta. Satu per satu bus-bus berstandar dunia, lanjut dia, dengan standar kualitas, keamanan dan keramahan lingkungan mereka hadirkan melalui kemitraan.

“Dengan demikian Jakarta juga akan mensejajarkan diri dengan kota-kota di dunia. PT. Transjakarta berkomitmen untuk selalu menggunakan armada pilihan demi memberikan pelayanan terbaik buat pelanggan,” katanya.

Bagaimana keunggulan Volvo B11R-370 6x2? Chassis bus yang akan digunakan PT. Transjakarta diproduksi Volvo Bus Corporation. Motor penggerak dilengkapi dengan transmisi otomatis yang sudah didukung dengan pembatas percepatan (accelerator limiter). Transmisi yang digunakan adalah ZF Ecolife 6AP2000B, transmisi yang khusus tertanam pada D11C-370 HP.

Suspensi udara (air suspension) menjadi salah satu fitur standar kenyamanan yang ditawarkan. Volvo juga menanamkan sensor untuk memantau tinggi suspensi yang dikendalikan Electronic Control for Suspension. Sementara di sisi keamanan, di semua roda tertanam rem cakram (Disc Brake).

Berdasarkan data spesifikasi yang dirilis Volvo Bus, Swedia, chassis B11R memiliki empat varian berdasarkan tenaga yang dihasilkan dari mesin D11C. Mesin berkapasitas 11 liter dengan enam silinder segaris berstandar ini bisa menghasilkan tenaga mulai 330 HP, 370 HP, 410 HP dan 450 HP. Untuk output tenaga 410 HP sudah memiliki standar Euro 5 dan EEV. Mesin D11C juga dilengkapi Volvo EMS2 yang mengontrol sistem yang bekerja pada mesin, ada Engine Software Protection dan Onboard Diagnostic untuk mendeteksi kegagalan kinerja mesin.

Volvo Bus merancang chassis B11R untuk beragam kebutuhan. Baik bus jarak jauh dengan lantai tinggi maupun bus tingkat. Hal itu dimungkinkan dengan varian pilihan tenaga yang dihasilkan dari motor penggeraknya. Seluruh bodi untuk chassis bus Volvo B11R-370 6x2 akan dibangun di Karoseri Laksana. Salah satu karoseri di Indonesia yang sudah memenuhi standar PT. Transjakarta.

Volvo Bus adalah salah satu produsen bus banyak memasok Bus Rapid Transit (BRT) di berbagai kota di dunia. Kota-kota seperti Curitiba, Bogota, Gothenburg, Mexico City, Cape Town hingga New York menggunakan bus Volvo dan merek di bawah bendera Volvo seperti Prevost untuk pasa Amerika Serikat. (naskah : mai/foto : dok www.volvobuses.com/PT. Indotruck Utama)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013